KEGIATAN IMADIKLUS

5
Dibaca 2.664

Dalam pelaksanaan kegiatan IMADIKLUS akan terasa berbeda dengan kegiatan di wilayah HIMA /   HMJ / BEM-J. Beberapa wilayah terjebak dengan sebuah paradigma bahwa untuk kegiatan tingkat nasional (IMADIKLUS) haruslah memiliki fasilitas dan segala hal yang serba mewah, inilah yang menyebabkan sangat susah bagi IMADIKLUS untuk menunjukkan eksistensinya melalui kegiatatan kegiatan tingkat nasional, padahal dalam kenyataannya, jika hanya sekedar melaksanakan sebuah kegiatan, untuk tingkat HIMA /   HMJ / BEM-J tidaklah sulit, karena memang organisasi HIMA /   HMJ / BEM-J di tuntut untuk selalu melaksanakan kegiatan, dan apabila TIDAK ADA kegiatan sama sekali akan dibilang gagal kepengurusannya.

Apakah itu juga yang menjadi fungsi dan tugas serta peran bagi IMADIKLUS? Tentulah tidak, apabila begitu maka sangatlah disayangkan uang yang terbuang jika hanya untuk melaksanakan kegiatan kegiatan yang sebenarnya dapat dilakukan oleh organisasi tingkat local (HIMA /   HMJ / BEM-J).

Dari pengalaman pengalaman sebelumnya dalam menjalankan organisasi ini maka hal yang dirasa penting bagi kegiatan dalam IMADIKLUS adalah :

1.             Pengkajian tentang permasalahan PLS/ PNF kontemporer.

Permasalahan permasalahan PLS / PNF baik yang di tingkat daerah maupun nasional haruslah dikaji secara mendalam, IMADIKLUS sebagai wadah komunikasi mahasiswa PLS seharusnya dapat membuktikan bahwa peranan IMADIKLUS tidak hanya sebagai komunitas mahasiswa yang berkumpul dan merasa satu dalam nama, PLS, tapi juga dapat membuktikan bahwa IMADIKLUS adalah wadah untuk melakukan pengkajian dan pemberian solusi bagi permasalahan permasalahan tersebut. Seperti yang dilakukan dalam kegiatan PLS PENA di Padang, dimana pada kegiatan ini dilaksanakan audiensi dan dialog interktif dengan guru besar PLS UNP, Prof. DR Jamaris Jamna, M.Pd, Ketua Jurusan PLS UNP, Alumni alumni PLS UNP. Dalam kegiatan tersebut terasa ternyata banyak informasi informasi yang ternyata tidak diketahui oleh mahasiswa PLS. Dengan Informasi tambahan itu, maka IMADIKLUS haruslah bergerak secara cepat untuk menyikapi hal hal tersebut.

2.             Membentuk rasa kekeluargaan tingkat nasional

Tujuan dari imadiklus adalah “membentuk persatuan mahasiswa pendidikan luar sekolah yang dapat menunjukkan eksistensi PLS di tingkat nasional maupun internasional . Dalam tujuan tersebut terbagi menjadi dua poin, yaitu persatuan mahasiswa PLS dan penunjukkan Eksistensi PLS.

Dalam kegiatan kegiatan IMADIKLUS (Audiensi, PLS-PMD, Rakorwil, PLS-Pena) yang ditekankan adalah bagaimana rasa kekeluargaan tingkat nasional harus terbentuk, dengan harapan, ketika rasa kekeluargaan terbentuk, maka kesiapan IMADIKLUS untuk berjuang akan kuat.

Persamaan persepsi juga menjadi agenda penting agar rasa kekeluargaan ini menjadi sebuah kekuatan untuk melakukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan IMADIKLUS.

3.             Bersifat politis

Yang di maksud dengan bersifat politis adalah IMADIKLUS harus mampu memberikan sebuah masukan dan solusi bagi kebijakan kebijakan dan permasalahan permasalahan PLS.

Dalam hal sosialisasi kebijakan kebijakan pemerintah, IMADIKLUS juga harus berusaha untuk dapat mengambil peran di dalamnya.

Dalam Rapat koordinasi Wilayah IV (Bengkulu) telah terbentuk sebuah tuntutan mahasiswa yang merupakan sebuah contoh gerakan yang bersifat politis.

Sebelumnya Imadiklus juga pernah memberikan surat rekomendasi dalam pertemuan kolega PLS di Semarang yang diwakili oleh mahasiswa PLS UNNES.

Dalam Rapat koordinasi wilayah I dan II (Malang) juga dilakukan sosialisasi hasil pertemuan dosen dosen PLS se-Indonesia.

Itulah yang diharapkan ada dalam kegiatan kegiatan IMADIKLUS, tidak ada harapan bahwa  kegiatan kegiatan IMADIKLUS harus mewah dan seremonial formal, tapi diharapkan dalam kegiatan tersebut mencakup adanya 3 poin yang telah disebutkan di atas, maka akan dirasa peran dari IMADIKLUS yang berbeda dengan HIMA /   HMJ / BEM-J yang ada di tingkat UNIVERSITAS.

Wallahuâ„¢alam bish Showab

Panji Bahari Noor ROmadhon

Merenung setelah kegiatan PLS PENA di Padang Pariaman

21122010 PKM HMJ PLS UNP 12.32 PM

5 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan