Kegiatan Pelatihan Manajemen Organisasi 1 PLS UNIB 2015

0
Dibaca 1.699

Pendidikan Non Formal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu , kemaren pada hari sabtu-minggu ,24-25 Oktober 2015 mengadakan Pelatihan Manajemen Organisasi  1(PMO 1), yang dimana Pelatihan Majemen Organisasi 1 ini berbeda dengan Pelatihan Manajen Organisasi 1 pada tahun lalu. Salah satu yang membedakannya adalah PMO 1 angkatan 2015 ini di adakan 2 hari , hari pertama di adakan dalam ruangan dan hari keduanya di luar ruangan, berbeda dengan PMO 1 tahun lalu hanya diadakan satu hari full dalam rungan, dari pagi hingga sore.

Kegiatan pada hari sabtu, 24 oktober 2015 di Aula GKB 3

Jam 08.00 WIB acara di mulai dibuka dengan kata sambutan-sambutan ketua panitia(Usep Amendi), ketua Himpunan mahasiswa pendidikan Non formal(Jhon Merta Dinata), dan ketua prodi Pendidikan Non Formal (Drs. Sofino M.Pd) sekaligus membuka acara PMO 1. Setelah pembukaan acara, di selingi dengan ice breaking sebentar dan sesudah itu langsung diisi oleh Pemateri pertama yaitu Jhon Saputra dengan tema Manajem Organisasi yaitu menjadikan Organisasi itu adalah  sebagai rumah yang bernyawa dia menjalaskan juga bahwa jabatan itu tidak penting karna jabatan itu adalah sebagai pelengkap , dia juga mengajarkan bahwa organisasi itu ibarat sebuah rumah yang mewah mempunyai komponen-komponen yang saling berkaitan , dia menggambarkan ibarat sebuah organisasi, organisasi itu kalau tidak ada pemimpin dan tidak ada yang mengatur maka organisasi itu tidak akan berjalan dengan baik begitu juga dengan rumah yang mewah medapatkanya juga tidak mudah ,butuh perjuangan yang sulit.

Jam 09. 30 WIB di lanjutkan dengan pemateri yang ke dua yaitu Yoga Prasetya dengan tema Kepemimpinan, dia menjelaskan kapan pemimpin itu dibutuhkan ? ,pemimpin itu dibutuhkan setiap saat, karna dalam suatu acara atau kegiatan apabila tidak ada yang memimpin tidak akan berjalan dengan baik.   Dalam mengisi materinya kak Yoga meminta peserta untuk menulis targetnya masing-masing. Saya membaca salah satu target pesetra namanya Herly,dia menuliskan IP semester pertama ini harus mendapatkan  4,00 , yang pastinya tidak di bawah 3,00. Luar biasa sekali semangatnya.

Jam 11.00 WIB di lanjutkan dengan pemateri yang ke tiga yaitu Citra Dwi Palentin dengan Tema IMADIKLUS , dia menjelaskan bahwa IMADIKLUS itu adalah Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah , yang mana seluruh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah/ Pendidikan Non Formal  seluruh Indonesia berkumpul dalam satu wadah tersebut. Dia juga menjelaskan fungsi IMADIKLUS, bagaimana caranya bergabung, dan lain sebagainya.

Jam 13.00 WIB di lanjutkan lagi dengan pemateri yang ke empat yaitu kak Rusdi dengan tema persidangan. dia menjelaskan bagaimana cara persidang , fungsinya, manfaat,dan lain sebgainya, ,setelah dia menjelaskannya, dia meminta peserta untuk memperaktekan persidangkan seperti yang telah ia jelaskan .

Kegiatan hari Minggu 25 Oktober 2015 di pinggir Sungai Hitam Bengkulu Tengah

Pada pukul 06.30 semua peserta dan panitia kumpul di depan gerbang Universitas Bengkulu, setelah semua kumpul peserta maupun panitia berjalan santai menju lokasi ke Sungai Hitam Bengkulu Tengah. Setelah sampai istirahat sebentar, trus di lanjutkan dengan senam pingguin bersama, di lanjutkan lagi dengan games-games yang melatih kekompkan, kesabaran, ketelitian, melatih jiwa kepemimpinan dan yang pastinya menyenangkan.

Sampai pada pukul 15.00 permainannya selesai, setelah itu di lanjutkan dengan bergoyong  bersama untuk menghilang kepenantan-kepenatan di acara PMO 1, sesudah itu memberikan penghargaan ke pada kelompok-kelompok yang sudah memenangkan penrtandingan-pertandingan, dan juga melantik putra dan putri PMO 1 Pendidikan Non Formal tahun 2015.

Tepat pukul 15.40 acara PMO 1 tahun 2015 selesai, dan dibubarkan.

Foto Kegiatan:

unib 1

unib 2

unib 3

unib 5

unib 6

unib 7

Dikirim oleh:
Sinta Kurnia Wahana
PLS UNIB

melalui FB Imadiklus Indonesia

Tinggalkan Balasan