Keilmuan Dan Peradaban Moderen Islam

KEILMUAN DAN PERADABAN MODEREN ISLAM Ilmu adalah roh dalam perada   ban. Ketikaa sebuah ilmu itu hilang dalam sebuah peradaban muka bumi ini maka sama...

Kenapa Saya Memilih Pendidikan Luar Sekolah?
Aku dan Harapanku di Pendidikan Luar Sekolah

KEILMUAN DAN PERADABAN MODEREN ISLAM Ilmu adalah roh dalam perada   ban. Ketikaa sebuah ilmu itu hilang dalam sebuah peradaban muka bumi ini maka sama dengan runtunya peradaban yang ada. Peradaban islam bisa bertahan dan terus berkembang hingga saat ini juga berkat dari sebuah keilmuan, yang mana memberikan sebuah hal-hal yang baru yang bermakna. 22026253Keilmuan pada masa lalu adalah sebuah warisan yang sangat berarti bagi beberapa bangsa seperti bangsa barat dan timur. Apabila lemahnya sebuah keilmuan disebuah negara atau bangsa maka disitu pulalah bangunan sebuah peradaban yang ada disitu juga sangat lemah. Itulah realita yang ada di peradaban islam.

Didalam Al-Quran, kata ilmu dan kata-kata jadinya digunakan kurang lebih 854 kali, ini bermakna bahwa ajaran islam yang sebagaiman tercermin dalam Al-Quran sangat kental dengan nuansa nuansa yang berkaitan dengan ilmu. Kata ilmu digunakan dalam arti proses pencapaian pengetahuan dan objek pengetahuan. Jika kita banyak memperdalam sebuah ilmu maka kita akan membangun peradaban moderen islam yang penuh dengan budaya dan peradaban islam. Setiap orang untuk melaksanakan sesuatu pasti ada ilmu yang akan mendasari hal tersebut, agar sesuatu yang dilaksanakan tersebut berjalan dengan maksimal dan berjalan sebagai mana mestinya. Kebodohan akan membuat seseorang menjadi terbelakang dan tertinggal dari yang lain. untuk itu ilmu akan memperbaiki peradaban ini.

Kebangkitan peradaban Islam Moderen di Indonesia bukanlah sekedar isapan jempol. Sebenarnya bukan hanya terbatas pada Indonesia saja, akan tetapi meliputi negara-negara muslim di Asia Tenggara, seperti: Malaysia, Brunei Darussalan hingga ke sebagian daratan Cina. Peradapan islam tidak akan mungkin bangkit apabila umat islam masih bertekuk lutut dengan kebodohan. Sehingga semakin banyak orang yang menggenggam dunia dengan sebuah ilmu maka tidak mungkin peradaban islam benar-benar akan bangkit dimuka bumi Allah SWT ini dengan segera.

Islam seharusnya tidak tertinggal dengan bangsa-bangsa barat dan yang lainya, karena kitab sucinya adalah sumber informasi dan inspirasi keilmuan yang abadi. Jika Al-Quran memang benar-benar dipahami dan diresapi dan dijalankan dengan sungguh-sungguh maka runtunya peradaban islam akan terselamatkan dan bisa mendorong bangkitnya peradapan islam. Karena sudah jelas di Al- Quran juga menerangkan tentang kandungan-kandungan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ayat-ayat sucinya.

Download Artikel Lengkap

  KEILMUAN DAN PERADABAN MODEREN ISLAM Di download (32,3 KiB, 115 hits)

COMMENTS

WORDPRESS: 0