Keinginan untuk Masuk Jurusan PLS

Pertama kali saya mengenal jurusan Pendidikan Luar Sekolah saya belum begitu tahu dan bingung dengan jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Dan saya juga me...

Mahasiswa PLS Berkarya itu mudah
My Dreams Become True

Pertama kali saya mengenal jurusan Pendidikan Luar Sekolah saya belum begitu tahu dan bingung dengan jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Dan saya juga menjadi bertanya-tanya sebenarnya apa sih itu jurusan Pendidikan Luar Sekolah? Kok kedengarannya begitu asing ditelinga saya dan saya sebelumnya juga belum tahu betul mengenai jurusan itu. Saya sangat begitu penasaran banget dengan jurusan itu. Setelah saya cari-cari apa itu Pendidikan Luar Sekolah akhinya saya tahu kalau Pendidikan Luar Sekolah (PLS) itu adalah  pendidikan yang dirancang untuk membelajarkan warga belajar agar mempunyai jenis keterampilan dan atau pengetahuan serta pengalaman yang dilaksanakan di luar jalur pendidikan formal (persekolahan). Tetapi saya masih sangat penasaran lagi dengan PLS dan dari situ saya menjadi mempunyai keinginan untuk masuk ke PLS. Ada juga yang bilang kepada saya kalau jurusan PLS itu pengetahuan dan ilmunya luas serta kedepannya itu atau setelah lulus dari PLS banyak sekali peluang/pekerjaan yang dari jurusan PLS. Nah dari situlah saya sangat ingin masuk kejurusan PLS tersebut.

            Alasan saya masuk kejurusan PLS itu adalah karena keinginan saya pribadi dan juga rasa keingintahuan yang ada pada diri saya mengenai jurusan PLS. Dan setelah saya cari-cari serta ada yang bilang kepada saya mengenai PLS itu tadi itu juga yang membuat saya semakin yakin untuk memilih jurusan PLS. Dan setelah saya masuk di Universitas Negeri Malang dengan jurusan PLS yang saya pilih dan juga saya inginkan, akhirnya saya tahu betul apa itu jurusan PLS dan menurut saya jurusan PLS itu asyik dan tidak membosankan. Saya juga menjadi tahu dan belajar banyak hal dijurusan PLS yang saya pilih. Ternyata benar, kalau PLS itu pengetahuan dan ilmunya luas.

            Biasanya jususan PLS itu apabila sudah lulus dari PLS banyak sekali harapan atau peluang, seperti mengajar disekolah-sekolah baik sekolah informal maupun nonformal, bisa mengabdi pada masyarakat, bisa juga di sanggar kegiatan belajar (SKB) seperti mengajar kejar paket, serta mengajar di pelosok-pelosok desa yang pendidikannya masih minim. Dan saya mempunyai keinginan tersendiri setelah nanti saya lulus dari PLS. Saat ini keinginan saya setelah lulus dari PLS nanti sebenarnya banyak sekali diantara yaitu :

  1. Ingin menjadi dosen
  2. Ingin juga menjadi pengajar/guru disekolah informal maupun nonformal
  3. Ingin mengabdi pada masyarakat
  4. Ingin mempunyai bimbingan belajar sendiri
  5. Ingin mengajar di pelosok-pelosok desa yang pendidikannya masih sangat kurang
  6. Ingin menjadi PNS
  7. Ingin bekerja di dinas pendidikan bagian administrasi
  8. Ingin bekerja di sanggar kegiatan belajar (SKB)
  9. Ingin mengajar anak-anak yang ingin kejar paket
  10. Dan ingin menjadi pengusaha sukses

Seperti itu rangkaian keinginan saya setelah saya lulus dari PLS nanti. Tetapi dari kesepuluh keinginan saya itu, ada satu harapan yang sangat saya inginkan sekali setelah saya lulus dari PLS nanti. Harapan itu ialah saya ingin sekali mengabdi pada masyarakat dan juga menjadi pengajar atau bisa memberikan ilmu di pelosok-pelosok desa yang pendidikannya masih sangat kurang. Mengapa saya mempunyai harapan seperti itu? Ya karena menurut saya harapan yang saya inginkan itu tadi bisa membantu dan bermanfaat untuk banyak masyarakat dan juga sangat menguntungkan untuk masyarakat dan diri saya sendiri. Karena saya juga ingin sekali memberikan ilmu kepada masyarakat yang masih membutuhkan ilmu banyak. Dan saya ingin selama saya menimba pengetahuan/ilmu di PLS kelak juga berguna untuk dibagikan dan diberikan kepada masyarakat.

 

Nama Lengkap                        :Aulia Rizky Faradila

Jurusan                                    :Pendidikan Luar Sekolah

Universitas                              :Universitas Negeri Malang

Angkatan                                 :2016

COMMENTS

WORDPRESS: 0