KENAKALAN REMAJA DAN HUBUNGANNYA DENGAN DIAGNOSIS SOSIAL

Diagnosis sosial adalah proses penentuan persepsi masyarakat terhadap kebutuhannya atau kualitas hidupnya dan aspirasi masyarakat untuk meingkatkan ku...

KaryaLENPNF3_PENGGUNAAN FACEBOOK DALAM MERINTIS WIRAUSAHA MUDA DI SKB BANTUL
Rumah Belajar yang Bersahabat

Diagnosis sosial adalah proses penentuan persepsi masyarakat terhadap kebutuhannya atau kualitas hidupnya dan aspirasi masyarakat untuk meingkatkan kualitas hidupnya melalui partisipasi dan penerapan berbagai informasi yang dirancang sebelumnya. Untuk mengetahui masalah social, digunakan indicator social seperti kemakmuran , estetika, prestasi, kejahatan, indexkepadatan penduduk, kebagiaan diskriminasi, kegiatan ilegal, system pembuangan limbah, pengaguran dan lain – lain. Penilaian dapat dilakuakan atas dasar datasensus, vital sitematik yang ada, atau pengumpulan data secara langsung dari masyarakat,cara mengumpulan data dengan cara wawancara, forum yang ada di masyarakat, Focus Groups Discussion ( FGD ),nominal group process,dan survei.

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Masalah sosial menemui pengertiaannya sebagai sebuah kondisi yang tidak diharapkan dan dianggap dapat merugikan kehidupan sosial serta bertentangan dengan standar sosial yang telah disepakati. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

artikel selengkapnya

  KENAKALAN%20REMAJA%20DAN%20HUBUNGANNYA%20DENGAN%20DIAGNOSIS%20SOSIAL.pdf Di download (unknown, 89 hits)

COMMENTS

WORDPRESS: 0