Kendala Alumni Pendidikan Luar Sekolah dalam Memperoleh Peluang Kerja

Kendala Alumni  Pendidikan Luar Sekolah  dalam Memperoleh Peluang Kerja,Selama proses menjalani kehidupan, setiap manusia tidak terlepas dari masalah. Masalah adalah keadaan sulit di luar kemampuan seseorang, serta dibutuhkan usaha yang besar untuk menghadapi dan mengatasinya. Sempitnya lapangan kerja menjadi salah satu bentuk masalah yang menjadi kekhawatiran bagi angkatan kerja dan hal yang sama juga dirasakan oleh alumni  Prodi PLS. Namun, masalah tersebut bisa teratasi jika senantiasa berjuang untuk menyelesaikannya. Dalam mencari pekerjaan, alumni Prodi PLS harus berjuang untuk mendapatkannya meskipun seringkali mengalami kendala. Kendala yang dihadapi alumni dalam memperoleh peluang kerja sangat beragam.

No. Kendala Alumni dalam Memperoleh Peluang Kerja
1. Tidak   ada   kemampuan   khusus   yang   diperolehnya   dari   kuliah   untukmendapatkan peluang kerja.
2. Bingung mencari kerja yang sesuai dengan bidang PLS, sedangkan lahanpekerjaan untuk alumni Jurusan PLS sangat sempit, apabila akan mencari peluang kerja yang lain itu masih ada kekhawatiran tentang kompetensinya.
3. Mata kuliah di Prodi PLS terlalu banyak dan tidak terfokus membuatnyaresah dalam mencari peluang kerja.
4. Minimnya lapangan pekerjaan bagi alumni Prodi PLS
5. Ingin berwirausaha namun belum mempunyai modal dan belum siap akanresiko yang akan ditanggung dalam berwirausaha.
6. Pekerjaan  yang  tidak  sesuai  kompetensi  menyebabkan  pekerjaan  yangdidapatkan  tidak jelas statusnya
7. Prodi PLS belum mempunyai kemampuan spesifik sehingga pekerjaan PLSitu bisa dikerjakan oleh Prodi apa saja.
8. Ilmu  yang  didapatkan  waktu  kuliah  di  PLS  hanya  terbatas  pada  garisbesarnya saja.
9. Peluang kerja bagi lulusan PLS sering kali ditempati prodi yang bukan dariPLS. Bahkan sering kali lulusan PLS dianggap kurang memiliki spesifikasi kompetensi yang memadai.
10 Minimnya informasi tentang lowongan kerja untuk PLS. Adanya orang dalamyang mematahkan kemampuan yang saya miliki, kantor lebih mengutamakan calon karyawan yang memiliki kenalan orang dalam.
11 Masih  banyak  yang  belum  mengetahui  kegunaan  Lulusan  PLS.  Lahanlulusan PLS sebagian besar ditempati oleh lulusan non PLS & informasi akan peluang   itu   tertutup   untuk   umum   hanya   sebatas   orang   dalam   yang mengetahui posisi yang kosong.

Upaya    yang dilakukan untuk mengantisipasi adanya kendala yang dialami para alumni menurut mereka antara lain; (1) selalu mencari peluang kerja yang mapan dan benar-benar sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, misalnya bekerja sebagai PNS. (2) Terus berkarya dan  meningkatkan  prestasi,  (3)  Mengevaluasi  dan  Introspeksi  diri,  (4)               belajar  dari pengalaman-pengalaman. (5) selalu menganalisis peluang kerja yang datang, (6) cara menyesuaikan dengan ilmu dan kompetensi  yang dimiliki saat ini  sehingga apabila saat bekerja tidak merasa terbebani dan tertekan. (7) Mencari kerja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. (8) Aktif dalam mencari informasi lowongan, baik dari saudara, teman, surat kabar maupun internet. Dan (9) Mencoba untuk berdiskusi dengan sesama alumni dan dosen PLS.

Sumber Mintarsih Arbarini, Fakhrudin, Rasdi Ekosiswoyo dalam

TRACER STUDY ALUMNI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FIP UNNES


Loading...