ANTROPOLOGI KEPRIBADIAN

0
Dibaca 1.123

Kepribadian memiliki banyak definisi atau pengrtian dari banyak para ahli dari sudut pandang yang berbeda-eda. Kepribadian identik dengan tingkah laku atau pola perilaku. Apabial berbicara tentang  tingkah laku atau pola prilaku maka yang dimaksud tingakah laku atau  pola perilaku itu sendiri adalah kelakuan manussia yang dipengruhi oleh naluri, dorongan, akal dan pikiran.

Pola perilaku berkaitan dengan kepribadian karena kepribadian bisa terbentuk dari pola perilaku jadi unsur-unsur pola perilaku sangat berpengaruh dalah kepribadian. Menurut buku ilmu pengantar ilmu antropologi Prof.Dr.Koentjaraningrat, kepribadian adalah sususan unsur-unsur dari akal dan jiwa yang menentukan prbedaan dari tingkah laku atau tindakan dari setiap individu. Kepribadian juga bisa diartikan ciri-ciri watak seeorang individu yang konsisten atau  yang selalu dilakukan oleh individu tersebut. Sedangkan menurtu saya kepribadian adalah kebiasaan-kebiassaan yang dilakukan seorang individu yang bersifat konsisten. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbede-beda tergantung pola pikirnya dalam berperilaku baik atau pun buruk.

Dalam kehidupan bermasyarakat kepribadian seorang individu sangat bergantung pada lingkungan karena lingkungan dapat menjadikan seorang individu memiliki sifat kepribadian yang baik maupu buruk sehingga selain keluarga lingkungan menjadi faktor pembentuk keepribadian yang berpengaruh dan penting bagi seorang individu untuk memiliki kepribadian baik maupun tidaknya.

Unsur – unsur kepribadian :

  1. Pengetahuan

Dalam buku pengantar ilmu antropologi Prof.Dr.Koentjaraningrat di jelaskan yaitu, unsur-unsur yang mengisi akal dan alam jiwa seorang manusia yang sadar, secara nyata terkandung dalam otaknya. Dlam lingkngan hidup nmnusia ada brmacam-macm hal yang dialamai melalui pnerimaan panca indranya dan alat penerima atau reseptor organ lain. Pengetahuan dapat menentukan seorang individu memiliki baik tidaknya kepribadian yang dimiliki.

2. Perasaan

Diterangkan dalam buku pengantar ilmu antropologi Prof.Dr.Koentjaraningrat perasaan adalah suatu keadaan dalam kesadaran manusia karea pengaruh pengetahuannya dinilai sebagai keadan poseitif atau negatif. Perasaan disini sanagt mempengaruhi kepribadian kenapa?mengapa? nah, karena perasaan mengisi penuh alam kesadaran manusia karena pengaruh dari pengetauannnyayang dinilai sebagai keadaan positif maupun negatif karena perassan juga terdapat unsur penilaian. Contohnya ketika tetangga sebelah rumah kita memiliki rumah yang besar dan mewah sedangkan ruamah kita kecil dan sempit. Disini akan timbul dua penilaian secara positif  maka kita berpikiran tetangga bisa mempunyai rumah besar dan mewah karena hasil kerjakeras dan kita bisa memotivasi diri kita sendiri agar selalu krja keras  sedangkan secara negatif maka kita akan timbul rasa iri hati, dengki, syirik melihat kesuksesan tetangga kita.

3. Dorongan Naluri

Unsur yang terakhir adalah dorongan naluri, menurut Freud naluri adalah representasi psikoloig bawaan dari eksitasi (keadaan tegang dan teransang) pada tubuh yang diakibatkan oleh munculnya suatu kebutuhan tubuh. Contohnya apabila tubuh membtuhkan makanan maka energi psikis akan terhimpun dalam naluri lapar yang akan mendorong menggerakan individu untuk bertindak memuaskan kebutuhan akan makanan. Dari sini dpat diproleh  gambaran bahwa naluri itu bersifat mendorong individu untuk bertinndak dan bertingkah laku.  Dorongan naluri itu menurut saya sudah sifat alam karena semua manusia atau individu sudah memiliki naluri tanpa dia sadari.

Selengkapnya download file di bawah ini dengan login terlebih dahulu, jangan lupa tinggalkan jejak komen.

  ANTROPOLOGI KEPRIBADIAN (Nur Khilmi Aziz PLS UNES) (17,1 KiB, 0 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

Tinggalkan Balasan