Ketertarikan itu menjadikan saya memilih Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

0
Dibaca 663

Ketertarikan itu menjadikan saya memilih Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Beberapa keinginan para pelajar sma/smk se-derajat setelah lulus ada beberaa pilihan diantaranya mereka ingin berkerja atau melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi. hal ini biasanya menjadi sebuah pertimbangan yang sulit untuk memilih salah satu hal itu .

Hal tersebut sama seperti apa yang saya rasakan saat akhir kelas menjelang Ujian nasional hingga saya sendiri mengalami kegalauan, akan ke mana kah aku nanti setelah lulus? , dan mau jadi apa aku kedepannya?. Kegalauan ini sangat aku alami karna aku dari lulusan Smk yang jurusannya Keseniaan ( seni tari ) . jika aku memilih untuk kerja , mau kerja seperti apa?, jika aku kuliah, aku sangat ingin masuk jurusan DKV, jurusan yang aku idam-idam kan, tetapi apalah daya ku untuk memasuki jurusan itu ada syarat–syarat tertentu/fortopolio yang sangat sulit untuk aku kerjakan .

Pada waktu pendaftaran SNMPTN saya bingung ingin memilih jurusan apa dan di universitas mana dan pada akhirnya waktu aku memebuka web SNMPTN saya melihat–lihat beberapa universitas dan jurusan apa saja yang ada di daerah Jawa Timur. saat saya melihat universitas yang sekarang menjadi almamater saya yaitu Universitas Negeri Surabaya, saya melihat salah satu nama jurusan yang menurut saya unik sekali yaitu Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Namanya yang sanggat unik ini saya merasa penasaran tentang jurusan/prodi ini, dan saya berusaha mencari tau tentang apa jurusan ini?, dan arah dari lulusannya akan kemana?.

Saat saya browsing dan membaca tentang apa itu PLS di situ saya mulai merasa bahwa jurusan ini adalah jurusan yang saya cari karna di sini saya bisa mempelajari banyak hal, dan salah satunya di bidang sosial / kemasyarakatan. karena meneurut beberapa orang terdekat say meneng banyak yang bilang kau saya memiliki jiwa social yang tinggi , dan memang saya juga orangnya suka berorganisasi, berinteraksi / bertemu banyak orang, berkegiatan di luar sekolah dan masik banyak lagi  kegiatan–kegitan yang menurut saya positif .

Ketertarikan itu menjadikan saya untuk memilih PLS menjadi jurusan pertama yang saya pilih saat pendaftaran SNMPTN dan alhamdulillah saat melihat hasil penguman SNMPTN saya lolos dan di terima sebagai mahasiswa baru di jurusan PLS UNESA. Semoga masuknya saya di PLS ini jiwa social saya akan lebih timbul agar berguna dan bermanfaat bagi masyarakat luas.


Penulis:

Dwi Ayu Rahmawati

PLS UNESA 2016

Tinggalkan Balasan