KISAH “MANIS” DARI MALANG (Studi Banding PNF FKIP Universitas Mulawarman ke Malang)

Salam PLS, Loyalitas Menuju Perubahan! Demikianlah moto kami selaku HIMA PLS Universitas Mulawarman. Walapun organisasi ini bisa dikatakan baru, namun semangat juang kami untuk membawa perubahan PLS atau PNF lebih baik lagi. Kami mau share pengalaman kami dalam kegiatan Studi Banding PNF FKIP Universitas Mulawarman ke Malang yakni 3 tempat : Universitas Negeri Malang (UM), PKBM Zam-Zam dan SKB Kota Malang.

DSC_0590Gambar 1 : Foto bersama HMJ & BPH Universitas Negeri Malang

Kegiatan yang berjudul “STUDI BANDING PNF FKIP UNMUL2015” merupakan salah satu program kerja HIMA PLS FKIP Universitas Mulawarman periode 2014/2015. Kegiatan ini sendiri dipersiapkan dari bulan Januari 2015 sampai pelaksanaan pada tanggal 9 Mei 2015 sampai 13 Mei 2015 di Malang. Adapun rangkaian utama kegiatan ini yakni Studi Banding ke Jurusan PLS FIP Universitas Negeri Malang (UM) serta HMJ PLS FIP Universitas Negeri Malang (UM) dan BPH Imadiklus Indonesia wilayah Malang. Selain itu, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Lembaga Pendidikan Non Formal yang ada di Malang, antara lain PKBM Zam-Zam dan SKB Kota Malang. Tak lupa juga wisata di Malang untuk mengenal wilayah Malang serta mengakrabkan sesama peserta studi banding.

Adapun pelaksanan kegiatan studi banding dimulai dari Technical Meeting (TM) peserta studi banding sejumlah 11 orang dan Ketua Program Studi PNF FKIP Universitas Mulawarman yakni penandatangan surat tugas perjalanan dinas kepada Sekretaris Pembantu Dekan II FKIP Universitas Mulawarman serta briefing oleh Pembantu Dekan III FKIP Universitas Mulawarman pada tanggal 8 Mei 2015 jam 10.00 s/d 12.00 di Dekanat FKIP Universitas Mulawarman. Kemudian pada tanggal 9 Mei 2015, pukul 06.00 WITA, peserta studi banding beserta Ketua Program Studi PNF berangkat dari Samarinda menuju Bandara Sepinggan – Balikpapan menggunakan mobil sewa. Kemudian dari Bandara Sepinggan – Balikpapan menuju Surabaya menggunakan pesawat Citilink dari jam 11 : 50 dan sampai di Surabaya jam 12 : 45. Setelah sampai di Surabaya, rombongan peserta dijemput oleh mobil sewa dari Zena Travel dan menuju pusat penjualan tas kulit di Tanggulangin – Sidoarjo dan setelah itu makan siang di Tol Sidoarjo dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Malang. Sampai di Malang, rombongan peserta kemudian menginap di Wisma Srikandi yang telah dipesan sebanyak 5 kamar sebagai tempat menginap kami selama 4 malam di Malang.

Pada hari berikutnya, tanggal 10 Mei 2015, rombongan peserta studi banding melakukan jogging di area Car Free Day, Ijen, Kota Malang. Setelah itu peserta bertemu dengan perwakilan HMJ PLS FIP Universitas Negeri Malang (UM) untuk membahas kegiatan penyambutan di Universitas Malang pada tanggal 11 Mei 2015. Seusai pembahasan singkat, peserta yang beragama Kristen melaksanakan ibadah di GSJK Malang, sedangkan peserta yang lainnya berbelanja di Malang Town Square (Matos). Pada siang harinya, peserta studi banding berwisata ke Batu dan menikmati makan siang di sana, lalu melanjutkan berwisata ke Museum Angkut, Batu Malang untuk mengenal berbagai koleksi jenis transportasi dari masa ke masa. Malam harinya, seusai berwisata di Museum Angkut, peserta kembali ke penginapan masing-masing untuk makan malam dan beristirahat.

IMG_4850Gambar 2 : Acara Studi Banding di Universitas Negeri Malang

Pada hari Senin, tanggal 11 Mei 2015, peserta studi banding kemudian melakukan rangkaian utamanya, yakni studi banding ke jurusan PLS FIP Universitas Negeri Malang (UM) serta HMJ PLS FIP UM dan BPH Imadiklus Malang. Acara berlangsung dari jam 09.00 WIB s/d 17.00 WIB. Seluruh peserta disambut oleh panitia acara dari HMJ PLS UM di Ruang Rapat FIP UM, juga dibagikan map PLS FIP UM yang berisi Jurnal Pendidikan Non Formal dan Majalah Spectrum milik PLS FIP UM. Acara dibuka oleh Ketua Jurusan PLS UM, Dr. Ach. Rasyad, M.Pd dan acara dipandu oleh Endah Setiowati dari HMJ PLS UM. Kemudian acara diisi oleh pengenalan Lab Site PLS FIP UM oleh kepala Lab Site PLS FIP UM selama ± 2 jam. Pengenalan Lab Site ini menampilkan profil dan dokumentasi kegiatan yang ada di Lab Site tersebut serta diskusi dengan peserta studi banding PNF FKIP UNMUL 2015. Kemudian setelah pengenalan Lab Site PLS FIP UM, dilanjutkan pengenalan jurusan PLS FIP UM oleh sekretaris Jurusan PLS FIP UM. Pengenalan jurusan ini mulai dari data mahasiswa, kurikulum, staff dan dosen pengajar, akreditasi jurusan, pembagian konsentrasi seperti PLS konsentrasi Manajemen PAUD, Manajemen Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat. Kemudian diskusi dan sharing kepada peserta studi banding PNF FKIP Unmul 2015 untuk saling berkonsultasi untuk kemajuan PLS kedepan, dan kesempatan ini tidak dilewatkan begitu saja dengan banyaknya pertanyaan dari peserta studi banding mengenai jurusan FIP PLS UM. Setelah itu dibarengi dengan foto bersama dan peserta melakukan ISHOMA (Istirahat, Sholat dan Makan).

Setelah ISHOMA (Istirahat, Sholat dan Makan), acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan HMJ PLS FIP UM yang dipimpin oleh Muh. Fahrurozi selaku ketua umum HMJ PLS UM dari angkatan 2013. Kemudian acara disi oleh pengenalan BPH Imadiklus Malang oleh ketua BPH Imadiklus Malang, Imam Badhowi dari angkatan 2013. Setelah itu, pemberian cinderamata kepada Jurusan PLS UM dan HMJ PLS FIP UM serta BPH Imadiklus Malang. Kemudian dilanjutkan foto bersama di halaman Aula FIP UM dan bersalam-salaman. Peserta studi banding kemudian kembali ke penginapan untuk persiapan Makan Malam Keakraban (MAKRAB) dengan pengurus HMJ PLS FIP UM.

dddddGambar 3 : MAKRAB dengan HMJ & BPH UM

Acara Makan Malam Keakraban (MAKRAB) berlangsung di Restoran Ocean Garden, Kota Malang jam 19.00 WIB. Peserta bersama pengurus HMJ PLS FIP UM kemudian berkumpul bersama dan makan bareng serta saling bercakap-cakap, diskusi dan menjalin keakraban selama 2 jam. Seusai makan bersama, peserta studi banding dan pengurus HMJ PLS FIP UM kemudian berfoto bersama dan saling bersalam-salaman, kemudian peserta studi banding kembali ke penginapan, sementara pengurus HMJ PLS FIP UM pulang ke rumah masing-masing.

Keesokan harinya, pada tanggal 12 Mei 2015 jam 07.00 WIB, peserta studi banding melanjutkan rangkaian kunjungan ke dua lembaga Pendidikan Non Formal, yakni PKBM Zam-Zam dan SKB Kota Malang. Perjalanan diawali dari kunjungan ke PKBM Zam-Zam. Sesampainya disana, kami disambut staff PKBM Zam-zam, anak-anak yang belajar di PKBM Zam-Zam, serta kami memasuki ruang pertemuan untuk mengetahui profil PKBM Zam-Zam. Sambutan dipimpin oleh Kepala PKBM Zam-Zam yang merupakan mantan dosen PLS FIP UM. Lalu beliau memaparkan profil lengkap dari PKBM Zam-Zam serta membuka sesi diskusi bagi peserta studi banding. Antusias pun tercipta dari banyaknya pertanyaan peserta studi banding yang ingin mengetahui secara detail mengenai PKBM Zam-Zam. Seusai pertemuan, kemudian peserta studi banding diajak keliling area PKBM Zam-Zam, mulai dari PAUD, bengkel kerja, tempat pelatihan dan lain sebagainya. Kemudian diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama dengan pengurus PKBM Zam-Zam dan peserta studi banding serta bersalaman. Seusai kunjungan ke PKBM Zam-Zam, peserta studi banding melanjutkan kunjungan keduanya di SKB Kota Malang. Sesampainya disana, kami disambut oleh Kepala SKB Kota Malang beserta staffnya. Kemudian kami dibawa masuk ke ruang rapat, dan Kepala SKB Kota Malang kemudian memaparkan profil SKB Kota Malang, sambil memberikan kesempatan kepada peserta studi banding untuk bertanya. Peserta studi banding pun begitu antusias dan mengajukan beberapa pertanyaan, bahkan beliau menawarkan bila ada yang ingin ditanyakan, bisa dikirim lewat e-mail. Seusai paparan profil SKB Kota Malang, peserta studi banding diajak keliling kompleks SKB Kota Malang, mulai dari kebun milik SKB Kota Malang, aula pelatihan, bengkel otomotif, salon, ruang menjahit, dan lain sebagainya. Seusai keliling, kemudian menyerahkan cinderamata kepada kepala SKB Kota Malang dan kemudian foto bersama dan bersalaman. Setelah itu, peserta kemudian melakukan makan siang dan berwisata di Selecta, Batu Malang dan malam harinya peserta kembali ke penginapan untuk persiapan kembali ke Samarinda.

ddfGambar 4 : Foto bersama pengurus PKBM Zam-zam

skbGambar 5 : Foto dengan kepala SKB Kota Malang

Pagi , tepat tanggal 13 Mei 2015, peserta kemudian bersiap-siap pulang ke Samarinda. Peserta mengemas barang-barang dan memuatnya dalam mobil sewa, kemudian berpamitan dengan pemilik penginapan. Setelah itu peserta studi banding meninggalkan kota Malang menuju Kota Surabaya dan sesampainya disana, peserta naik pesawat pada pukul 13 : 30 WIB dan tiba di Balikpapan pukul 15 : 20 WITA. Setelah itu peserta dijemput travel dan kembali ke Samarinda dan sampai di rumah masing-masing.

Demikianlah kisah “manis” kami yang kami dapat dari Kota Malang. Semoga menginspirasi teman-teman PLS untuk saling silahturahmi dan terus semangat kuliah dan mencari pengalaman di dunia PLS/PNF. Salam PLS! Loyalitas Menuju Perubahan!

Dikirim melalui email oleh :

Yana Leony (cheonna0709@gmail.com)

Ketua HIMA PLS Universitas Mulawarman

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.