Konsep Psikologi Pendidikan

Konsep Psikologi Pendidikan Pendidikan adalah suatu proses pertumbuhan yang berlangsung berkat dilakukannya perbuatan-perbuatan belajar. sedangkan sua...

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) Mendidik Untuk Membangun Karakter Bangsa
BPH IMADIKLUS UNTIRTA WUJUDKAN DESA ONLINE

Konsep Psikologi Pendidikan

Pendidikan adalah suatu proses pertumbuhan yang berlangsung berkat dilakukannya perbuatan-perbuatan belajar. sedangkan suatu studi yang sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia disebut psikologi pendidikan.

Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar (Whiterington, 1982:10). Dari batasan di atas terlihat adanya kaitan yang sangat kuat antara psikologi pendidikan dengan tindakan belajar. Karena itu, tidak mengherankan apabila beberapa ahli psikologi pendidikan menyebutkan bahwa lapangan utama studi psikologi pendidikan adalah soal belajar. Dengan kata lain, psikologi pendidikan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yang berkenaan dengan proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan belajar.

Karena konsentrasinya pada persoalan belajar, yakni persoalan-persoalan yang senantiasa melekat pada subjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah pada pendidik. Mereka memang dituntut untuk menguasai bidang ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan fungsinya, dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan belajar secara efektif.

Menurut Para Ahli

  1. Menurut Barlow (1985)

Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu melaksanakan tugas sebagai seorang guru dalam proses belajar mengajar secara lebih efektif.

  1. Menurut Tardif (1987)

Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.

 Psikologi Pendidikan Ini Penting Bagi Pendidikan Luar Sokolah

                      Dalam pendidikan luar sekolah mencangkup banyak model pembelajaran yang dilakukan. Karena pada dasarnya pendidikan ini bersifat nonformal atau biasa dilakukan luar sekolah formal. Jadi, dalam kegiatan belajar yang dilakukan selalu menemukan tipe-tipe warga belajar yang berbeda. Dari berbagai macam perbedaan ini munculah karakter warga belajar yang juga berbeda, ada yang bisa menyerap ilmu pelajaran secara cepat ada pula yang lambat dalam memahami ilmu yang disampaikan oleh pendidik. dan disinilah pendidik nonformal itu sangat membutuhkan ilmu psikologi pendidikan untuk nantinya dapat digunakan atau di aplikasikan sebagai cara mengatasi permasalahan warga belajar.

Psikologi Pendidikan Menurut Saya

Psikologi pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari manusia dalam proses belajar dan sebagai jalan untuk membantu mengatasi permasalahan belajar.

Kiriman tulisan   oleh Fendik Universitas Negeri Malang (UM)

COMMENTS

WORDPRESS: 4
  • comment-avatar
    alisca damayanti 2 tahun

    Artikel yang bagus. Terima kasih atas info yang diberikan. Mudah dipahami dengan pemilihan kata yang ringan.
    Saya memiliki link yang mungkin berguna untuk menambah referensi tentang Psikologi.
    Silahkan dikunjungi. Jurnal Ilmiah Psikologi

  • comment-avatar

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul “Konsep Psikologi Pendidikan”.
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Jurnal Ilmiah Psikologi

  • comment-avatar

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Psikolog, menurut saya bidang studi Psikologi merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia Psikologi.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang Psikologi yang bisa anda kunjungi di halaman ini, selamat berbagi 🙂

  • comment-avatar

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Konsep Psikologi Pendidikan “.
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Jurnal Ilmiah Psikologi