Laporan Monitoring dan Evaluasi Program Parenting Di SPS Mutiara Hati

0
Dibaca 120

Laporan Monitoring dan Evaluasi Program Parenting Di SPS Mutiara Hati

  1. Latar Belakang

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat (UU No 20 Tahun 2003). Pendidikan terjadi sepanjang kehidupan manusia semenjak manusia lahir sampai mati. Pendidikan dapat dibagi kedalam tiga jalur yaitu jalur informal, formal, dan nonformal. Salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan adalah melalui pendidikan anak usia dini.

Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun (Undang-Undang Sisdiknas  tahun 2003) dan 0-8 tahun menurut beberapa pakar pendidikan anak.  Pada masa ini sering disebut dengan the golden age (usia keemasan) yaitu usia yang berharga dibanding usia selanjutnya. Masa golden age merupakan waktu yang paling tepat untuk memberikan bekal yang kuat kepada anak. Artinya, pada masa tersebut anak membutuhkan segala rangsangan yang baik untuk mengoptimalkan potensi perkembangan tersebut. Upaya pemberian rangsangan terhadap anak usia dini dapat dilakukan melalui pemberian pendidikan anak usia dini.

Menurut UU No 20 Tahun 2003, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Keberhasilan program pendidikan anak usia dini tidak hanya bergantung pada program pembelajaran harian saja. untuk mencapai tujuan dari pendidikan anak usia dini juga ditunjang program-program pendukung. Salah satu program pendukung tersebut adalah melalui program parenting yang diselenggarakkan oleh lembaga pendidikan anak usia dini.

Keberadaan program parenting yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan anak usia dini sangat penting. Hal ini karena keberhasilan  anak dalam mencapai tugas perkembangannya tidak hanya bergantung kepada lembaga pendidikan namun juga peran orangtua. Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini berperan besar dalam membantu anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Namun demikian, masih banyak orangtua yang kurang memahami perannya tersebut sehingga orangtua cenderung menyerahkan semua tanggung jawab tersebut kepada lembaga pendidikan. Adanya permasalahan tersebutlah yang melatarbelakangi sebuah lembaga pendidikan menyelenggarakan program parenting.

Dalam penyelenggaraan program parenting agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan maka harus dikelola dengan baik. Pengelolaan yang baik dapat dilihat baik dari perencanaan sampai tahap evaluasi. Salah satu tahapan pengelolaan lembaga yang cukup vital keberadaannya yaitu kegiatan monitoring dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan manajemen program. Pencapaian tujuan program akan diketahui dengan adanya monitoring dan evaluasi yang baik. Sedangkan monitoring dan evaluasi merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lainnya. Monitoring dapat didefinisikan sebagai proses yang berkelanjutan dimana para pemangku kepentingan dalam suatu program tersebut memperoleh umpan balik dalam rangka pencapaian kemajuan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Sedangkan evaluasi merupakan penilaian yang ketat dan independen yang dilakukan baik setelah terselesaikannya program atau saat program berlangsung untuk menentukan sejauh mana tujuan telah tercapai yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang menyelenggarakan program parenting adalah SPS Mutiara Hati. Satuan PAUD Sejenis (SPS) Mutiara Hati merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini nonformal yang ada di Padukuhan Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman. Keberadaan lembaga pendidikan ini merupakan bentuk swadaya masyarakat padukuhan Karangmalang dengan melihat begitu pentingnya keberadaan lembaga pendidikan anak usia dini. Lembaga ini terbentuk atas inisiatif kelompok PKK dengan melihat tingginya kebutuhan keluarga yang memiliki anak usia dini akan adanya lembaga pendidikan anak usia dini.

Program-program yang ada di SPS Mutiara Hati tidak hanya terfokus pada program kegiatan pembelajaran harian. Terdapat beberapa program pendukung yang ada salah satunya adalah program parenting. Program parenting dilaksanakan untuk memberikan wadah bagi orangtua terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembelajaran anak. Selain itu adanya program parenting diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam pengasuhan.

Dalam pelaksanaan program parenting yang diselenggarakan SPS Mutiara Hati masih terdapat beberapa kendala. Kendala yang ditemui tersebut berasal dari proses maupun hasil. Kendala yang salah satunya adalah kurang berjalannya program karena ketersediaan dana yang kurang memadai. Selain itu kendala yang ditemukan terkait dengan hasil yang dicapai belum sesuai dengan hasil yang diharapkan. Dalam hal ini orangtua belum sepenuhnya bisa mengselaraskan pendidikan yang ada di sekolah dengan di rumah. Terkait kondisi diatas, maka tentu diperlukan kegiatan evaluasi terkait keterlaksanaan program parenting yang ada di SPS Mutiara Hati.

2. Deskripsi Program

SPS Mutiara Hati merupakan SPS yang ada di Padukuhan Karangmalang, Depok, Sleman. Padukuhan Karangmalang Kuningan merupakan daerah pemukiman padat penduduk yang didalamnya banyak terdapat keluarga muda baik pendatang maupun penduduk asli yang memiliki putra dan putri yang berada direntang usia 0-5 tahun. Banyak keluarga yang mengharapkan adanya kegiatan pengasuhan kepada anak dalam satu wadah bermain sambil belajar. Namun hal tersebut masih terkendala oleh ketersediaan sarana dan biaya. Melihat kondisi tersebut menjadi motivasi bagi para kader PKK Karangmalang Kuningan untuk mendirikan sebuah kegiatan PAUD yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Saat ini SPS Mutiara hati memiliki jumlah peserta didik sekitar 56 peserta didik. Namun jumlah tersebut dapat bertambah. Hal ini dikarenakan proses perekrutan yang dilakukan setiap hari bukan pada awal tahun ajaran baru. Jumlah peserta didik berada pada rentang usia 2,5 tahun sampai 5 tahun yang dibagi kedalam tiga kelas yaitu kelas bawah, kelas jambu, dan kelas mangga. Pembagian kelas didasarkan atas usia dari peserta didik. Sedangkan untuk pendidiknya terdapat 5 pendidik aktif. Pendidik yang ada tidak semuanya memiliki latar belakang pendidikan anak usia dini.

Selain program pembelajaran utama, terdapat kegiatan tambahan yang ada di SPS Mutiara Hati. Salah satunya adalah program parenting. Program  parenting yang dilaksanakan di SPS Mutiara Hati ini memiliki dua tujuan yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada orangtua terkait pengasuhan serta untuk mewadahi tingginya tingkat partisipasi orangtua dalam menyekolahkan anaknya. Namun demikian kegiatan parenting dilakukan tidak secara berkala. Hal ini karena terkendala adanya ketersediaan dana. Permasalahan lain yang ditemukan dalam program parenting yaitu belum tercapainya tujuan yang diharapkan. Hal ini dikarena masih banyak orangtua yang belum bisa menyelaraskan pembelajaran di sekolah dan dirumah. Serta masih banyak orangtua yang lebih memilih menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab dalam mendidik anak pada lembaga pendidikan.

Tujuan

  1. Untuk mengetahui evaluasi impact program parenting di SPS Mutiara Hati Karangmalang
  2. Untuk mengetahui evaluasi outcome program parenting di SPS Mutiara Hati Karangmalang
  3. Untuk mengetahui evaluasi output program parenting di SPS Mutiara Hati Karangmalang
  4. Untuk mengetahui evaluasi aktivitas program parenting di SPS Mutiara Hati Karangmalang
  5. Untuk mengetahui evaluasi input program parenting di SPS Mutiara Hati  Karangmalang

 

Selengkapnya tentang Laporan Monitoring dan Evaluasi Program Parenting Di SPS Mutiara Hati download di bawah ini dengan login terlebih dahulu.

  Laporan Monitoring dan Evaluasi Program Parenting Di SPS Mutiara Hati (192,5 KiB, 0 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

 

Penulis:
Sri Wulansari
PLS UNY

Tinggalkan Balasan