Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Pusat Imadiklus Periode 2015-2017

0
Dibaca 433

Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Pusat Imadiklus

Periode 2015-2017

Pandangan Umum
Imadiklus adalah suatu ikatan mahasiswa pendidikan luar sekolah Indonesia dimana setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat dilakukan di tingkat Universitas, Wilayah dan juga nasional sehingga mampu membuktikan eksistensi mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah dan dapat mengeluarkan gaung kebesaran Pendidikan Luar Sekolah serta memberikan pemahaman kepada masyarakat secara umum ataupun mahasiswa secara khusus.  Perlunya wadah organisasi untuk pengembangan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian mahasiswa demi terciptanya sarjana yang religious, kreatif, inovatif dan profesional. Oleh karena itu, mahasiswa bertekad memberikan dharma baktinya untuk mewujudkan nilai-nilai luhur yang berdasarkan atas
asas pancasila.

Bersumber dari keinginan mahasiswa pendidikan luar sekolah untuk mempunyai wadah komunikasi dan silaturahmi antar mahasiswa pendidikan luar sekolah seIndonesia, tentunya dengan segenap daya dan upaya berusaha keras agar keinginan mulia tersebut dapat terealisasikan. Namun perjuangan itu tidaklah semudah membalikkan tangan, namun di sertai dengan tangis sedih, gelak tawa, ketabahan hati dalam menjalankan konsistensi perjuangan. Panjang dan banyaknya lika-liku untuk mempersiapkannya, berkat rahmat Allah SWT dan didasari oleh keinginan yang luhur maka tepat pada tanggal 23-25 Juni 2006 bertempat di Universitas Negeri Malang menjadi sejarah persiapan pembentukan
berdirinya Imadiklus Indonesia dengan ditandai adanya pra kongres I dan diprakarsai oleh Widya Nusantara dkk dari Universitas Negeri Malang yang kini telah menjadi dosen jurusan pendidikan luar sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Berjalannya waktu untuk menorehkan sejarah dari penantian dan persiapan yang panjang tepat pada tanggal 24-26 Juni 2008 Imadiklus resmi terbentuk sebagai Organisasi Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah yang bersifat Nasional. Pada tanggal itu juga diadakan kongres pertama dan yang bertindak menjadi tuan rumahnya yaitu Universitas Negeri Malang. Pelaksanaannya bertempat di PKBM Zam-Zam Malang dan terpilih Agung Prabowo dari Universitas Negeri Surabaya sebagai ketua umum sedangkan wakil ketua umum yaitu Ilmar dari Universitas Negeri Makassar.

Kisah perjalanan Imadiklus Indonesia terus bergelora dengan berbagai kegiatan yang digagas demi menjaga eksistensi organisasi kebanggan milik mahasiswa pendidikan luar sekolah tersebut. Pertemuan nasional melalui kongres ke II kembali diadakan pada tanggal 10-14 Desember 2009 dan menjadi tuan rumah adalah Universitas Negeri Surabaya dengan terpilihnya Panji Bahari N.R menjadi ketua umum sedangkan wakil ketua umum dijabat oleh Ade Haris Susanto dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Realita Pengurus Pusat Periode 5

Selayang pandang tentang kepengurusan Imadiklus Indonesia Periode 5 telah berjalan selama kurang lebih 2 tahun lamanya dari tahun 2015 hingga kini berakhir di tahun 2017. Sebelumnya semua dipertemukan tidak semata-mata karena kesengajaan, melainkan adanya kesempatan serta adanya rahmat, hidayah, inayah dan ridho Allah SWT, sehingga terbentuknya kepengurusan diperiode 5 juga merupakan atas izin yang maha kuasa. Hal itulah akhirnya yang membuat semua bertemu dan terbentuknya kepengurusan Imadiklus Indonesia Periode 5.

Kongres Imadiklus 5 merupakan saksi akan dimulainya perjalanan kepengurusan imadiklus ke-5. Tepat pada tanggal 27 November 2015 merupakan saksi awal dimana seluruh mahasiswa Pendidikan luar sekolah se-indonesia menitipkan amanah dan harapannya kepada ketua umum terpilih saudara Petrus IS Tampubolon dan wakil ketua Lulu Putri Utami. Melalui mekanisme pemilihan ketua dan wakil ketua yang menegangkan tersebut disambut dengan seruan instruksi peserta kongres.

Akhirnya dengan penuh ketegasan dan kesabaran akhirnya dalam Kongres V IMADIKLUS INDONESIA di Bandung dan rapat kerja nasional dengan agenda fiksasi badan pengurus pusat IMADIKLUS INDONESIA tanggal 12 Maret 2016 bertempat di Pondok Pemuda Ambarbinagun, Yogyakarta terbentuklah struktur kepengurusan Badan Pengurus Pusat IMADIKLUS INDONESIA Periode ke-5 tahun 2015-2017.

Akhirnya dengan penuh ketegasan dan kesabaran akhirnya dalam Kongres V IMADIKLUS INDONESIA di Bandung dan rapat kerja nasional dengan agenda fiksasi badan pengurus pusat IMADIKLUS INDONESIA tanggal 12 Maret 2016 bertempat di Pondok Pemuda Ambarbinagun, Yogyakarta terbentuklah struktur kepengurusan Badan Pengurus Pusat IMADIKLUS INDONESIA Periode ke-5 tahun 2015-2017. pada saat pleno program kerja dengan disaksikan oleh peserta rakernas delegasi dari masing-masing universitas.

Struktur kepengurusan periode ke-5 disusun oleh ketua dan wakil ketua terpilih dengan berbagai pertimbangan dan penyesuaian kebutuhan agar dalam kepengurusan ini kinerja dari pengurus lebih terlihat efektif dan efisien. Mengingat tupoksi dari pengurus pusat merupakan sebagai pusat pemangku kebijakan dan pusat pengatur regulasi yang ada di Imadiklus Indonesia juga mengurusi hal lain yang sifatnya isidental diluar dari tugas pokok tersebut. Namun pengurus pusat juga tidak bisa berdiri sendiri dalam mengambil suatu keputusan, tentu melibatkan juga struktural yang berada di masing-masing tingkat wilayah dan pengurus harian dari masing-masing universitas.

Susunan pengurus pusat Imadiklus Indonesia terdiri atas pengurus inti yaitu ketua, wakil ketua, sekretaris I, sekretaris II, bendahara dan pengurus cabinet berbentuk departemen-departemen diantaranya departemen Penelitian Pengembangan dan Kaderisasi, departemen Komunitas, departemen Kewirausahaan, dan departemen Infokom. Dalam 2 tahun masa kepengurusan periode 5 tahun 2015-2017 telah berupaya melaksanakan program-program kerja secara maksimal sesuai dengan kemampuan. Hamper sema program kerja terlaksana dengan baik, dan hal itu semua karena kerja keras yang kuat antar sesame pengurus dan dukungan para anggota serta alumni yang tiada hentinya untuk membimbing dan mendampingi dengan penuh kesabaran dan ketelatenan.

Pengurus pusat Imadiklus Indonesia berupaya semaksimal mungkin dalam mengemban tugas, amanah dan melaksanakan program kerja, namun dalam susunan struktur organisai ini masih terdapat sejumlah anggota yang kurang aktif dan kurang memiliki kesadaran untuk berjuang bersama-sama untuk meningkatkan kualitas kerja organisasi.menyikap hal seperti itu, pengurus telah melakukan berbagai pendekatan dengan memberi kesadarab dan mengajak kembali aktif berkontribusi sampai adanya pereshufflean anggota dengan memindah tugaskan anggota ke departemen lain sebagai upaya menyegarkan anggota dalam kinerja dan juga sebagai bentuk kemudahan dalam berkordinasi antar pengurus dan departemen. Hasil yang diperoleh dari pendekatan dan pereshuffleanini, roda organisasi kembali berjalan sebagaimana mestinya.

 

Selengkapnya

 

Download laporan pertanggung jawaban periode 5 IMADIKLUS (2015-2017) di bawah ini:

  LPJ Pengurus Pusat Periode 5 IMADIKLUS Di download (794,0 KiB, 114 hits)

 


p

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here