LAPORAN PPL PLS UNESA 2015: Program Pengelolaan Pembelajaran SKB Kota Malang

PENDAHULUAN Profil Lembaga Nama Lembaga :  Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang Alamat Lembaga :  Jalan Laksda Adi Sucipto Gg.Makam No.30             ...

ANGKET PEMBUATAN VISI dan MISI KEPENGURUSAN IMADIKLUS 2015-2017
Hilangnya Eksistensi Kebudayaan Asli Indonesia di Tengah Era Modernisasi

PENDAHULUAN

Profil Lembaga

  1. Nama Lembaga :  Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang
  2. Alamat Lembaga :  Jalan Laksda Adi Sucipto Gg.Makam No.30

                                      Telp. (0341) 405049

  1. Visi Lembaga :  Terwujudnya masyarakat kota Malang yang gemar belajar,

                                      berusaha dan bekerja, berakhlak mulia, mandiri serta mampu

                                      beradaptasi dengan perubahan lokal dan global.

  1. Misi Lembaga : –    Mewujudkan pemerataan kesempatan dan peningkatan

                                           mutu penyelenggaraan program

  • Mewujudkan pemerataan kesempatan dan peningkatan mutu penyelenggaraan program pendidikan berkelanjutan.
  • Mewujudkan pemerataan kesempatan dan peningkatanmutu penyelenggaraan program kepemudaan.
  1. Jenis program yang diselenggarakan :
  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) & Kelompok Bermain (KB)
  • Keaksaraan Fungsional (KF)
  • Program Kesetaraan (POSKO)
  • Kejar Paket A setara SD
  • Kejar Paket B setara SMP
  • Kejar Paket C setara SMA
  • Diklat Ketrampilan
  • Program Kewirausahaan Masyarakat (PKM) : 20 orang
  • Kursus Pendidik PAUD : 20 orang
  • Kursus Bahasa Inggris : 30 orang
  • Tata Boga + Otomotif : 200 orang
  • Budidaya lele Probiotik : 20 orang
  • KPP Salon Spa : 25 orang

Peng Koperasi : – orang

Sejarah Perkembangan SKB Kota Malang

            SKB Kota Malang berdiri dengan SK MENPAN RI No. B-82/I/1998 tanggal 9 Februari 1998 tanggal 23 Februari 1998, merupakan urutan ke 19 di Propinsi Jawa Timur. SKB ini mulai beroperasional setelah dilantiknya Kepala SKB bulan Februari 1999 dan diangkatnya pegawai baru (PNS) bulan juli 1999, dengan menempati bekas gedung SDN Ketawang Gede 3, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Pada tanggal 12 Juni 2003, pindah ke gedung baru di Jalan Laksda Adi Sucipto Gang Makam No.30 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Luas tanah SKB secara keseluruhan 9.220 m² yang diantaranya deibagi menjadi 8.020 m² (berdasarkan surat Kepala BPN No.133-5302-35-2000 tanggal 14 Oktober 2002), dengan status Sertifikat Hak Pakai dan 1.200 m² dengan status Petok D.

KEGIATAN AKADEMIK

Program SKB Kota Malang

  1. Program Kesetaraan (POSKO)
  • Kejar Paket A setara SD
  • Kejar Paket B setara SMP
  • Kejar Paket C setara SMA

Alasan adanya program kesetaraan dilembaga SKB Kota Malang karena adanya suatu bentuk kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi untuk menunjang kehidupannya yang lebih layak. Program kesetaraan yang ada di SKB Kota Malang banyak diikuti oleh anak jalanan dan anak-anak yang putus sekolah dan ada juga dari anak-anak biasa lainnya yang ingin belajar karena menmgiingikan suasanya yang berbeda dari sekolah pada umumnya. Adanya peserta didik yang menginginkan ijazah dan pendidikan. Program kesetaraan paket A dan B dilaksanakan pada setiap hari senim sampai kamis. Dilakukan pembelajaran pada pagi jam 08.00-10.45, umtuk kejar paket C dilaksanakan pada siang hari pukul 13.30-15.30 WIB.

Program kesetraan paket A, B dan C dilaksanakan di lingkungan SKB dan mempunyai ruangan masing-masing. Ruangannya sangat strategis dan sarana prasanapun terpenuhi tetapi dalam pelaksanaan proses pembelajaran kejar paket terkendala dengan kondisi peserta didik yang cenderung kurang perhatian dari keluar sehingga dalam proses pembelajaran memerlukan pendekatan yang ekstra untuk mendampingi pembelajarannya. Selain memerlukan pendampingan peserta didik juga memerlukan motivasi yang tinggi sebagai penyemangat untuk mengikuti pembelajaran, ini dikarenakan peserta didik berasal dari anak jalanan.

Pengelolaan yang dilakukan diSKB dilaksanakan sesuai tugasnya masing-masing karena setiap pegawai atau tutor mempunyai tugas dan peranannya. Untuk kesetaraan diProgram kesetaraan paket A, B dan C berjalan dengan baik karena programnya terstruktur dan tertata agar dalam

  1. Keaksaraan Fungsional

Keaksaraan fungsional merupakan suatu bentuk pendekatan strategi belajar dalam upaya memberantas buta aksara yang ada. KF ini dilaksanakann pada 5 RW di Daerah Cemorokandang yang dibagi menjadi 5 pos. Peserta didik terdiri dari warga 5 RW di Cemorokandang sedangkan Tutor merupakan hasil pilihan dari SKB Kota Malang yang bertugas membantu terlaksanaanya program KF dalam proses pembelajaran. Terlaksananya progran KF ini di karena adanya masyarakat di daerah Cemorokandang yang masih banyak mengalami buta aksara. Adapun proses pembelajarannya dilaksanaan 10 kali pertemuan selama bulan Juni 2014 dengan kontrak pembelajaran yang hari dan waktunya di sesuaikan dengan peserta didik atau peserta didik.

Program Keaksaraan Fungsional di daerah Cemorokandang baru mulai berjalan dan termasuk dalam program KF di SKB Kota Malang yang tidak berkelanjutan. Kondisi dari sarana dan prasaranya sangatlah sederhana dan minimalis sekali. Tempat yang digunakan untuk pembelajaran masih sukarela dari rumah warga itu sendiri yang sadar akan pemberantasan buta aksara. Media yang digunakan dalam pembelajaran KF masih sederhana tetapi dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik. Partisipasi dari peserta didik itu sendiri sangat baik karena antusias dari peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sangat baik. Potensi dari tutor itu sendiri dari berbagai bidang seperti tutor PAUD, tutor Kesetaraan dan dari berbagai bidang lain serta ada pula tutor dari mahasiswa PLS dari Universitas Negeri Malang.

  1. PAUD

Program PAUD di SKB Kota Malang dibagi menjadi 3 satuan diantaranya adalah Play Group, Kelompok Belajar dan Taman Kanak-kanak. Pelaksanaan program PAUD dilaksakan pada hari senin hingga jumat pukul 08.00-10.00. Kelompok belajar adalah salah satu bentuk pendidikan pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan pada jalur pendidikan nonformal bagi anak usia 2-6 tahun. Salah satu penyelenggaraan kelompok bermain di Kota Malang adalah KB Permata Hati. KB Permata Hati berada dilingkungan UPT SKB Jalan Laksda Adi Sucipto No.30. Ada beberapa program di KB Permata Hati, yaitu salah satunya adalah ptogram parenting. Dalam hal ini peran orangtua sangat penting sebagai mitra sekolah dalam proses belajar mengajar dan perkembangan anak. Pada setiap pertemuan guru akan mengoinformasikan rencana kegiatan dan hasil belajar anak kepada para orangtua atau wali murid.

  1. PKH
  • Otomotif

Pelatihan tentang teknik reparasi kendaraan bermotor dan teknik permesinan. Pelaksanaan pelatihan ini berada di lokasi SKB Kota Malang. Peserta didiknya adalah masyarakat yang membutuhkan atau biasanya anak jalanan yang diambil dari Dinas Sosial. Pelatihan otomotif berjalan ketika peserta didik telah mencukupi kuota yang dibuat pihak SKB. Adanya program pelatihan ini membantu peserta didik dalam mengembangkan ketrampilannya. Pelaksanaan pelatihan otomotif berlangsung secara kontinu sesuai dengan target yang diharapkan tutor. Pertemuan pelatihan seminggu sekali atau seminggu dua kali bahkan satu bulan bergantung kebutuhan peserta didik.

  • Tatabusana, Salon, dan Tataboga

Pelatihan mengenai teknik menjahit, bersalon, ataupun memasak. Pelaksanaan pelatihan ini berada di SKB Kota Malang. Peserta didiknya adalah masyarakat yang membutuhkan pelatihan atau bahakan peserta didik yang dari Dinas Sosial ruang lingkup Kota Malang. Pelatihan berlangsung sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh SKB, namun biasanya menyesuaikan kuota yang disesuaikan oleh SKB. Program ini sangat membantu peserta didik dalam pengembangan SDM yang berupa kecakapan. Pelaksanaan pelatihan ini berlangsung terjadwal dalam 1 minggu sekali dengan target berupa peserta didik yang dinyatakan berhasil.

File lengkap silahkan download di bawah ini, silahkan login terlebih dahulu. tinggalkan jejak komen.

  COVER Laporan PPL PLS UNESA 2015 di SKB Kota Malang (148,6 KiB, 0 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

  ISI Laporan PPL PLS UNESA 2015 di SKB Kota Malang (3,5 MiB, 2 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

Laporan PPL PLS UNESA disusun oleh:

SyarifahEkaRosdiana (12010034003)
GunawanAinurRosyid (12010034007)
NoviantoRifanPrasetyo (12010034008)
Elsa NoveliaPutriLarasati (12010034009)
InnayahAtikaPutri (12010034019)
Muhammad Imam Mashudi (12010034035)
MirzaAribowoSamhadiPranoto (12010034212)
Gita Amanda Jesika (12010034230)

Dikirim ke imadiklus.com oleh Gita Amanda Jesika PLS UNESA

COMMENTS

WORDPRESS: 0