Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah UNM (LDKM PLUS) 2013

0
Dibaca 4.944

SPANDUK LDKM_HITAM

Lembaga perguruan tinggi tidak hanya sebagai tempat pengembangan manusia yang berintelektual, namun juga sebagai pengembangan jiwa sosial kemasyarakatan. Terlihat dengan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Pertama, pendidikan berfungsi untuk membentuk manusia yang berintelektual yang berguna bagi nusa dan bangsa. Kedua, penelitian berfungsi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang observasi yang menunjang keahlian mahasiswa dalam bidang tertentu. Ketiga, pengabdian pada masyarakat yang berfungsi untuk membentuk serta mengembangkan jiwa sosial para mahasiswa.

Pendidikan dalam lembaga perguruan tinggi tidak jauh berbeda dengan pendidikan dalam dunia perkuliahan di perguruan tinggi. Pendidikan dalam berlembaga dirasakan menunjang dalam proses memperoleh ilmu dalam perguruan tinggi. Pendidikan akan dirasakan lebih lengkap dan meresap ketika diseimbangkan dengan pelatihan-pelatihan. Karena pendidikan dan pelatihan mempunyai tujuan yang sama yaitu menambah dan memperlengkap pengetahuan, sikap, dan dan keterampilan seseorang.

Lembaga kemahasiswaan adalah salah satu wadah dimana beberapa fungsi mahasiswa bisa diaplikasikan dalam pengabdian baik dalam internal maupun eksternal kampus. Sebagai “kawah candradimuka”nya mahasiswa, kampus merupakan basis sekaligus sumber potensi intelektual muda yang nantinya akan menentukan kemana arah bangsa ini.

Perubahan sosial ditubuh HIMAPLUS FIP UNM yang selalu diwarnai  konflik yang mengarahkan asumsi kita pada pokok persoalan yang melanda, yakni krisis kepemimpinan. Persoalan kepimipinan menyebabkan Lembaga yang menaungi Intelektual-intelektual muda menjadi patahan-patahan yang kontra-produktif terhadap perkembangan kebutuhan mahasiswa.

Dalam usianya sekarang ini HIMAPLUS FIP UNM harusnya kembali berbanah, kematangan berpikir dan berproses pengelolaan manajemen haruslah betul-betul sesuai dengan kebutuhan organisasi. Dalam peta gerakan Mahasiswa kesehatan secara nasional, HIMAPLUS FIP UNM terlebih itu lembaga-lembaga kemahasiswaan di UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR saat ini harus bisa melihat fenomena-fenomena kepemimpinan yang berkembang saat ini baik dalam konteks regional maupun nasional. Sebagai lembaga kemahasiswaan HIMAPLUS seyogyanya melakukan rekonstruksi dalam hal pengkaderan untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin bangsa kedepan. Maka dari itu melalui latihan dasar kepemimpinan sampai dengan pendidikan dan latihan manajemen kepemimpinan organisasi dimana keduanya terintegrasi dalam satu proses pengkaderan calon pemimpin bangsa dan negara yang bertanggung jawab,arif dan bijaksana sebagai salahsatu perwujudan dari nilai integritas.

Berangkat dari hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah  dalam hal ini bidang Pendidikan dan Pelatihan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDK) tahun 2013 guna mempersiapkan jebolan intelektualitas muda yang matang akan jiwa kepemimpinannya dalam mengelolah organisasi maupun lembaga kemahasiswaan serta mampu mencipitakan perbedaan karakter kepemimpinan yang tidak menoton demi progresifitas dan perbaikan tatanan sosial untuk mewujudkan nilai-nilai integritas dalam kehidupan kampus yang demokratis.

 A.     Tema Kegiatan

Adapun tema dari kegiatan ini adalah “OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA; UPAYA PEMBENTUKAN YANG IDEOLOGIS DAN INTELEKTUAL”.

 B.     Tujuan Kegiatan

Adapun Tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Memberikan wawasan  kepada mahasiswa tentang perkembangan aktual bangsa.
  2. Memberikan pengetahuan dan menumbuhkan bibit kepemimpinan kepada mahasiswa.
  3. Memberikan pemahaman   lebih kepada mahasiswa tentang seluk-beluk organisasi dan manajemen. 
  4. Membekali mahasiswa dengan wawasan, sikap dan keterampilan untuk mengkoordinir sebuah organisasi.
  5. Terbentuk pemimpin mahasiswa yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap lingkungan sosial, mampu memperbaiki dan dapat melindungi masyarakat.
  6. Mampu berdiskusi/bertukar pikiran dengan sikap ilmiah.

 C.      Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan LDKM diadakan pada tanggal 11 s.d 13  Oktober 2013 bertempat di Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa.

 D.     Bentuk Kegiatan

Adapun bentuk dari kegiatan LDKM ini adalah :

  1. Pemberian materi
  2. Diskusi kelompok
  3. Outbond

 

Dikirim Oleh PLS UNM 

Hasmaniati E <e.hasmaniati@yahoo.com>

 

Tinggalkan Balasan