LDKM PLS FIP UNM 2015

0
Dibaca 1.099

SINTESA (September Intelektual dan Temu Sambut) Mahasiswa Baru, begitulah sebutan bulan bagi para mahasiswa baru yang telah menginjak kakinya di dunia kampus, dunia penuh tantangan sebagai peserta didik yang telah belajar dari umur 5/6 tahun. Kenapa SINTESA? Karena penerimaan mahasiswa baru selalu jatuh pada bulan September.

Ceremonial bagi lembaga tingkat jurusan terhadap mahasiswa barunya adalah dengan mengadakan kegiatan LDKM (latihan dasar kepemimpinan mahasiswa), kegiatan ini merupakan salah satu program kerja wajib dalam periode kepengurusan lembaga tingkat jurusan atau biasa dikenal dengan HIMA/HMJ, berbagai metode, berbagai kegiatan, berbagai inovasi tentunya dibuat oleh teman-teman HIMA/HMJ dalam mendesain kegiatan LDKM semenarik mungkin agar mahasiswa baru benar-benar merasa bahwa kegiatan ini wajib mereka ikuti.

Hal itulah yang dilakukan oleh teman-teman di HIMAPLUS FIP UNM (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas        Negeri Makassar). Kegiatan LDKM tentunya didesain sedemikian rupa atas rembukan dengan berbagai pihak, karena merupakan salah satu kegiatan terbesar bagi HIMAPLUS, karena melalui LDKM teman-teman mahasiswa baru tentunya akan merasakan banyak hal, seperti: pengalaman, ilmu yang tidak dengan mudah mereka lupakan.

Kegiatan LDKM PLS FIP UNM diadakan di salah satu Kabupaten di Sul-Sel, yaitu Kabupaten Takalar kurang lebih 1 setengah jam sampai dengan 2 jam dari Makassar menuju lokasi. Jumlah mahasiswa baru angkatan 2015 berjumlah 31 orang dengan latar belakang dari berbagai daerah, dari yang terjauh yaitu Jakarta Timur sampai yang terdekat yaitu Makassar sendiri. Ketika ditanya terkait alasan mengikuti kegiatan LDKM, tentunya lahir berbagai alasan yang mereka nyatakan sehingga kedengaran ilmiah dan bahkan terkadang lucu. Dan juga ketika ditanya terkait alasan memilih jurusan PLS, lahir berbagai alasan juga dan yang paling menarik bagi saya adalah alasan yaitu “saya tidak tahu apa-apa kak, hanya ikut apa kata kakak”. Tepuk jidat aku dengernya, kode keras juga buat teman-teman yang ada pada waktu itu terutama bagi saya.

Kegiatan yang berlangsung 3 hari 2 malam ini diisi dengan berbagai acara, mulai dari materi, games, dan outbond. Materi-materi yang diberikan juga telah diatur sedemikian rupa oleh pihak steering commite dan dibawakan oleh orang-orang luar biasanya PLS sehingga para peserta LDKM tidak merasa bosan mengikuti kegiatan ini. Kegiatan SINTESA ini tidak hanya sekedar 3 hari 2 malam ini saja, masih ada lanjutan dari kegiatan ini yaitu dinamakan BINA AKRAB yang akan diadakan 2 minggu setelah kegiatan ini, didengar dari namanya tentu intinya adalah mempererat silaturahmi antar mahasiswa PLS, terutama bagi mahasiswa baru dengan para seniornya.

Dikirim Oleh
Hasmaniati (PLS FIP UNM)
hasmaniatiplsfipunm@gmail.com

Tinggalkan Balasan