LESTARIKAN BAHASA JAWA KRAMA, DONG?

Pertama penulis ingin memaparkan terlebih dahulu apa itu bahasa? Bahasa adalah alat komunikasi yang memungkinkan orang memberi dan menerima pesan dari...

Hilangnya Eksistensi Kebudayaan Asli Indonesia di Tengah Era Modernisasi
Antropologi Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal

Pertama penulis ingin memaparkan terlebih dahulu apa itu bahasa? Bahasa adalah alat komunikasi yang memungkinkan orang memberi dan menerima pesan dari orang lain. Nah, yang akan dibahas kali ini yaitu Bahasa kita tercinta, Bahasa Jawa. Bahasa Jawa menurut penulis adalah bahasa yang paling baik, dimana di dalam Bahasa Jawa terdapat tingkatan, salah satunya adalah Bahasa Jawa Krama yang digunakan untuk berbicara oleh orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua atau orang yang kita hormati. Nah, dari hal tersebut sangat jelas kan jika di dalam Bahasa Jawa Krama terdapat nilai kesopanan dan unggah-ungguh yang bisa membentuk pribadi seseorang yang sopan dan santun. Bahasa Jawa Krama merupakan warisan leluhur  yang tak ternilai harganya yang secara turun temurun diwariskan kepada generasi baru yang berlangsung secara terus menerus dan dilestarikan . Berbahasa Krama itu menunjukkan sopan santun dan kepribadian luhur masyarakat Jawa.

Namun sayangnya yang bisa kita lihat sekarang penggunaan Bahasa Jawa Krama di kalangan anak sudah sangat jarang. Pada saat ini yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah Bahasa Ngoko (kasar) dan Bahasa Indonesia, sedangkan Bahasa Jawa Krama mulai terkikis. Anak tidak lagi memperhatikan unggah-ungguh basa terhadap orang yang lebih tua seperti kepada orang tuanya, guru, dan msyarakat. Kok bisa ya? Kenyataan pada saat ini penggunaan bahasa Jawa Krama pada anak kurang mendapat perhatian dari orang tua. Jika kasus ini berlangsung terus menerus maka Bahasa Jawa Krama akan terlupakan dan generasi-generasi baru tidak lagi menggunakan bahasa peninggalan leluhur.

Selengkapnya download file di bawah ini, jangan lupa tinggalkan jejak komentar.

  File LESTARIKAN BAHASA JAWA KRAMA, DONG? (204,8 KiB, 0 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

COMMENTS

WORDPRESS: 0