Linikmatin: Harapan untuk Pendidikan Luar Sekolah

0
Dibaca 564

Linikmatin: Harapan untuk Pendidikan Luar Sekolah. Pendidikan Luar Sekolah atau PLS merupakan salah satu jurusan dalam bidang ilmu sosial yang mencakup mengenai pendidikan di luar jalur formal (sekolah) diantaranya Pendidikan Non-formal serta Pendidikan Informal. Selama ini masih banyak dari masyarakat yang belum memahami atau bahkan mengetahui mengenai apa sebenarnya jurusan Pendidikan Luar sekolah itu. Sebenarnya PLS ini juga tak kalah pentingnya dengan pendidikan yang berada di jalur formal (sekolah). PLS disebut-sebut sebagai pelengkap dari pendidikan formal itu sendiri dengan maksud, PLS ini melengkapi apa yang tidak di ajarkan secara mendetail di sekolah misalnya sopan santun, adab, norma, kasih sayang, dan lain sebagainya.

Kemajuan suatu bangsa yang pertama sangat ditentukan oleh pendidikan dari bangsa itu sendiri. Proses belajar yang didalamnya mengandung pendidikan, bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja tanpa mengnal batas tempat, waktu dan usia. Itu artinya, sebenarnya ruang lingkup PLS menjadi lebih luas dari pada pendidikan formal.

Seperti yang kita ketahui bahwa negara Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Tetapi belum mampu mengelolah dengan baik kekayaan sumber daya alam tersebut karena keterbatasan kemampuan sumber daya manusia. Harapan saya bagi PLS sendiri kedepannya ialah PLS lebih bisa dikenal lagi oleh masyarakat, mampu membantu kemajuan pendidikan yang ada di Negara Indonesia, mampu meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia, bisa membantu mencapai tujuan bangsa yang sejahtera, serta menciptakan masyarakat yang berpendidikan.


Penulis:

Linikmatin Ainun Nafiah
PLS UNESA 2016

Tinggalkan Balasan