Liputan: Kunjungan Lapangan PNF UNESA (BANDUNG-JOGYA)

0
Dibaca 1.434

Beberapa waktu lalu tepatnya pada hari Senin, 4 Mei 2015 Mahasiswi PNF UNESA angkatan 2013 melakukan kunjungan ke LPP ARIYANTI, PP-PNFI, SEKOLAH PELOPOR ALAM sekaligus ke UPI dan UNY.

Pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB seluruh mahasiswa PNF Angkatan 2013 UNESA sudah berkumpul di depan kampus FIP bersiap memasuki bus yang sudah siap mengantar menuju tempat tujuan. Perjalanan kami awali dengan berdoa, setelah itu bus meluncur siap menemani perjalanan.Tak terasa hari sudah siang, perut sudah keroncongan, rombongan pun singgah di Rumah Makan Wahyu Utama, Tuban. Setelah perut terisi perjalanan dimulai lagi. Sepanjang perjalanan kadang perasaan bosan, dan capek menghampiri, tetapi itu semua tergantikan oleh indahnya senja di Kota Semarang, dengan jalan yang cukup membuat badan bergoyang. Kemudian Makan malam di Rumah Makan Kurnia-Kendal.

Harike dua. Pagi hari diawali dengan mandi lalu sarapan di Restoran Simpang Raya. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju LPP Ariyanti. Siang hari rombongan sampai di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Ariyanti, disana rombongan disambut dengan sangat ramah. Setelah itu rombongan dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok dipandu oleh 2 orang yang siap menjelaskan setiap kegiatan yang ada di LPP Ariyanti sambil melihat langsung kegiatan yang ada dan apabila ada hal yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan kepada pemandu.

Di Ariyanti terdapat program kewanitaan yaitu:

  • Tata Kecantikan Rambut
  • Tata Kecantikan Kulit
  • Tata Rias Pengantin
  • Tata Busana

Sedangkan Program satu tahun siap kerja terdapat jurusan:

  • Komputer Akutansi
  • Komputer Aplikasi Bisnis
  • Komputer Keuangan & Perbankan
  • Sekretaris
  • Administrasi Perkantoran
  • Perhotelan
  • Tours & Travel

Setelah mahasiswa melihat langsung kegiatan yang ada di LPP Ariyanti, kemudian diarahkan menuju Aula. Pertama sambutan oleh pengelola LPP Ariayanti dan sambutan dari Pak Widodo selaku dosen pendamping UNESA. Dari LPP Ariyanti bisa diambil ilmu bahwa untuk mencapai kesuksesan butuh bantuan orang lain atau tim sesuai dengan motto Ariyanti yaitu “Be the Best with Ariyanti TEAM Together Everyone Achieves More”. Bisa diambil hikmah bahwa semua yang indah itu diawali dengan masa sulit dulu. LPP Ariyanti ini dulunya hanya berupa salon. Tetapi dengan semangat dari Bu Ariyanti dan teman-temannya (tim) untuk memajukan LPP ini akhirnya bisa berkembang seperti saat ini.

Kemudian perjalanan dilanjutkan ke PP-PAUDNI. Di Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal (PP-PAUDNI) ini di paparkan mengenai mengapa ada PLS? Struktur Organisasi Kemendikbud, Struktur Organisasi PP PAUDNI, dll. Dari PP-PAUDNI jadi tahu karena kondisi realitas kehidupan yang ingin diperbaiki mulai dari anak-anak hingga dewasa maka ada PLS. Tiga program utama dari PP-PAUNI yaitu PAUD, Kursus, dan Pendidikan Masyarakat.

Perjalanan dilanjutkan ke Hotel Chihampelas untuk beristirahat. Malam hari kami dibebaskan untuk berkeliling Bandung selama masih berkelompok.

Hari ketiga. Pagi hari rombongan sudah bersiap untuk sarapan di hotel dan check out. Kemudian perjalanan menuju ke Sekolah Alam Pelopor. Sekita rpukul 10.00 WIB rombongan sampai di Sekolah Alam Pelopor. Rombongan disambut dengan sangat hangat kemudian dipandu untuk berkeliling di area sekolah alam pelopor. Setelah itu rombongan diarahkan ke aula. Acara sambutan dan beberapa penjelasan mengenai Sekolah Alam Pelopor. Motto dari Sekolah Alam Pelopor ini WE ARE GROWING TO BE BETTER TOGETHER (Bersama Kita Tumbuh Menjadi Lebih Baik) dengan motto ini Sekolah Alam Pelopor ini terus berusaha menjadi yang terbaik. Terdapat tiga pilar pelopor yaitu berdasarkan PLS, kreatifitas, dan kemandirian. Di sekolah alam pelopor pembelajarannya menggunakan metode BCCT, apa itu metode BCCT? Metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) yakni, konsep belajar dimana guru-guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Di sekolah alam peloporter dapat beberapa sentra. Waktu rombongan ke sekolah alam pelopor ini dibagi 7 kelompok untuk observasi langsung dengan syarat tidak boleh berkomunikasi dengan anak, guru maupun teman sendiri.

Sentra yang diobservasiyaitu:

  1. Sentra Memasak
  2. Sentra Senidan Kreatifitas
  3. Sentra Bermain Peran
  4. Sentra Bahan Alam
  5. Sentra Persiapan
  6. Sentra Balok
  7. Sentra Ibadah.

Sekolah Alam Pelopor tergolong “unik” karena pembelajarannya dilakukan dengan suara yang pelan, bunda (guru) memanggil muridnya dengan panggilan “teman”. Jadi sejak kecil anak-anak dibiasakan untuk saling menghargai satu sama lain, menanamkan rasa percaya diri pada mereka, dan mengembangkan potensi yang ada pada anak menjadi kompetensi.

Perjalanan dilanjutkan ke UPI. Sekitar pukul 14.00 WIB rombongan sampai di UPI. Disana rombongan di sambut dengan sangat ramah oleh teman-teman PLS UPI. Kami langsung di arahkan menuju Aula. Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PLS UPI kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan tarian yang dibawakan dua orang penari. Setelah itu beberapa sambutan. Departemen Pendidikan Luar Sekolah Universitas Pendidikan Indonesia ini berada dibawah naungan Laboratorium PLS. PLS UPI memiliki fokus kajiannya,

Fokus kajiannya meliputi:

  1. Kesetaraan
  2. Keaksaraan
  3. Life skill
  4. PKBG

Diakhir acara rombongan foto bersama. Setelah itu berpamitan untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Surabaya. Malam hari rombongan mampir di Cibaduyut, untuk membeli oleh-oleh disana. Setelah puas berkeliling di Cibaduyut dan berbelanja rombongan melanjutkan perjalanan. Untuk mengisi energy yang mulai melemah rombongan makan malam di salah satu restoran yang ada. Kemudian lanjut lagi perjalanan menuju Yogya.

Hari keempat. Pagi hari diawali dengan sarapan serta mandi di salah satu restoran. Kemudian perjalanan ke UNY. Sekitar Pukul 11.00 WIB rombongan sampai di UNY. Rombongan disambut dengan sangat baik. Rombongan diarahkan untuk melihat museum UNY dengan dipandu oleh beberapa pemandu. Museum disini sangat bagus dan dijelaskan secara detail dan terstuktur setiap kejadiannya dan rombongan juga bisa melihat lukisan karya mahasiswa. Kemudian rombongan diarahkan keruangan film untuk melihat film bersama.

Perjalanan berlanjut menuju Surabaya tapitak lengkap rasanya kalau sudah ke Yogja tidak membeli bakpia. Untuk itu, rombongan mampir kesalah satu pusat oleh-oleh. Setelah puas belanja makanan ringan rombongan kembali melajutkan perjalanan. Sepanjang perjalanan Pulang rombongan banyak yang tidur karena memang tidak bisa bohong bahwa perjalanan beberapa hari ini menguras energi. Tak terasa jum’at sekitar pukul 02.30 WIB rombongan sampai di kampus UNESA.

Melalui kunjungan lapangan ini di harapkan dapat menambah wawasan mahasiswa agar nantinya dapat meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa PNF UNESA. Memang dalam hidup ini pasti terdapat masalah. Tetapi setiap masalah itu dilengkapi dengan solusinya. Untuk itu Mahasiswa harus siap menghadapi semua masalah yang sedang dihadapi atau yang akan dihadapi. Melalui kunjungan lapangan ini diharapkan juga mahasiswa lulusan PNF nantinya dapat bekerja sesuai dengan jurusan PNF. Untuk menjadi orang sukses itu kuncinya semangat. Kemudian mulailah dengan menetapkan visi hidup dan action. Semua butuh proses bahwa gagal itu hal yang wajar tapi semangat untuk bangkit lagi harus tetap membara dalam hati. Upz, ini sebuah motivasi  🙂 

Foto-foto kegiatan kunjungan lapangan PNF UNESA 4 Mei 2015:

Kunjungan Lapangan PNF UNESA 2015 foto 1

Kunjungan Lapangan PNF UNESA 2015 foto 2

Liputan ini dikirim oleh
Rinawati Rafi’ah
PNF UNESA
email: rinawatirafiah41@gmail.com

Tinggalkan Balasan