LOMBA 4M dan LOMBA MEWARNAI PLS UNM 2015

Kuliah Kerja Nyata-Program Praktek Lapangan (KKN-PPL) Terpadu Ang. XI Universitas Negeri Makassar yang ditugaskan dan mengabdi di Dinas Pendidikan, Pe...

IMPACT 2016 (Indonesia Most Particularly Essay Competition)
Pelatihan Public Speaking (Let’s To Be A Good Public Speaker 2016) PLS UNJ

Kuliah Kerja Nyata-Program Praktek Lapangan (KKN-PPL) Terpadu Ang. XI Universitas Negeri Makassar yang ditugaskan dan mengabdi di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) Kabupaten Pinrang Sulawesi-Selatan adalah sebuah bentuk pengabdian bukan hanya untuk masyarakat namun juga sekaligus melakukan praktek lapangan dengan jangka waktu 3 bulan. Salah satu program kerja PPL yang diajukan kepada DIKPORA khusus bagian Pendidikan Luar Sekolah kepada Kepala Bidang PLS yang dibagi menjadi beberapa Seksi yang salah satunya adalah Seksi Pendidikan Anak Usia Dini yakni Lomba 4M (Menggambar, Mewarnai, Menggunting, dan Membentuk) untuk anak usia Taman Kanak-kanak (TK) dan Lomba Mewarnai untuk anak usia Kelompok Belajar (KB).

            Kegiatan ini diajukan oleh UPTD DIKPORA Kec. Watang Sawitto bekerja sama dengan IGTKI Kab. Pinrang, melihat masih banyaknya sekolah yang tidak menerapkan model pembelajar baru 4M tersebut yang mecakup semua aspek perkembangan pengetahuan anak dan tercantum dalam kurikulum 2013, ini juga menjadi ancanga-ancang ketika hal tersebut akan benar-benar diterapkan.

Ada pun tujuannya membukan kreatifitas anak didik dalam mengembangan pengetahuan dan hal baru dalam jiwa anak untuk dapat di eksplor dalam bentuk 4M, sehingga ini dilombakan dan dapat menjadi sebuah inspirasi untuk dapat mengembangkan kecerdasannya serta dapat bersaing secara sehat dengan teman-teman lain dari setiap sekolah.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 Sekolah Se-Kecamatan Watang Sawitto yang terbagi atas 17 Taman Kanak-kanak (TK) dan 3 Kelompok Bermain yang sempat mengikuti kegiatan lomba ini. Adapun item lomba yang ada 2 yakni lomba 4M dan lomba mewarnai. Untuk lomba 4M maksimal peserta yang dapat mengikuti lomba ini adalah 3 orang dan untuk lomba mewarnai pesertanya hanya untuk 1 anak saja.

Jumlah peserta yang mengikuti lomba 4M adalah sebanyak 51 orang dan untuk lomba Mewarnai karena ada beberapa sekolah yang membawa serta anak didik 2 orang dan untuk pesertanya sedikit kurang sehingga ada yang menambahkan anak didik dari sekolahnya, jadi untuk peserta lomba Mewarnai diikuti oleh 6 peserta.

Kemeriahan kegiatan ini karena diikuti oleh beberapa sekolah yang ada di Kec. Watang Sawitto Kab. Pinrang Sulawesi Selatan dan ini menjadi ajang silatirahmi antar beberapa sekolah yang ada kecamatan tersebut. Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Seksi PAUD Bidang PLS DIKPORA Kabupaten Pinrang, ketua IGTKI Kab. Pinrang dan dibuka oleh kepala UPTD DIKPORA Kec. Watang Sawitto. Sebagai Tim Juri untuk lomba ini diundang dari DIKPORA sendiri 2 orang dan satu orang dari Seksi PAUD Bidang PLS DIKPORA Kab. Pinrang.

Suatu kepuasan tersendiri bagi kami panitia pelaksana kegiatan KKN-PPL Terpadu Ang. XI UNM yang telah melaksanakan kegiatan ini, karena anak-anak dan beberapa sekolah antusias menyambut baik kegiatan ini. Semoga program kerja lainnya dapat pula berjalan sejalan dengan program ini.

Diyan Hardianti Ilyas (PLS UNM 2012) Sedikit membagi kegiatan kami… 

Salam rindu untuk Para pendidik Luar Sekolah

Kita berbeda *_^

Foto Kegiatan:

Lomba mewarnai PLS UNM 1

Lomba mewarnai PLS UNM 2

Dikirim melalui email oleh:
Hasmaniati
PLS FIP UNM

Email: hasmaniatiplsfipunm@gmail.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0