Lulus dari Pendidikan Luar Sekolah mau kemana ?

Harapan Setelah Lulus dari PLS

Tibalah saat dimana akan dilaksanakan pendaftaran online masuk perguruan tinggi atau yang disebut SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi Nege...

KaryaLENPNF6_Forum Anak Sebagai Wadah Kreativitas Para Remaja Generasi Z
Analisis S.W.O.T Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (Kajian Rutin Masjid Al-Mujahidin UNY)

lidiyaTibalah saat dimana akan dilaksanakan pendaftaran online masuk perguruan tinggi atau yang disebut SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi Negeri). Sebelum itu saya banyak meminta masukan dari beberapa orang termasuk orang tua dan juga guru guru SMA. Saya harus masuk di universitas mana dan jurusan apa. Orang tua bilangnya terserah saya pokoknya sesuai minat dan juga bakat yang saya miliki. Tapi kebanyakan guru menyarankan untuk masuk di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atau Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab. Karena kebetulan pada saat SMA saya di jurusan Bahasa dan cukup menguasai kedua materi di jurusan tersebut. Tapi saya tidak memilih keduanya karena saya ingin nantinya setelah lulus kuliah terjunnya ke masyarakat langsung, mengetahui banyak tentang masyarakat dan mengetahui perkembangan perkembangan yang terjadi pada masyarakat. Akhirnya SNMPTN di pilihan pertama dan kedua saya memilih jurusan Antropologi dan Sosiologi di Universitas Airlangga Surabaya. Waktu itu saya sangat bingung untuk mengisi jurusan apa di pilihan ketiga saya. Untungnya ada salah satu guru bimbingan konseling menyarankan untuk mengambil jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Akhirnya langsung saja tidak usah berfikir panjang saya memilih jurusan Pendidikan Luar Sekolah di pilihan ketiga saya. Waktu pengumuman SNMPTN telah tiba dan ternyata saya lolos masuk di pilihan ketiga saya yaitu Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya. Padahal saya sama sekali tidak mengetahui apa itu Pendidikan Luar Sekolah dan apa prospek kerjanya.

Setelah masuk kuliah awal, saya baru mengetahui apa itu PLS dan apa prospek kerjanya. Dan ternyata PLS itu nantinya akan terjun ke masyarakat. Selama kuliah juga membelajari banyak tentang masyarakat. Semua itu sesuai keinginan awal saya. Akhirnya saya sangat bersemangat kuliah di jurusan PLS, sangat enjoy dengan jurusan PLS dan sangat bangga juga dengan jurusan PLS. Kuliah telah berjalan beberapa minggu dan saya telah memiliki tujuan kemana nantinya saya setelah lulus dari jurusan PLS. Yang paling utama adalah saya ingin mengabdi kepada masyarakat tentunya yaitu :

  • Membangun LBB di kecamatan dimana tempat tinggal asal saya, karena belum ada satupun LBB disana.
  • Mengajar kepada anak anak atau masyarakat yang belum tersentuh oleh pendidikan formal.

 

Lidiya Hasanah

Pendidikan Luar Sekolah

Univeritas Negeri Surabaya 2016

COMMENTS

WORDPRESS: 0