Lulus Pendidikan Luar Sekolah untuk Pengabdian Masyarakat?

0
Dibaca 332

Lulus Pendidikan Luar Sekolah untuk Pengabdian Masyarakat?. Assalamualaikum Wr.Wb. Perkenalkan nama saya Tri Laksito Jati Pamungkas dari kelas PLS’17 A Universitas Negeri Surabaya. Kali ini saya akan membahas materi dengan tema “ Aku dan Harapanku di PLS ”

Saya sangat bangga bisa masuk di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya apalagi di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Meski saya masih baru di dalam jurusan ini tetapi suasana kekeluargaan dari rekan-rekan angkatan 2017 ini sangat kompak, dan yang tidak pernah saya duga-duga adalah keakraban dari kakak-kakak tingkat di jurusan PLS sangat ramah dan mau bergabung untuk bercengkrama, terutama para kakak-kakak tingkat di Himpunan Mahasiswa Jurusan PLS Universitas Negeri Surabaya yang cukup sabar dan sangat baik kepada kami para mahasiswa baru.

Alasan saya masuk di Pendidikan Luar Sekolah karena saya menganggap bahwa Pendidikan Luar Sekolah mempunyai peranan yang sangat penting terhadap kehidupan di masyarakat, apalagi jika dilihat dari riwayat pendidikan semasa di Sekolah Menengah Atas saya mengambil jurusan Ilmu Ilmu Sosial yang isi atau materi yang akan di ujikan di Pendidikan Luar Sekolah tidak terlampau jauh dari jurusan SMA saya atau paling tidak saya mengetahui dasar dasarnya pendidikan sosial, kemudian yang saya ketahui dari jurusan PLS ini bahwa prospek masa depan melalui jurusan ini sangat luas. Dan saya mengetahui jurusan Pendidikan Luar Sekolah ini saya dapat dari kakak saya yang kebetulan juga mahasiswi dengan jurusan Pendidikan Luar Sekolah, sehingga jika ada sesuatu hal yang tidak saya mengerti saya bisa menanyakan kepada kakak saya tersebut.

Harapan saya masuk di Pendidikan Luar Sekolah agar saya dapat mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang di berikan oleh dosen maupun hasil diskusi dengan teman kelompok, teman kelas, ataupun kakak-kakak tingkat untuk dijalankan selama masa kuliah. dan yang paling penting saya harus mampu menjadi mahasiswa yang benar-benar mahasiswa, meskipun saya masih mahasiswa baru dan masih canggung untuk mengemukakan pendapat tetapi saya terus berusaha untuk menjadi yang lebih baik lagi agar saya mampu beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan maupun cara berfikir dari mahasiswa. Harapan lain yang saya inginkan di jurusan ini saya dapat mempunyai cara pandang dan cara berpikir yang kritis,kreatif, dan tanggung jawab dalam menghadapi semua masalah yang terjadi di dunia perkuliahan maupun di lingkungan masyarakat suatu saat nanti.

Harapan saya jika sudah lulus dari Pendidikan Luar Sekolah saya ingin mengabdi kepada bangsa dan negara dengan cara saya sendiri misalnya saya bekerja sama dengan para masyarakat yang mengetahui tentang seluk beluk pendidikan luar sekolah untuk diajak bersama-sama membangun indonesia yang semakin kuat dan menjadi negara yang mempunyai tingkat pendidikan yang lebih baik, dapat membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan seperti pengamen,pengemis atau peminta-minta untuk diberikan penyuluhan agar tidak menjalani kegiatan yang banyak dikatakan banyak orang sebagai “profesi” padahal jika di telaah kegiatan mengemis bukanlah sebuah profesi atau pekerjaan. Nah bagaimana cara kita memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang saya sebut diatas agar tidak kembali mengulangi kebiasaan mereka? Ada beberapa hal yang menjadi kunci agar mereka tidak menjalani kegiatan atau kebiasaan mereka, misalnya dengan memberikan penyuluhan akan tetapi penyuluhan sajapun tidak dapat dikategorikan berhasil,kiita harus memberikan bimbingan edukasi kepada masyarakat yang tidak bekerja agar mereka mempunyai keahlian dan mampu bersaing dengan masyarakat lain dalam mencari nafkah, setelah itu kita memberikan fasilitator agar mereka mau dan mampu menjadi masyarakat yang bisa bekerja dengan usaha dan keahlian yang ada di dalam diri setiap makhluk sosial. Jadi harapan saya setelah lulus dari Pendidikan Luar Sekolah ini saya mampu mengamalkan dan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang saya dapatkan dari kegiatan pembelajaran selama di dunia perkuliahan untuk dapat membantu perekonomian bangsa dan masyarakat. Membuat penduduk indonesia yang tidak buta huruf dan bisa memberikan maupun membantu masyarakat agar mempunyai bekal keahlian di dalam diri mereka masing-masing agar siap dan mampu untuk bekerja.

 

Penulis

Tri Laksito Jati Pamungkas
PLS UNESA 2017
email: tri.17010034010@mhs.unesa.ac.id

Tinggalkan Balasan