Lunturnya Budaya Jawa di Era Globalisasi

0
Dibaca 3.999

Budaya Jawa adalah budaya yang berasal dari Jawa dan dianut oleh masyarakat Jawa khususnya di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Budaya Jawa secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 yaitu budaya Banyumasan, budaya Jawa Tengah-DIY dan budaya Jawa Timur. Budaya Jawa mengutamakan keseimbangan, keselarasan dan keserasian dalam kehidupan sehari hari. Budaya Jawa menjunjung tinggi kesopanan dan kesederhanaan. Budaya Jawa selain terdapat di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur terdapat juga di daerah perantauan orang Jawa yaitu di Jakarta, Sumatera dan Suriname.

Wayang Kulit Salah Satu Budaya Jawa

Namun, Tahukah anda bahwa di era globalisasi ini budaya yang ada di Indonesia Khususnya di Jawa mulai terkikis, dan mulai adanya penjajahan budaya dari asing, yang sering kita kenal dengan istilah westernisasi. Westernisasi adalah sebuah arus besar yang mempunyai jangkauan politik, sosial, kultural dan teknologi. Arus ini bertujuan mewarnai kehidupan bangsa-bangsa, terutama kaum muslimin, dengan gaya Barat.

Terdengar tidak ada sopan santun lagi ya jika budaya kita dijajah oleh bangsa lain?

Memang kenyataanya sekarang ini orang jawa modern sudah jarang memakai bahasa krama dengan orang tua nya & orang yang lebih tua. Anak kecil diajari bahasa indonesia dengan orang tua nya, jadi sejak kecil dia tidak akan pernah tahu yang namanya tatakrama berbahasa dengan orang yang lebih tua bahkan orang tuanya, apa lagi masyarakat yang hidup di daerah perkotaan mayoritas mereka ber kominikasi menggunakan bahasa Indonesia sedangkan di daerah di perdesaan masih banyak yang menggunakan bahasa krama walaupun sebagian juga telah terpengaruh budaya di daerah perkotaan.

Selengkapnya download dibawah ini dengan login terlebih dahulu, jangan lupa tinggalkan jejak komentar.

  File Lunturnya Budaya Jawa di Era Globalisasi (308,6 KiB, 4 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

Tinggalkan Balasan