Mahasiswa PNF Unesa PKL Nasional di 16 Kantor PAUDNI Se-Indonesia

0
Dibaca 1.843

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah di Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa kini telah berganti nama menjadi Jurusan Pendidikan Non Formal (Non Formal Education). Perubahan nama tersebut terkait dengn Nomenklatur yang didasarkan pada Surat Edaran Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 2300/E3/2014 tanggal, 28 Mei 2014 tentang perubahan nomenklatur program studi/jurusan.

Perubahan nama itu telah disepakati oleh Ikatan Akademisi Pendidikan Nonformal Indonesia (IKAPENFI) dan Forum Komunikasi Ketua Jurusan/Prodi Pendidikan Luar Sekolah seluruh Indonesia (FORKOM KJP-PLS) pada Lokakarya Perubahan Nomenklatur Program Studi/Jurusan Pendidikan Luar Sekolah se-Indonesia yang dilaksanakan pada 26 Juni 2014 di Hotel Griyo Avi Surabaya.

Salah satu program unggulan PNF Unesa ialah Praktik Kerja Lapangan (PKL) di lembaga-lembaga pendidikan nasional di seluruh Indonesia. Program ini telah berjalan selama 4 tahun. “Dimulai pada mahasiswa angkatan tahun 2008 sampai mahasiswa angkatan tahun 2011 yang tahun sedang PKL. PKL yang dijalankan mahasiswa selama 2 bulan tersebut pada tahun ini dimulai sejak 15 September 2014 dan berakhir pada tanggal 15 November 2014 mendatang,” ujar Wiwin Yulianingsih M.Pd., Sekeraris Laboratorium PNF FIP Unesa.

Program PKL nasional tersebut dimulai dari penentuan tempat yang sudah direferensikan oleh dosen pendamping PKL, pembentukan kelompok, pengurusan izin dan administrasi ke lembaga yang dituju, pembekalan akhir selama 2 hari hingga pelepasan. Pelepasan PKL nasional tahun ini dilakukan oleh Rektor Unesa yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Drs. I Nyoman Sudarka M.S. pada tanggal 9 September 2014 di Gedung O-5 lantai 2 Auditorium FIP, Kampus Lidah Wetan Surabaya. Pada acara itu hadir juga Ketua Jurusan PNF FIP Unesa, Hj. Gunarti Dwi Lestari, Ketua Laboratorium PNF FIP Unesa, Widodo, M.Pd dan para dosen pembimbing PKL.

Tema PKL tahun ini yaitu “Tingkatkan Profesionalisme Lulusan PNF FIP Unesa dengan PKL Nasional”. Mahasiswa PKL tahun ini berjunlah 90 orang yang akan tersebar di 16 lembaga, 8 provinsi, 12 kabupaten/kota di antaranya yaitu:

  1. Ditjen PAUDNI Kemdikbud Jakarta Pusat
  2. PP-PAUDNI Regional I Bandung
  3. PP-PAUDNI Regional II Semarang
  4. BP-PAUDNI Regional II Surabaya
  5. BP-PAUDNI Regional III Makassar
  6. BP-PAUDNI Regional IV Banjarbaru
  7. BPKB Denpasar Bali
  8. BPKB D.I Yogyakarta
  9. SKB Kabupaten Trenggalek
  10. SKB Kabupaten Malang
  11. SKB Kota Malang
  12. SKB Kota Probolinggo
  13. Dinas Pendidikan Provinsi Jatim
  14. BKKBN Provinsi Jawa Timur
  15. Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur
  16. Dinas Pendidikan Kota Surabaya

 

Muammar Syaikhul Qathafi As
PNF FIP UNESA 11

amar

Tinggalkan Balasan