Makalah Kearifan Lingkungan Hidup

Makalah Kearifan Lingkungan Hidup Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Kita bern...

MK Pengembangan Partisipasi Masyarakat: MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA (MUSRENBANG RPJMDES)
Analisis S.W.O.T Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (Kajian Rutin Masjid Al-Mujahidin UNY)

Makalah Kearifan Lingkungan Hidup Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan.

Banjarnegara

Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Jika kalian berada di sekolah, lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah, bapak ibu guru serta karyawan, dan semua orang yang ada di sekolah, juga berbagai jenis tumbuhan yang ada di kebun sekolah serta hewan- hewan yang ada di sekitarnya. Adapun lingkungan abiotik berupa udara, meja kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan berbagai macam benda mati yang ada di sekitar.

Alam yang indah dan lestari merupakan jaminan bagi kelangsungan hidup manusia dan segala lapisan kehidupan yang ada di dalamnya. Untuk menjamin kelangsungan hidu kita dan generasi mendatang diharapkan agar tetap memiliki kehidupan dan lingkungan dalam suasana yang baik dan menyenangkan. Banyak hal dilakukan untuk menjamin kelangsungan hidup kita di muka bumi ini, setidaknya kita harus merubah sikap dalam memandang dan memperlakukan alam sebagai hal bukan sebagai sumber kekayaan yang siap diekspoloitasi kapan dan diman saja.

Walaupun alam tidak memilki keinginan dan kemampuan aktif-eksploitatif terhadap manusia, perlahan tapi pasti apa yang terjadi pada alam baik itu secara langsung maupun tidak langsung akan terasa efeknya bagi kehidupan manusia. Lingkungan yang indah da lestari membawa pengaruh positif bagi kesehatan dan bahkan keselamatan manusia. Begitu juga sebaliknya, apabila lingkungan rusak dan terancam punah akan membawa dampak yang buruk bagi manusia.

Menurut survey Environmetal Performance Index (EPI) 2008 dari Universitas Yale, Indonesia kini berada di urutan ke 102 dari 149 negara yang berwawasan lingkungan, sedangkan Malaysia menempati peringkat 26, jauh lebih baik dari Indonesia.

Seperti dengan diselenggarakannya KTT Bumi, Protokol Kiyoto, dlsb. Bahkan beberapa negara yang masih memanfaatkan bahan bakar fosil, berusaha mengurangi efek rumah kaca dengan menggunakan bahan bakar gas alam yang secara ekonomis sangat kompetitif bila dibandingkan dengan penggunaan minyak bumi atau batubara. Hanya sebenarnya gas alam juga tetap menimbulkan CO2, tetapi lebih sedikit bila dibandingkan dengan penggunaan minyak bumi dan batubara. Disamping itu pun gas alam juga menimbulkan methan selama proses penyediaannya, yang kesemua itu dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan.

DATA PENULIS

Nama                                                 : Teguh Akbar
Tempat, Tanggal lahir                        : Batusangkar, 1 Agustus 1992
Nomer HP                                         : 085794106991 / 085274421108
Email                                                 : teguh@imadiklus.com
Facebook                                           : https://www.facebook.com/teguh.akbar.94

Selengkapnya silahkan download

  Makalah Kearifan Lingkungan Hidup Di download (595,0 KiB, 457 hits)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 2
  • comment-avatar

    terima kasih atas makalahnya, sangat bermanfaat sebagai contoh atau referensi 🙂