MANAJEMEN KONSEP PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

0
Dibaca 1.963

MANAJEMEN KONSEP PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Pendidikan  pada konsep ini merupakan bagian dari  pembelajaran sepanjang hayat         (continuing Education). Tujuan dan  keberadaan pendidikan  berbeda dari suatu lembaga dengan lembaga lain. Akan tetapi pada akhirnya tujuan dari lembaga yanag berhubungan dengan pendidikan  sangat berkaitan dengan bagaimana efektivitas dalam mencapai tujuan, kedalam terjadi efektivitas dalam perolehan. Bila setiap orang mempunyai urunan yang sama untuk mencapai tujuan, pada akhirnya ketercapaian tujuan ini sangat tergantung pada keberadaan manajer yang secara khusus memiliki tugas khusus dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian dan mengevaluasi setiap kegiatan lembaga dalam upaya untuk mencapai tujuan.

Materi pembelajaran

            Manajer setiap saat harus siap untuk bersaing dalam upaya menyelenggarakan kegiatan yang diperlukan. Untuk tujuan ini manajer harus menyelengarakan antar hubungan melalui proses yang sangat rumit.  Pendekatan manajer yang berdasar pada personal lebih banyak dilakukan dengan berdasar pada pertimbangan filosophis   dalam upaya untuk membuat perencanaan, pengorganisasian dan mengevaluasi pengalaman belajar bagi peserta belajar di luar sekolah.

            Manajemen ialah seni dan ilmu dalam upaya untuk mencapai tujuan melaui orang-orang. Dalam beberapa segi manajemen berbeda dengan administrasi karena yang terakhir ini lebih menekankan pada keterselenggaraan tugas dibandingkan dengan melakukan kerjasama dengan orang-orang. Litelatur  yang berhubungan dengan PENDIDIKAN  sering mengunakan istilah manajemen dengan administrasi secara  bergantian. Akan tetapi pada kepustakaan yang terakhir istilah manajemen yang paling banyak dipergunakan. Istilah lain yang banyak dipergunakan untuk menggantikan manajemen yaitu kepemimpinan, akan tetapi kepemimpinan tidak terlalu banyak memiliki kajian pada mengelola organisasi. Kepemimpinan adalah kapasitas untuk mengembangkan harapan  anggota. Jadi kepemimpinan harusnya menjadi keperdulian dari semua anggota dalam suatu organisasi.

sikap-skala-sikap-psikometri

Perspektif  Manajemen PENDIDIKAN

            Bagian berikut memaparkan jaringan kerja dari manajemen PENDIDIKAN. Manajemen PENDIDIKAN  terdiri dari lima subsistem yaitu (1) Tujuan jangka pendek dan jangka panjang (2) stuktur, yaitu tugas yang harus dikerjakan  serta pembagian dan koordinasinya (3) psikokultural dan sosiokultural,  perilaku perorangan dan motivasi, group dinamik, budaya dan perilaku politik (4) teknis,  teknik untuk mentransformasikan program  yang dibutuhkan serta gagasan kedalam kursus, workshop, seminar dll. (5) manajerial, merupakan hal yang paling mendasar dan upaya untuk mengkoordinasikan subsistem dalam upaya mencapai tujuan, merencanakan struktur, mengimplementasikan kebijakan, memfasilitasi dinamika kelompok dari lembaga, menetapkan proses pengawasan. Kelima subsistem itu merupakan dasar dari perencanaan dan implementasinya.

            Sistem manajerial merupakan sasaran utama dari pembahasan mengenai pengelolaan. Untuk hal itu akan dibahas beberapa faktor utama yang  berhubungan dengan pengelolaan ini.

Download selangkapnya 

  MANAJEMEN KONSEP PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Di download (73,5 KiB, 176 hits)

Tinggalkan Balasan