Manajemen PLS – Proses Pengembangan (Developing)

Pengembangan adalah fungsi keenam dalam manajemen pendidikan nonformal. Pengembangan dilakukan setelah suatu program pendidikan dilaksanakan dan dieva...

HARI PENDIDIKAN ADALAH PENGINGAT
PROSES BARBAR (Aku Menolak Kalah Di Dalamnya)

downloadPengembangan adalah fungsi keenam dalam manajemen pendidikan nonformal. Pengembangan dilakukan setelah suatu program pendidikan dilaksanakan dan dievaluasi. Dengan perkataan lain, pengembangan akan muncul setelah rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pembinaan, dan penilaian suatu program pendidikan nonformal.

Pengembangan dapat dikatakan pula sebagai kegiatan awal pengelolaan lanjutan suatu program. Pengelolaan lanjutan ini akan dimulai dari perencanaan dan dilanjutkan dengan pengorganisasian, penggerakkan dan seterusnya. Kegiatan awal pengelolaan program akan terjadi setelah terdapat keputusan yang didasarkan atas hasil penilaian program. Penilai program, sebagaimana telah dibahas pada bagian sebelumnya, adalah kegiatan yang sistematik untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data/informasi sebagai bahan dalam pengambilan keputusan tentang suatu program. Keputusan yang diambil mungkin berupa penghentian program, perbaikan program, penentuan pengaruh program, kelanjutan program, perluasan program dan atau pengembangan program.

Atau download file-nya

  Manajemen PLS - Proses Pengembangan (Developing) Di download (574,8 KiB, 124 hits)

Sumber Manajemen PLS – Proses Pengembangan (Developing)

COMMENTS

WORDPRESS: 0