Manfaatkan Sumber Daya Lokal menuju Sumber Daya Manusia yang Mandiri & Berkualitas

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor kunci dalam pembangunan. Sumber daya manusia memiliki kontribusi yang tinggi dalam proses pembangunan ...

Harapan Saya Setelah Masuk Jurusan PLS
Festival Retorika 2016 Muda, Merdeka, Bersuara

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor kunci dalam pembangunan. Sumber daya manusia memiliki kontribusi yang tinggi dalam proses pembangunan terutama dalam pembangunan ekonomi. Sangat disayangkan sekali, apabila kekayaan alam di Indonesia yang melimpah dan beraneka ragam tidak diimbangi dengan Sumber Daya Manusia yang benar-benar berkualitas. Kondisi sumber daya manusia di Indonesia saat ini dirasa masih sangat memprihatinkan. Terbukti dengan masih banyaknya pengangguran di Indonesia dan tingkat pendapatan yang juga masih sangat kurang. Melambatnya  ekonomi di Indonesia mengakibatkan jumlah pengangguran di Indonesia juga semakin bertambah. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2015 lalu tercatat jumlah pengangguran di Indonesia meningkat 300 ribu orang, sehingga mencapai 7,45 juta orang pengangguran. Karena tingginya angka pengganguran tersebut, bisa jadi hal tersebut memicu tindakan-tindakan kriminalitas di lingkungan masyarakat.

Sumber Daya Manusia merupakan modal dan kekayaan yang terpenting dalam setiap kegiatan manusia. Manusia sebagai makhluk sosial yang hakekatnya tidak akan pernah bisa hidup sendiri. Sumber Daya Manusia juga menjadi faktor penting dalam pembangunan dan peningkatan taraf ekonomi suatu masyarakat. Dalam kaitannya tersebut, kondisi sumber daya manusia saat ini masih sangat kurang dan masih banyak permasalahan-permasalahan yang menyebabkan kualitas sumber daya manusia menjadi rendah.

Payaman (1985:2) mendefinisikan tenaga kerja sebagai penduduk yang sudah atau sedang bekerja, yang sedang mencari pekerjaan, dan yang melakukan kegiatan lain seperti bersekolah dan mengurus rumah tangga. Artinya adalah bahwa setiap orang adalah tenaga kerja. Tinggal seberapa tingginya tingkat kompetensi orang tersebut yang membedakannya. Mirisnya, tenaga kerja saat ini terlalu larut dalam budaya “santai” yang beranggapan bahwa pekerjaan akan datang dengan sendirinya tanpa harus berupaya untuk mendapatkannya.

Ada beberapa hal penyebab rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia ini. Pendidikan menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia tersebut. Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat calon tenaga kerja berimbas pada pengetahuan-pengetahuan seputar lingkungan sekitarnya. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia kaya akan potensi Sumber Daya Alam lokal yang notabene sangat melimpah dan mudah untuk diolah. Tinggal bagaimana masyarakatnya mampu memanfaatkan peluang tersebut atau tidak. Karena rendahnya tingkat pendidikan suatu masyarakat tersebut, keterampilan dan keahlian Sumber Daya Manusia pun menjadi tidak dapat berkembang dan terkesan stagnan.

Selengkapnya, download dibawah ini.

  MANFAATKAN SUMBER DAYA LOKAL MENUJU SDM MANDIRI & BERKUALITAS Di download (268,9 KiB, 108 hits)

Oleh : Imam Badhowi | PLS UM 2013

COMMENTS

WORDPRESS: 0