Masuk Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Bukan Keinginan dan Bukan Pilihan Pertama

0
Dibaca 641

Masuk Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Bukan Keinginan dan Bukan Pilihan Pertama. Pendidikan luar sekolah adalah pendidikan yang dilaksanakan diluar pendidikan formal untuk warga belajar agar mereka memperoleh suatu keterampilan dalam hidupnya.

Dalam kaitan dengan upaya peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan, maka program PLS lebih berorientasi pada kebutuhan pasar, tanpa mengesampingkan aspek akademis. Oleh sebab itu Program PLS mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, profesionalitas, produktivitas, dan daya saing dalam merebut peluang pasar dan peluang usaha, maka yang perlu disusun Rencana strategis adalah:

  1. Meningkatkan mutu tenaga kependidikan PLS.
  2. Meningkatkan mutu sarana dan prasarana dapat memperluas pelayanan PLS, dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil.
  3. Meningkatkan pelaksanaan program kendali mutu melalui penetapan standard kompetensi, standard kurikulum untuk kursus.
  4. Meningkatkan kemitraan dengan pihak berkepentingan (stakholder) seperti Dudi, asosiasi profesi, lembaga diklat; serta
  5. Melaksanakan penelitian kesesuain program PLS dengan kebutuhan masyarakat dan pasar. Demikian pula kaitan dengan peningkatan kualitas manajemen pendidikan.

Harapan saya untuk Pendidikan Luar Sekolah (PLS) ini semoga PLS dapat lebih di kenal oleh masyarakat dan dapat mensejahterakan masyarakat melalui program-program yang di lakukan oleh PLS. Masih banyak orang yang belum tau apa itu PLS dan masih banyak orang yang menganggap PLS tidaklah penting bagi kehidupan kita di masa mendatang, padahal banyak kegiatan yang tidak mereka ketahui dan mereka lakukan bahwa kegiatan itu ternyata salah satu dari program atau pun kegiatan dari PLS. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus PLS haruslah mengembangkan dan terus melakukan program-program PLS yang dapat membantu masyarakat dalam kesulitan menjalan kehidupannya.

Saya mengerti banyak anak yang masuk PLS bukanlah keinginannya dan bukanlah pilihan yang pertama tetapi saya berharap pada siapapun untuk benar-benar memikirkannya kembali karena PLS sangatlah di butuhkan oleh masyarakat terutama di Indonesia, karena masih banyak masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang kurang mampu dan masih banyak orang-orang dewasa yang masih buta huruf. Oleh sebab itu tugas kita sebagai penerus PLS haruslah memberantas hal-hal tersebut dan kita haruslah tetap mengabdi kepada masyarakat, sehingga sumber daya manusia di Indonesia dapat berkembang dan masyarakat Indonesia dapat bersaing dengan masyarakat di negara-negara maju di dunia.

Sebenarnya saya sangatlah miris dengan pendidikan yang ada di Indonesia, karena menurut saya pendidikan di Indonesia belum lah merata, karena masih banyak daerah pedalaman di Indonesia yang belum tersentuh oleh pendidikan, sehingga sebagian masyarakat di Indonesia masih banyak yang buta huruf dan sampai kapanpun kalau masalah ini belum bisa di tangani Negara kita bakalan kalah dengan Negara lain khususnya dalam hal sumber daya manusianya. Kita sebagai masyarakat PLS haruslah siap mengatasi masalah ini sehingga kita dapat memajukan sumber daya manusia di Indonesia dan kita wajib melaksanakan amanah ini khusnya kita sebagai masyarakat Indonesia.


Penulis:

Bagus Era Nurwanto
PLS UNESA 2016

Tinggalkan Balasan