masuk jurusan Pendidikan Luar Sekolah untuk meneruskan amanat mengelola PKBM

0
Dibaca 790

Masuk jurusan Pendidikan Luar Sekolah untuk meneruskan amanat mengelola PKBM. Saya ingin memanfaatkan status saya sebagai mahasiswa PLS untuk berkunjung ke berbagai SKB dan PKBM di Kota Malang sambil mengumpulkan modal sejak dini untuk tugas akhir agar bisa cepat lulus. Karena status saya belum menjadi guru, saya tidak mempunyai kesenjangan status terhadap para siswa disana karena pada dasarnya saya juga masih berstatus sebagai pelajar seperti mereka. Hal itu membuat saya tidak hanya dekat dengan mereka secara akademis, namun juga bisa bersosialisasi dengan mereka dengan pendekatan yang lebih dekat seperti teman sendiri. Kebetulan saya mempunyai pengalaman seputar PKBM karena lokasinya yang dekat rumah.

Bahkan saat saya masuk di jurusan PLS saya sampai diberikan amanat untuk meneruskan PKBM tersebut dengan tujuan untuk regenerasi. Karena sejak awal berdirinya PKBM tersebut sudah banyak guru dan pengurus yang sudah berganti. Selama berinteraksi dengan sesama mahasiswa baru di jurusan PLS banyak sekali teman saya yang masih bingung dengan jalan yang mereka ambil. Dengan pengalaman saya tersebut, saya ingin mengajak beberapa teman sejurusan untuk berjuang bersama saya agar mempunyai pandangan lebih luas terhadap potensi PLS dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Diluar itu saya ingin memperoleh wawasan dari pada teman sejurusan tentang potensi PAUD yang ada di sekitar karena saya masih belum paham terhadap PAUD karena menurut saya hanya wanita yang bisa atau setidaknya yang diperbolehkan untuk menjadi guru PAUD. Saya berharap nanti saat PPL atau KKN jurusan PLS, kami diperbolehkan memilih tempat sendiri agar bisa lebih kreatif dan berbeda dari teman lain. Misal saya hanya bisa memilih tempat yang ditentukan, saya ingin memprioritaskan untuk memilih dinas negeri yang langsung dikelola pemerintah. Prospek jurusan PLS yang punya potensi menjadi PNS adalah prioritas utama saya.

Saat perkenalan para anggota dan pejabat HMJ PLS pada saat PKKMB di kelas PLS, saya merasa mereka sangat terbuka terhadap para mahasiswa baru. Hal itu membuat saya ingin lebih dekat dengan mereka untuk menggali pengalaman mereka agar tugas kami sebagai adik kelas menjadi lebih mudah dan efisien. Kepedulian mereka juga membuat saya ingin mempertimbangkan untuk masuk dalam HMJ. Saya berharap HMJ memberikan perhatian lebih kepada mahasiswa baru karena kami masih banyak yang kebingungan terhadap jurusan PLS, karena setelah saya cari informasi baik dari internet maupun buku rupanya ketersediaan informasi tentang PLS sangat minim. Setiap informasi dan pengalaman nyata yang sudah mereka jalani sangat berharga untuk membimbing kami sebagai mahasiswa baru. Saya paham bahwa dosen merupakan cara yang terbaik untuk mendapatkan informasi yang kongkrit, namun dengan pendekatan yang lebih friendly membuat interaksi kita bisa menjadi lebih nyaman.


Penulis:

rio

Rio Samudra Pramono

PLS 2016

Universitas Negeri Malang

Tinggalkan Balasan