memilih Pendidikan Luar Sekolah peminat tidak terlalu banyak

0
Dibaca 702

Memilih Pendidikan Luar Sekolah peminat tidak terlalu banyak. Awalnya saya memilih program study ini saya juga belum tahu apa itu pendidikan luar sekolah, begitu juga orang yang bertanya kepada saya, pasti akan bertanya – tanya apa itu pendidikan luar sekolah, apa yang akan dipelajari di program studi ini, dan bagaimana prospek kerjanya. saya memilih program studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) karena menurut saya dari segi peminat program study ini tidak terlalu banyak peminatnya, sehingga saya memiliki peluang lebih besar untuk dapat diterima. dan akhirnya pengumuman tiba saya diterima di jurusan PLS. saya merasa senang bisa diterima menjadi mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah ini, karena akan banyak pelajaran yang akan kita dapatkan di jurusan ini. selain kita menempuh pendidikan di jalur formal (disekolah) kita juga harus menempuh pendidikan dijalur nonformal.

ada beberapa fungsi mengenai pendidikan luar sekolah yaitu: sebagai substitusi pendidikan sekolah, sebagai komplemen pendidikan sekolah, sebagai jembatan memasuki dunia kerja, dan sebagai wahana untuk bertahan hidup dan mengembangkan kehidupan. setelah mengetahui fungsi mempelajari pendidikan luar sekolah kita juga harus mengetahui program-program apa saja yang ada di jurusan PLS meliputi :1). pendidikan berkelanjutan, di sini ada beberapa jenis yang akan dipelajari yaitu: pasca keaksaraan, dan pengembangan minat individu. 2). pendidikan orang dewasa, akan mempelajari pendidikan pembaharuan dan pendidikan kader organisasi. 3). program PLS yang di selengarakan di masyarakat, disini banyak yang akan kita ketahui tentang pendidikan anak usia dini, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keterampilan hidup, dan kursus- kursus lainya. program pendidikan luar sekolah yang meliputi program nilai, pengetahuan dan keterampilan yang kesemuanya ini merupakan bekal seseorang dalam menjalin hidup dan kehidupan untuk meningkatkan kualitas kehidupannya dan bermakna diwaktu yang akan datang.

PLS juga memliki tujuan yaitu: meningkatkan kemampuan mengembangkan kepribadian dan mengaktualisasikan diri, memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang tidak dapat dipenuhi dijalur pendidikan sekolah dan lain-lain.pendidikan luar sekolah  diselenggarakan diluar sekolah baik dilembagakan mapun tidak, pendidikan ini meliputi belajar dan kursus. oleh karena, itu pendidikan luar sekolah ini sangat luas untuk dipelajari, karena mencakup semua aspek di dalam kehidupan. disini kita juga harus mengabdi kepada masyarakat yang terpencil, yang akan kurangnya pendidikan yang didapat meskipun tidak melalui jalur formal. agar masyarakat tersebut juga memperoleh pendidikan yang layak seperti orang- orang dikota.

Lapangan pekerjaan untuk orang-orang pendidikan luar sekolah juga banyak sekali seperti: menjadi guru paud, membelajarkan pelatihan atau kursus kepada masyarakat, menjadi seorang guru di lembaga bimbingan belajar, dan mengajarkan orang buta aksara, pendidikan luar sekolah ini mampu mengembangkan potensi maupun bakat seseorang yang patut untuk dikembangkan lagi agar menjadi suatu perwujudan yang baik. pendidikan luar sekolah mampu memberantas kebodohan di negara agar banyak orang yang tidak menganggur dan bermalas- malasan. kita harus menciptakan suatu masyarakat yang baik dan cerdas untuk masa depan cucu dan anak bangsa kelak dan berguna bagi nusa dan bangsa agar tidak mudah dibodohi dan dilecehkan orang lain.


Penulis:

APRILLIA DAMA YANTI

PLS UNESA 2016

Tinggalkan Balasan