Menarik itu Pendidikan Luar Sekolah

0
Dibaca 1.047

Kerana saya baru mengetahu jurusan PLS ini saat saya semester akhir SMA, waktu itu saya mendapatkan pengarahan dari tempat les yang mengarahkan untuk mencoba jurusan PLS.

Terus saya berpikir apa itu PLS akhirnya saya terarik untuk mengambil jurusan ini,Karena ternyata masih ada di negeri tercinta ini, anak-anak ,ataupun orang  dewasa yang masih mendapatkan pendidikan atau pengetahuan yang kurang putus sekolah,dan pengangguran. Sekalinya hati saya ter     untuk memberikan atau memotivasi masyarakat tersebut , selain juga nantinya  bisa mengurangi kebodohan,pengangguran di negeri ini .

Selanjutnya Pendidikan Luar Sekolah harus mampu membentuk SDM berdaya saing tinggi, dan sangat ditentukan oleh SDM muda (dini), dan tepatlah Pendidikan Luar sekolah sebagai alternative di dalam peningkatan SDM ke depan.

PLS menjadi tanggungjawab masyarakat dan pemerintah sejalan dengan Pendidikan Berbasis Masyarakat, penyelenggaraan PLS lebih memberdayakan masyarakat sebagai perencana, pelaksanaan serta pengendali, PLS perlu mempertahankan falsafah lebih baik mendengar dari pada didengar, Pemerintah daerah propinsi, kabupaten dan kota secara terus menerus memberi perhatian terhadap PLS sebagai upaya peningkatan SDM, dan PLS sebagai salah satu solusi terhadap permasalahan masyarakat, terutama anak usia sekolah yang tidak mampu melanjutkan pendidikan, dan anak usia putus sekolah. Semoga ilmu yang saya peroleh di Universitas Negeri Malang ini, nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat di luar sana.

Dan akhirnya saya mengetahui beberapa informasi tetntang Pendidikan Luar Sekolah, dan salah satunya adalah prospek kerja jurusan Pendidikan Luar Sekolah :

  1. Dirjen Pendidikan Formal dan Informal (PNFI)
  2. Dirjen Pendidikan Formal dan Informal (PNFI)
  3. Pamong Belajar dan atau Birokrasi
  4. Pamong Belajar dan atau Birokrasi di Sanggar Kegitan Belajar
  5. Tenaga Lapangan Dikmas (TLD)
  6. Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  7. Pengelola kegiatan di berbagai lembaga kursus dan Instruktur di lembaga kursus
  8. Penilik pendidikan masyarakat, baik di tingkat kecamatan maupun di kabupaten/kota
  9. Pengelola dan intruktur di pusat kegiatan belajar masyakat (PKBM)
  10. Tenaga perpustakaan di lembaga-lembaga pendidikan nonformal dan informal (PNFI)
  11. Pengelola dan Penyelenggara pendidikan nonformal dan informal (PNFI)
  12. Bekerja sebagai tenaga penyuluh lapangan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
  13. Bekerja di  lingkungan Departemen Sosial
  14. Bekerja sebagai penyuluh dan informasi pada departemen informasi dan komunikasi
  15. Wiraswasta berhasil
  16. Bekerja sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta
  17. Bekerja di dunia perbankan dan valuta asing
  18. Bekerja  pada sektor formal maupun informal

Dari informasi tersebut di atas, saya mulai yakin bahawa ibu saya menyarankan saya masuk jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) karena kesempatan kerja yang akan saya dapatkan nanti tidak hanya satu atau dua pilihan saja, tetapi ada banyak sekali kesempatan saya bekerja yang bisa saya coba ketika nanti saya telah lulus dari jurusan tersebut (PLS).

Jadi, dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa alasan saya masuk jurusan Pendidikan Luar sekolah (PLS) adalah dorongan dari ibu saya, yang akhirnya saat ini saya merasa bahwa jurusan ini adalah jurusan yang dapat mengantarkan saya pada masa depan yang cerah.

Nama                 :Krisma Febri Cahyaningtyas
Jurusan             :S1 Pendidikan Luar Sekolah
Angkatan           :2016

Tinggalkan Balasan