Mendapat Pencerah dari Konseling Pendidikan Luar Sekolah

0
Dibaca 281

Mendapat Pencerah dari Konseling Pendidikan Luar Sekolah. Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan kepada individu yang mengalami sesuatu masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi. Istilah  itu pertama kali digunakan oleh Frank Parrons pada tahun 1908 saat ia melakukan konseling karir.
Pada hari Jum’at – Sabtu , 18 – 19 Agustus 2017 HIMADIKLUS (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah) Universitas Siliwangi 2017 mengadakan acara yang berjudul “Konseling Hima”. Acara ini diperuntukan untuk seluruh Mahasiswa baru Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Siliwangi. Mahasiswa baru terbagi dalam 2 gelombang. Gelombang 1 melaksankan konseling pada hari Jum’at, dan golombang 2 pada hari Sabtu. Konseling ini dilakukan untuk lebih mengenalkan ke PLS an kepada Mahasiswa baru.
Didalam artikel ini, penulis akan menceritakan tentang pengalamanya mengikuti konseling Himadiklus Universitas Siliwangi 2017.

Menurut pengalaman yang penulis dapatkan, acara konseling ini sangat bermanfaat sekali. Khususnya untuk penulis pribadi, dan umumnya bagi seluruh peserta konseling. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan pada saat konseling, diantaranya:

1) Konseling Mengenai Bidang Akademik
Pada konseling ini, konselor (dalam acara ini yaitu kakak tingkat dari PLS Unsil itu sendiri) memberi pemaparan mengenai tentang apa saja materi-materi yang nanti akan dipelajari dijurusan PLS. Konselor memberikan berbagai pencerahan kepada peserta tentang tips dan trik dalam menghadapi proses pembelajaran, bagaimana cara -cara dari setiap dosen dalam menyampaikan materinya, dan mereka juga memaparkan berbagai manfaat yang telah didapatkan selama mereka belajar dijurusan PLS. Dari berbagai pemaparan yang disampaikan, banyak terdapat ilmu yang didapatkan peserta. Terlebih lagi, para konselor memberikan pemaparannya tentang prosfek kerja apa sajakah yang kelak akan didapatkan oleh lulusan PLS. Diantaranya, bisa mendirikan PKBM.

2) Konseling Mengenai Organisai/UKM
Pada konseling ini, konselor memberikan pemaparanya tentang bagaimana cara berorganisasi/mengikuti UKM dengan tidak mengganggu proses pembelajaran akademik. Konselor juga memberikan pemaparannya tentang pengalaman-pengalaman selama berorganisasi. Pada konseling tahap ini, konselor juga mengajak kepada peserta untuk menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi. Jangan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang). Karena banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan ketika kita masuk organisasi. Diantaranya, kita lebih bisa belajar tentang cara me-manage waktu, caranya bersosialisai dengan banyak orang,  dan yang paling terpenting adalah cara berorganisasi dengan baik. Manfaat itulah yang kelak akan membantu kita untuk terjun kedunia kemasyarakatan yang sesungguhnya.

3) Konseling Mengenai Minat dan Bakat
Pada tahap konseling ini, peserta diberikan pertanyaan mengenai minat dan bakatnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui potensi apakah yang dimilikki oleh setiap peserta. Nantinya, apabila ada acara yang berkaitan dengan minat dan bakat peserta, mereka bisa diikut sertakan dalam acara tersebut. Agar nantinya bakat dan minat dari setiap peserta dapat tersalurkan dengan baik.

4) Konseling Tanya Jawab
Pada konseling tahap ini, peserta diberikan kebebasan untuk bertanya tentang apa saja yang berkaitan dengan ke PLS an/keorganisasian serta hal yang lainnya. Ada berbgai pertanyaan yang terlontar dari setiap peserta. Dari setiap pertanyaan, jawaban dari setiap konselor pun mampu memberikan pengarahan,pencerahan serta motivasi kepada para peserta konseling.

Acara konseling ini berlangsung kurang lebih selama 2 jam. Didalam 2 jam tersebut, banyak sekali pengarahan, pencerahan serta motivasi yang didapatkan oleh setiap peserta. Karna, acara konseling ini mampu memberikan gambaran tentang apa dan bagaimana dunia ke PLS an. Acara ini juga mampu menumbuhkan semangat kepada setiap peserta untuk bisa menjalankan dunia perkuliahanya dengan baik. Dengan acara ini, setidaknya mampu mengubah pemikiran buruk Mahasiswa baru PLS menjadi lebih baik.

Penulis
Wike Widia
wikewidia89@gmail.com
PLS UNSIL 2017

Tinggalkan Balasan