Mengembalikan Anak Pada Masa-Nya

0
Dibaca 1.078

Akan menghadiri fantastic forum silaturahmi di salman ITB yang di undang oleh Pembinaan Anak Salman (PAS). Kampus atau komunitas yang hadir sebagai berikut: Bale Mentari (UNTIRTA), PAS (ITB), 3C (Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)), Rumah Edukasi (Politeknik Manufaktur Negri Bandung (POLMAN)), Birena (IPB), Gajah Mada Menginspirasi (UGM), dan Hamas Jogokariyan (UGM).
Sebelum suara adzan berkundang aku terbangunkan dari tidur, langsung menyapa air yang begitu dingin di pagi itu. Persiapan untuk pemberangkatan ke kota hujan yaitu jawa barat (Bandung), pada (27/05/16) pukul 07:00-08:25 WIB matahari sudah muncul aku dan teman ku yaitu Rika Mia berkumpul di kostan senior kami, agar diberikan pembekalan atau pencerahan.
Setelah dibekali, kami di antarkan ke bus oleh kedua senior, tak lama menunggu bus yang tak di undang iapun datang sendirinya lumayan cepat. Pada pukul 09:00 WIB kamipun berangkat ke Bandung, perjalanan dari Banten ke Bandung cukup membutuhkan waktu yang begitu panjang sekitar 6 jaman belum dihitung sama macet jakarta dan bekasi, di dalam mobil kami berpisah duduk tetapi duduk kami bersampingan, obrolan yang tak terasa ditemani rintiknya air hujan membuat mata kami terpejam kan oleh suasana. Jum’at yang sejuk dalam mobil aku terbangun di daerah jakarta mata ku terarah jendela bangunan yang tinggi atau gedung mencakar langit yang begitu indah..
Lagi-lagi aku tertidur pulas sampai Lewi Panjang Bandung, sesampainya aku dan temanku istirahat sejenak dan mengisi perut yang sejak pagi keroncongan. Sesudah makan kami melanjutkan perjalanan menuju Salman Institut Tekhnologi Bandun (ITB), kali ini kami duduk berpisah tetapi saling tatap atau duduk berdepanan. Sesampai salam ITB aku shalat terlebih dahulu dimasjidnya, mesjid salam nan indah, sejuk, adem pokoknya nyaman di pakai ibadah, setelah shalat kami diajak keliling dari beskem mereka sampai perpustakaan anak-anak..

Keliling Salman lumayan melelahkan belum di tambah perjalanan dari banten ke bandung, kami langsung menuju penginapan, magribpun kami sampai ke penginapan. Selesai mandi dan ganti baju semuanya sudah selesai kami makan gorengan bareng sama anak-anak salman ITB sekalian menunggu kedatangan anak-anak yang lain. Suara menyapa menyeludup ke arah pintu ternyata teman dari Universitas Negri Solo baru datang satu orang dari komunitas 3C (Childhood Cancer Care), di langsung menjabatkan tangan kearah kami sambil menyebutkan nama begitun pula kami menyebutkan nama, kenalan baru beberapa menit seperti sudah kenal sudah lama, langsung akrab begitu saja. Obrolan semakin meluas sambil ditemani beberapa gorengan sudah habis tukar cerita, berbagi pengalaman dan berbagi apapun. Suara panitia dari tangga memanggil suruh istirahat, kamipun istirahat sebelum dari kampus atau komunitas lain datang.
Cuaca malam yang mengundang kami tidur, heningnya pada malam yang dingin akupun bermimpi indah. Aku terlelap sampai pukul 04:30, tidak kusangka aku terbangun teman-teman kampus lain sudah pada banyak ada dari UGM (Gajah Mada Menginspirasi), IPB (Birena), Polman (Rumah Edukasi), UGM (Hamas)….. Kami bersiap-siap untuk pemberangkatan ke Salman ITB semuanya. Penginapan mulai di kosongkan tidak ada satu orangpun baik panitia maupun peserta, diperjalanan kami bercanda tawa, saling kenalan dan sedikit bertukar cerita. Sesampainya di masjid salman ITB pada hari sabtu (28/05/16) kami di bagi kelompok menjadi dua kelompok, kelompok pertama rutenya dari alun-alun sampai ke cikapundung sedangkan kelompok ke dua dari cikapundung sampai alun-alun Cuma beda arah. Dari pos cikapundung kami di suruh senam bersama pengunjung taman cikapundung, dilatih kosentrasi, dilatih kepekaan atau kesadaran dan mencontoh kan kepada adik-adik binaan, pos kedua yaitu taman film, di pos ini kami di suruh memberikan dua pilihan kepada anak-anak pengunjung taman film, pilihannya antara handphon dan mainan tradisional atau mainan dari kertas buatan, disini kami harus menjelaskan kepada anak-anak bahwa permainan juga lebih hebat dari tekhnologi canggih, di pos ke tiga yaitu di balai kota, di pos ini saat itu ramai karena ada perlombaan antar sekolah tingkat SLTA, dipos ini kami dilatih untuk saling serang antar kelompok intinya kerjasama dan kesadaran sesuai zaman dan terakhir pos alun-alun bandung disini kami diuji kreatif dan berinisiatif.. selesai semua pos kami kembali ke masjid salman ITB untuk makan siang bersama dan ada seminar Forum Silaturahmi yang bertema “be a hero for them”. Temanya menarik dan di seminar ini bukan hanya dari kampus atau komunitas melainkan ibu-ibu juga pada menghadiri seminar ini.. Sesudah seminar kami mengkaji lagi bersama-sama banyak pendapat dari mulut-mulut peduli anak luar biasa yang aku ungkapkan dari hati, sesudah seminar kami kaji bersama-sama. Sesudah mengkaji kami di berikan waktu untuk mempresantsekan sepuluh menit masing-masing komunitas oleh panitia, ada yang menampilkan Video kegiatan, slide, foto-foto bahkan bercerita saja. Sesudah selesai semuanya kami masing-masing komunitas di suruh bersiap-siap kembali kepenginapan, pada pukul 21:35 kurang lebih segitu. Lelah, letih yang kami rasakan seharian berkeliling kota bandung kami semua langsung tidur ngobrol terlebih dahulu.
Pada pukul sekitar 04:30 kami di bangunkan oleh panitia, bersiap-siap untuk berangkat kembali ke masjid salman ITB, berhubung kamar mandi laki-laki terbatas kami mandipun bergantian dan shalat bergantian. Sesampainya ke masjid salman ITB kami di bagi dua kelompok yaitu kelompok SD dan PAUD, kelompok SD putra sedangkan kelompok PAUD putri, disini kami di suruh ikut mentoring yang sudah di bagikan kolompok tadi. Mentoring untuk SD bermain seperti lempar Air atau melindung raja, latihan konsentrasi, latihan kerjasama dan nyanyi-nyanyi. Sesudah mentoring kami kembali ke masjid salman ITB dan kumpul di depan masjidnya untuk penutupan acara Fantastic Forum Silaturahmi dipenutupan ini kami di berikian waktu lima menit untuk menyampaikan kesan pesan acara ini dari awal sampai akhir, luar biasa kesan pesan yang di ungkapkan dari kampus-kampus atau komunitas yang lain..

SEMANGAT PEDULI ANAK!!!!!!!!!

USEP

UNTIRTA

Tinggalkan Balasan