MENJALIN TALI SILLATURRAHMI MELALUI RAPAT KOORDINASI WILAYAH 1 (RAKORWIL 1)

Oleh: Rinawati Rafi’ah

Editing: Novisal Bahar

 

Alhamdulillah, pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 27-28 Februari 2016 Wilayah 1 IMADIKLUS INDONESIA telah melakukan Rapat Koordinasi Wilayah 1 (RAKORWIL 1). Acara ini berlangsung di Yayasan Muslim Surabaya, Para Alumni Unesa, UM, Jember juga tampak hadir pada acara tersebut. Peserta Rakorwil 1 berjumlah 28 Peserta yang terdiri dari;

  1. Universitas Negeri Yogyakarta
  2. Universitas Negeri Semarang
  3. Universitas Negeri Surabaya
  4. Universitas Negeri Malang
  5. Universitas Jember

Acara ini secara keseluruhan berjalan dengan lancar meskipun terdapat beberapa kendala. Seperti cuaca yang kurang mendukung sehingga pada saat penjemputan teman-teman UNNES di Stasiun Pasar Turi terjadi hujan lebat. Meskipun begitu wajah kami segera berubah ceria ketika berjumpa dengan teman-teman PLS/PNF UNNES. Saudara/i jauh kami yang rela pergi ke Surabaya untuk menghadiri acara Rakorwil 1 ini. Kendala karena cuaca ini, tak hanya terjadi di Surabaya teman-teman yang dari Malang pun terguyur hujan mulai dari Malang sampai Surabaya dengan sedikit insiden yang tidak menyenangkan (ban bocor sampai dua kali).

Pada hari Sabtu acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan di buka oleh pembawa acara salah satu teman PLS/PNF UNESA yaitu Shafi Laili Dewi Nur Latifa. Acara Rakorwil 1 ini digawangi oleh Fitria Aisyaroh dan teman-teman BPH IMADIKLUS Unesa, serangkaian demi serangkaian acara kali ini diantaranya seperti sambutan-sambutan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars IMADIKLUS, dan pembacaan doa.

Selanjutnya memasuki acara inti yaitu musyawarah wilayah dipimpin oleh Bang Petrus, yang memulai acara ini dengan sambutan yang begitu hangat. Bang Petrus dalam menjalankan tugas sebagai ketua umum ini memulai segala hal yang terkait dengan IMADIKLUS berawal dari AD/ART IMADIKLUS INDONESIA. Beberapa pasal yang sempat dibahas adalah

ANGGARAN DASAR (AD)

IKATAN MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH INDONESIA (IMADIKLUS)

BAB VI STRUKTUR ORGANISASI

Pasal 16

BADAN KOORDINASI WILAYAH

Badan Koordinasi Wilayah (BKW) adalah badan pengurus  IMADIKLUS ditingkat wilayah

ANGGARAN RUMAH TANGGA (ART)

IKATAN MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH INDONESIA (IMADIKLUS)

Pasal 27

Rapat Koordinasi Wilayah

Rapat koordinasi wilayah adalah rapat tertinggi ditingkat wilayah

Pasal 28

Agenda Rapat Koordinasi Wilayah

  1. Laporan koordinasi Badan Koordinasi Wilayah (BKW) tentang pelaksanaan dan kebijaksanaan, organisasi dan keuangan dalam 1 periode
  2. Pemilihan dan pelantikan pengurus Badan Koordinasi Wilayah (BKW) secara langsung
  3. Penetapan kepengurusan Badan Koordinasi Wilayah (BKW)
  4. Job desk Koordinasi dan rekomendasi Badan Koordinasi Wilayah (BKW)

Selanjutnya pemilihan Ketua Wilayah 1, Sekertaris dan Humas. Terpilihlah…

Ketua Wilayah 1

IMAM BADHOWI (Universitas Negeri Malang)

Sekretaris

RINAWATI RAFI’AH (Universitas Negeri Surabaya)

Humas

1. LARAS AYU PRIANDIKA (Universitas Jember)

2. SAYYIDATUL ULLYA (Universitas Negeri Semarang)

3. RAHMAT DWI SANJAYA (Universitas Negeri Yogya)

Setelah terpilihnya pengurus wilayah ini maka disusunlah job desk masing-masing. Acara dilanjutkan dengan sesi curhat antar universitas di wilayah 1. Dalam kesempatan ini kami saling mendengarkan suka duka setiap universitas. Semangat teman-teman untuk belajar menjadi yang lebih baik sangat terasa dalam keadaan ini. Kalimat positif dari Bang Petrus “Kalau sudah memilih sesuatu matipun kita mau. Sudahlah jangan manja, ubah mind set bahwa uang itu benda yang bisa kita cari dan yang paling penting itu komitmen”. Imam Badhowi “kalian tidak akan dapat apa-apa ketika kalian hanya diam di rumah”.

Pada malam hari acara dilanjutkan dengan membuat program kerja wilayah 1 untuk satu periode kepengurusan Wilayah 1 IMADIKLUS. Para peserta Rakorwil 1 saling berpendapat dan mengajukan beberapa usulan program kerja yang nantinya akan disepakati bersama-sama.

Acara selanjutnya adalah membacakan Laporan Pertanggung Jawaban dari pengurus IMADIKLUS Wilayah 1 periode sebelumnya yang dipimpin oleh Hanni Alifatin Izza sebagai Koordinator IMADIKLUS Wilayah 1.

Tujuan adanya RAKORWIL 1 ini dapat menyambung sillaturrahmi diantara universitas-universitas yang berada di wilayah 1. Sillaturrahmi adalah hal yang sangat baik dimana dengan sillaturrahmi Allah akan mempermudah rezeki kita dan memperpanjang umur kita. Mungkin hasilnya tidak dapat kita rasakan secara cepat tetapi pasti ada saatnya Allah membalas kebaikan yang telah kita lakukan.

Keesokan harinya pada hari minggu, 28 Februari 2016 pukul 09.00, peserta Rakorwil beserta panitia yang bertugas melakukan city tour di kota pahlawan, tujuan utama kami adalah Monumen dan Museum Tugu Pahlawan kota Surabaya, tempat ini memiliki histories yang begitu dahsyat, tentang perjuangan arek-arek Suroboyo saat melakukan perlawan terhadap penjajah.

Tulisan Pendek ini semoga bisa menjadi sejarah yang mungkin lima tahun atau sepuluh tahun kedepan kita lupa tetapi dengan adanya tulisan ini semoga dapat mengingatkan kita akan kejadian yang telah kita lakukan.  🙂  🙂  🙂 

Foto Kegiatan
Rakorwil 1 Tahun 2016 - 1 Rakorwil 1 Tahun 2016 - 2 Rakorwil 1 Tahun 2016 - 3

 Rakorwil 1 Tahun 2016 - 4 Rakorwil 1 Tahun 2016 - 5

PLS UNESA PLS UM PLS UNY

PLS UNEJPLS UNNES

Artikel ini ditulis dan dikirim oleh:

Rinawati Rafi’ah
PNF/PLS UNESA 2013
Email: rinawatirafiah41@gmail.com

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.