WORKSHOP DIGITAL LEARNING AND DEVELOPMENT LAMAN PLSINDO.NET

“Merajut Jaring-jaring mimpi PLS bersama IKAPENFI” Workshop Digital Learning And Development Laman plsindo.net di Universitas Negeri Malan...

Ketulusan Hati (Aku dan PLS)
Mengenal Lebih Dekat Prof Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan Reshuffle Jilid Ii

New Picture“Merajut Jaring-jaring mimpi PLS bersama IKAPENFI” Workshop Digital Learning And Development Laman plsindo.net di Universitas Negeri Malang pada 21 s.d 22 Maret 2014 bermaksud untuk menyambung koneksi antara satu orang dengan orang lainnya, tujuannya berupaya untuk berbagi informasi, pengetahuan, dan perkembangan pendidikan nonformal dari berbagai wilayah di Indonesia.  Tidak hanya sebatas menyambung koneksi saja, berkumpulnya akademisi atau dosen PLS dari berbagai wilayah Indonesia di Fakultas Ilmu Pendidikan Malang  mempunyai misi lain dengan mempererat upaya pengembangan laman plsindo.net sebagai inovasi dibidang pendidikan pada era globalisasi.

Pelaksanaan Workshop Digital Learning And Development Laman plsindo.net diikuti oleh Ikatan Akademisi Pendidikan Nonformal Informal (IKAPENFI) seluruh Indonesia. Hari pertama pelaksanaan Workshop Digital Learning dibuka oleh Prof. Dr. Supriyono, Mpd. mendapatkan sambutan yang meriah dari peserta pelatihan karena proyek membangun jaringan manajemen dan komunitas belajar pada dunia maya sudah direncanakan sejak 2008 namun baru teralisasikan tahun 2014. Workshop hari pertama ini juga dihadiri oleh Dr. FX Soewarto Citro Taruno MS, yang meminta doa restu untuk membuka prodi Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Cendrawasih Papua.

Setalah permohonan doa restu oleh Dr. FX Soewarto Citro Taruno MS, Pak Pri sapaan akrab ketua umum IKAPENFI melanjutkan ceramahnya untuk menitipkan pesan kepada peserta pelatihan selaku dosen atau akademisi dan perwakilan mahasiswa IMADIKLUS BPH UM, untuk menjadikan www.plsindo.net sebagai backbone jaringan manajemen dan pembelajaran PLS se Indonesia. Karena Indonesia merupakan negara dengan potensi SDA dan SDM yang memadai, proses pengelolaan merajut jaring-jaring mimpi PLS yang berkomitmen mengebangkan life long learning dapat dengan mudah diakses melalui dunia maya. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan serta upaya memberikan kemudahan dalam hal peningkatan mutu pendidikan dengan mengikuti perkembangan zaman.

Latar belakang pemanfaatan laman plsindo.net berdasarkan isu-isu forum dan asosiasi seperti finalisasi kurikulum KKNI, Pendidikan Profesi (Revisi dari Permenpan 14 dan 15 tahun 2012), pengamatan laman www.plsindo.net sebagai pusat informasi dan pembelajaran, pembuatan jurnal ilmiah bersama, publikasi ke-PLSan secara bersama-sama. Tidak hanya itu para akademisi PLS yang tergabung dalam IKAPENFI ini juga memiliki mimpi atau cita-cita untuk modeling laboratorium PLS sebagai bentuk laboratorium virtual, dan penggadaan kuliah bersama secara online. Kuliah yang diberikan tidak hanya sebatas materi dalam bentuk teks, melainkan kuliah telelearning, kuliah disampaikan dengan jarak jauh berbasis gambar gerak atau video.

Pemanfaatan lain dari laman plsindo.net digunakan untuk meng-input data kemahasiswaan baik mahasiswa baru maupun lulusan PLS agar mempermudah terwujudnya The Learning Community. Proses belajar yang dilakukan dengan pemanfaatan laman plsindo.net ini bisa diakses oleh akademisi PLS dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pemateri yang merangkap sebagai tutor pak Tono selaku dosen dari UNJ dan sekertaris IKAPENFI memberikan strategi untuk menjadi admin pada setiap Lab jurusan di Universitas masing-masing. Untuk pembuatan admin yang dapat terhubung langsung dengan admin IKAPENFI  dibantu oleh Pak Habib, dan Bu Ellyn Sugeng dari Universitas Negeri Malang. Hari pertama Workshop Digital Learning ditutup dengan materi pembuatan admin yang terhubung dengan laman plsindo.net.

Kemudian pada hari kedua Workshop Digital Learning laman plsindo.net diisi dengan materi pengisian biodata untuk menjadi admin pada tiap-tiap Lab yang didaftarkan pada laman pusat plsindo.net. dihari kedua ini materi workshop beragam dan menarik ditambah dengan pembuatan layout bahan perkuliahan dalam bentuk powerpoint dengan menggunakan karikatur atau karakter tujuannya untuk membuat bahan perkuliahan lebih terlihat eye catching.

Workshop Digital Learning ini kemudian ditutup dengan kesepakatan untuk proses pembelajaran lebih lanjut, untuk modifikasi bahan perkuliahan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan laman plsindo.net. jadi proses modifikasi dapat dilakukan secara online, sesuai dengan motto IKAPENFI yang menyatakan harus mengarusutamakan perubahan dan menguatan pendidikan nonformal pada era globalisasi. Perubahan untuk pendidikan yang lebih baik. (An/Er/Es)

by, Aisyah Nurfiani (PLS UM)

COMMENTS

WORDPRESS: 0