MK Sosiologi “Perubahan Sosial di Desa Babadan Kabupaten Nganjuk dalam Budaya Tarian Tayub”

0
Dibaca 11.254

MK Sosiologi  “Perubahan Sosial di Desa Babadan Kabupaten Nganjuk dalam Budaya Tarian Tayub”Oleh

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Di dalam masyarakat kebudayaaan sering diartikan sebagai the general body of the art, yang meliputi seni sastra, seni musik, seni pahat, seni rupa, pengetahuan filsafat atau bagian-bagian yang indah dari kehidupan manusia. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa kebudayaan adalah hasil buah budi manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup. Segala sesuatu yang diciptakan manusia baik yang kongkrit maupun abstrak, itulah kebudayaan.

Kelompok manusia yang sangat berkembang dari waktu ke waktu cepat maupun lambat akan mengalami perubahan. Kebudayaan pokok manusia yang tidak dapat ditinggalkan ialah kebutuhan ekonomi ini dari cara menusia memenuhi kebutuhan atau perkembangan. Dalam memanfaatkan sumber daya atau lingkungan manusia tidak melakukan perubahan cara mulai dari cara mulai dari cara menanam kepada cara bercocok tanam sampai kepada pertanian dan
peternakan dan akhirnya sampai mencapai tingkat industri modern. Seiring dengan era globalisasi.

Dalam situasi yang global ini budaya masyarakat sidikit demi sedikit lama-lama akan terkikis keberadaannya (eksistensinya). Maka dalam mengatasi masalah itu kita perlu melakukan terobosan-terobosan baru yang perlu menjaga budaya tersebut. Dengan jalan yang perlu dilestarikan. Kami berkesimpulan sementara bahwa budaya dapat luntur tak lama kemudian tergantung dari manusianya yang mempunyai jiwa cipta, rasa dan karsa.

  

1.2  Rumusan masalah

a)      Apakah kita mampu mengenali budaya dilingkungan sekitar tempat tinggal kita ?

b)      Seberapa penting kita perlu menjunjung budaya dilingkungan sekitar kita ?

c)      Bagaimana pola hidup masyarakat akibat budaya tersebut ?

d)     Apa sebenarnya terjadi pada perubahan sosial yang ada pada masyarakat babadan kabupaten nganjuk?

1.3  Tujuan

Berdasarkan rumusan makalah di atas, maka dapat disimpulkan tujuan makalah antara lain sebagai berikut:

1)      Untuk memaparkan bagaimana cara kita mengenali budaya di sekitar tempat tinggal kita masing-masing.

2)      Untuk memaparkan betapa pentingnya suatu budaya bagi kehidupan, apalagi budaya dilingkungan masyarakat tempat tinggal kita masing-masing.

3)      Agar dapat menjelaskan pola hidup masyarakat yang terkena imbas dari suatu budaya.

4)      Untuk mengetahui perubahan sosial yang terjadi di desa Babadan Kab. Nganjuk.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1.Mengenali budaya di lingkungan sekitar.

Sebelum manusia beradaptasi dengan lingkungannya maka yang perlakuannya adalah mengenali budaya pada lingkungan sekitar, dimana kita berpijak. Agar dapat menyelaraskan dengan adat kebiasaan setiap akan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Tak luput dari itu pada dasarnya budaya juga sebagai pembentuk pola kehidupan manusia dan efeknya sangatlah berpengaruh. Dari segi jasmani maupun rohani. Oleh karena itu kita senantiasa selalu menjaga budaya kita agar terjaga keasliannya dan tidak bercampur dengan budaya daerah lain, soalnya budaya dapat dijadikan suatu kebanggaan, simbol, semangat, dan ciri khas di masing-masing daerah.

DAFTAR PUSTAKA

H. Hartomo, Drs, Dkk.1990. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : Bumi Aksara..Djoko Widagdo, Drs, Dkk.1991. MKDU Ilmu Budaya Dasar. Semarang : Bumi Aksara.
Wikipedia.com pengetahuan tentang tarian tayub.

Guntur Tri Cahyo

PLS UM 2008

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here