Open Recruitment Volunteerism Teaching Indonesian Children

0
Dibaca 2.389

Open Recruitment Volunteerism Teaching Indonesian Children, Sekilas tententang Volunteerism Teaching Indonesian Children, VTIC merupakan kegiatan mengajar anak-anak Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di perusahaan kelapa sawit di Miri, Malaysia atau sejauh ini baru di Miri, Malaysia. VTIC digagasi oleh tiga orang mahasiswa asal Indonesia yaitu Asep Rudi Casmana dan Ervina Maulida dari Universitas Negeri Jakarta berserta Ineu Rahmawati mahasiswa dari Politeknik Negeri Jakarta. Awalnya ketiga mahasiswa ini diundang oleh pihak KJRI (Konsulat Jendral Republik Indonesia) Kuching dan Kepala Sekolah Dasar non-formal di Miri untuk mengajar anak-anak TKI disana. Kegiatan yang berlangsung pada 22 – 26 Mei 2012 ini menjadi sebuah langkah awal yang membuka mata mengenai rendahnya kualitas pendidikan anak-anak TKI disana.

Kegiatan VTIC ini tidak berhenti begitu saja, namun berlanjut pada VTIC circle dua. VTIC 2 menerbangkan 19 mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, dan UIN Syarifhidayatullah yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juni – 3 Juli 2013. Para mahasiswa ini dibagi menjadi enam sekolah yang tersebar di Kota Miri. Adapun keenam sekolah tersebut adalah CLC Saremas 1 Estate, CLC Teladan Segarmas, CLC SOPB Lambir Estate, CLC Al-Ikhlas Galasah Estate, CLC TK/SD Al-Hidayah SOPB Pinang Division, dan CLC An Nur Hijrah Telabit Estate.

Kegiatan VTIC 2 ini dimulai dengan opening ceremony di Galasah Estate yang dihadiri oleh pihak perusahaan kelapa sawit Malaysia, Persatuan Guru Sekolah Non Formal Indonesia di Sarawak Malaysia, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar. Pada hari-hari berikutnya kegiatan yang berlangsung adalah mengajar di sekolah masing-masing. Setiap sekolah ada dua sampai empat orang mahasiswa yang ditempatkan. Kegiatan belajar mengajar ini berdasarkan kurikulum yang sudah dipersiapakan dan juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah, namun tetap menjadikan “Indonesia” sebagai tema utaman pengajaran.

Selangkap nya bisa di baca disini http://www.vticupdate.com/2014/03/about-us.html

Sayarat Open Recruitment Volunteerism Teaching Indonesian Children Klik gambar untuk memberbesar

isi Form Pendaftaran online disini

Tinggalkan Balasan