Orientasi Awal Maba Pendidikan Luar Sekolah 2013 – UNY

0
Dibaca 1.234

DSC_5255Laboratorium Jurusan PLS FIP UNY memiliki 2 konsep, yaitu Laboratorium dalam Kampus dan Laboratorium Luar Kampus. Demikian pernyataan Hiryanto, M.Si, Kordinator LAB PLS dalam Orientasi Jurusan PLS, di Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Lebih lanjut, Hiryanto, M.Si menyatakan, “Fungsi Lab dalam kampus sebagai tempat pengembangan konsep atau model  pemberdayaan atau pembelajaran, sedang fungsi lab di luar kampus sebagai tempat mengimplementasikan konsep atau model model yang telah dihasilkan di Lab dalam kampus”.  perlu diketahui bahwa Jurusan PLS memiliki lab luar kampus diantaranya Omah Pasinaon, “tempat belajar dan bermain berbasis budaya local “ ini adalah bentukan dari salah satu mahasiswa Jurusan PLS (red_sekarang sudah menjadi lulusan terbaik PLS). Beberapa kegiatan diantaranya adalah Pendidikan Anak Usia Dini (SPS Sarwo Agung), Posyandu, Paguyuban Karawitan (Sarwo Laras) , Senam Pasinaon, Paguyuban Seni Reog (Sarwo Budoyo), dan lain – lain.

Lanjut Hiryanto, M.Si, ke depan Jurusan PLS juga akan menggandeng Forum PKBM Se-Indonesia, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Sosial, BKKBN, dan lembaga kursus. Diharapkan dengan menggandeng lembaga tersebut, Mahasiswa jurusan PLS mengenal lebih dekat dengan wilayah garapan PLS.
Penjelasan tersebut disampaikan dalam “Orientasi Jurusan PLS FIP UNY” kepada mahasiswa baru PLS Angkatan 2013. Dihadiri sebanyak 83 mahasiswa. Acara tersebut dilaksanakan hari Sabtu –  Minggu, 14 – 15 September 2013, di Rumah Belajar “Omah Pasinaon”, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul.

Dalam kesempatan yang sama, Haris Purnawan, Pengelola Gua Pindul sekaligus Pengusaha Muda ini memotivasi mahasiswa untuk terjun menjadi pengusaha. “sebagai pengusaha muda, untuk sukses kita harus “berani gila”, kata haris. Lebih lanjut haris menyampaikan selain berani gila, untuk sukses harus punya niat yang tulus atau impian yang kuat disertai dengan keyakinan dan kepercayaan diri. Haris, selaku pemuda pelopor bidang pariwisata Gunung Kidul ini menantang para mahasiswa PLS, 4 tahun ke depan harus bisa menjadi orang muda sukses, bukan pengangguran. Serentak mahasiswa menjawab, “Siap’.

Acara orientasi Jurusan ini diakhiri dengan kegiatan outbound oleh Tim TOSCA Organizer, sebuah tim organizer dari para alumni PLS FIP UNY.
Tanggapan bagus dari para peserta Orientasi Jurusan, diantaranya Sutrisno, Mahasiswa PLS B angkatan 2013. “OJ bagus diadakan, jadi kita sebagai mahasiswa baru PLS tahu apa dan bagaimana PLS itu bekerja. Dengan kita terjun langsung ke masyarakat dapa belajar banuyak tentang bagaimana seorang PLS itu hidup di masyarakat. Dan yang lebih penting seorang PLS itu harus kreatif untuk memajukan masyarakat seperti mas Yudan itu contohnya, dan mas/mbak lainya juga”, terang Sutrisno

Sumber http://pls.fip.uny.ac.id/berita/orientasi-awal-maba-pls-2013.html

Tinggalkan Balasan