Orientasi Jurusan PLS FIP UNY 2014 di Omah Outbound Pindul

Tahun ajaran baru di Universitas Negeri Yogyakarta pada bulan Agustus diawali dengan kegiatan rutin untuk mahasiswa baru yakni OSPEK (Orientasi dan Pe...

MENJALIN TALI SILLATURRAHMI MELALUI RAPAT KOORDINASI WILAYAH 1 (RAKORWIL 1)
PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) Mendidik Untuk Membangun Karakter Bangsa

Tahun ajaran baru di Universitas Negeri Yogyakarta pada bulan Agustus diawali dengan kegiatan rutin untuk mahasiswa baru yakni OSPEK (Orientasi dan Pengenalan Kampus), hal ini bertujuan untuk memberikan pengenalan lingkungan kampus secara umum mulai dari kegiatan Universitas, Fakultas, dan Jurusan. Salah satu jurusan di (FIP) Fakultas ILmu Pendidikan adalah jurusan PLS (Pendidikan Luar Sekolah) yang mengadakan kegiatan lanjutan setelah ospek yakni program OJ (Orientasi Jurusan). Program OJ dilaksanakan  perdana pada tahun ajaran lalu untuk mahasiswa angkatan 2013 yang digagas dan diprakarsai oleh jurusan PLS bekerjasama dengan Tosca Organizer sebagai konseptor sekaligus tim pelaksana. Karena dirasakan kebermanfaatan program OJ tahun lalu sebagai ajang pembekalan mahasiswa baru, maka tahun ini pihak jurusan PLS kembali mempercayakan Tosca Organizer sebagai tim pelaksana OJ.

Orientasi Jurusan PLS untuk mahasiswa angkatan 2014 dilaksanakan di Omah Outbond Wirawisata Gua Pindul yang merupakan partner kerja Tosca Organizer di Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul selama dua hari yakni dimulai hari Jum’at (5) hingga sabtu (6) September 2014. Orientasi Jurusan merupakan program dari jurusan sebagai pembekalan bagi mahasiswa baru dengan kegiatannnya mulai dari perkenalan semua dosen PLS, pembekalan mengenai kemahasiswaan, profesi dan ranah kerja PLS, etika mahasiswa, pengenalan laboratorium kampus dan masyarakat, program PLS serta kurikulum PLS. Tema yang digagas oleh Tosca Organizer untuk OJ kali ini adalah “Orientasi menyenangkan, tepat sasaran,  dan berbasis kebutuhan”, dengan tema tersebut Tosca Organizer berusaha menjawab kebutuhan mahasiswa dan memahami kondisi mahasiswa terkini dalam artian ketika mahasiswa hanya berjibaku dengan materi akan mengalami kebosanan tetapi konsep Tosca kali ini memadukan beberapa materi yang diberikan dengan diskusi dan bermain bersama. Karena memang Orientasi Jurusan lebih banyak diberikan materi dari pada praktiknya seperti paparan beberapa jenis materi diatas.

Kegiatan hari pertama OJ dipenuhi dengan materi-materi terkait PLS seperti paparan diatas. Tosca Organizer menghadirkan narasumber dari alumni PLS yang berkecimpung dalam dunia kerja serta narasumber dari Bapak/Ibu dosen PLS terkait info kampus dan jurusan. Tosca berhasil mengundang Drs. Deddy Trisnanto, MPsi selaku alumni PLS yang bekerja melalang buana di berbagai Negara dan saat ini beliau bekerja sebagai wartawan Koran Jawa Pos, materi yang disampaikan terkait ranah kerja PLS yang fleksibel dan cocok bekerja dimana saja seperti konsep “belajar bisa dimana saja”. Antusias mahasiswa PLS angkatan 2014 sangat bagus, terlihat ketika diberikan waktu bertanya dan berdiskusi beberapa mahasiswa melontarkan pertanyaan dan ada pula pernyataan terkait salah satu pengalaman pekerjaan Pak Deddy sebagai wartawan perang di Gaza dan Palestina. Materi yang diberikan 1,5 jam terasa sebentar karena Tosca memang membuat acara diskusi menjadi menyenangkan. Sedangkan materi selanjutnya Tosca menghadirkan Suhardjio, MA selaku pamong belajar Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul untuk memberikan pencerahan bagi mahasiwa PLS terkait ranah kerja PLS di kelembagaan seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) , Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB), Taman Bacaan Masyarakat (TBM), dll. Materi kali ini lebih kepada ranah kerja PLS struktural, antusias mahasiswa PLS 2014 tidak kalah seru dengan narasumber pertama, justru antusias meningkat ketika membahas mengenai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tidak salah ketika seorang mahasiswa kedepannya ingin menjadi PNS, akan tetapi mahasiswa PLS seharusnya mampu menciptakan lapangan kerja, pemberdayaan masyarakat serta melakukan kewirausahaan sosial sebagai profesi kerjanya. Bapak Suhardjio menekankan mahasiswa PLS untuk mengembangkan otak kanannya sebagai pedoman bekerja di bidang PLS.

Setelah materi dari narasumber luar selesai, tiba saatnya waktu untuk Bapak/Ibu Dosen PLS FIP UNY terkait program jurusan dan kurikulum PLS. Materi terkait jurusan PLS dimulai pukul 19.00 selesai pukul 22.30, Bapak/Ibu dosen yang hadir saat itu dibagi menjadi dua sesi, pada siang hari yang berkenan hadir yaitu Widyaningsih, M.Si, Tristanti, M.Pd,  Vita Umayasanti, M.Pd sedangkan sore hari nya adalah Dr. Sujarwo,M.Pd,  Luthfi Wibawa, M.Pd, Dr. Iis Prasetyo, Hiryanto, M.Si. Mahasiwa PLS angkatan 2014 dibekali tentang etika mahasiswa PLS di kampus dan luar kampus oleh Ketua Jurusan PLS Dr. Sujarwo, M.Pd, beliau lebih menekankan bagaimana menjadi mahasiswa yang baik, sopan, dan santun. Materi mengenai kemahasiswaan disampaikan oleh Dr.Iis Prasetyo, beliau memaparkan mengenai managemen waktu menjadi mahaiswa dan aktivis kampus serta lebih kepada karya ilmiah mahasiswa karena beliau sebagai pendamping mahasiswa PLS. Sedangkan materi tentang kurikulum PLS disampaikan oleh Luthfi Wibawa, M.Pd dengan memberikan hand out kepada mahasiwa PLS tentang Struktur Kurikulum Prodi PNF FIP UNY dan Kurikulum PNF S1 Berpayung KKNI, pembahasan tentang kurikulum ini sangat menguntungkan bagi mahasiwa PLS 2014 karena dengan mereka mengetahui dan memahami kurikulum diharapkan mahasiwa PLS dapat lulus tepat waktu. Untuk materi terakhir tidak kalah penting dengan pembahasan materi-materi sebelumnya, kali ini materi tentang Laboratotium Kampus dan Luar Kampus (masyarakat) yang disampaikan oleh Hiryanto, M.Si selaku Kepala Lab. PLS, beliau memaparkan tentang bagaimana cara memanfaatkan Lab.Kampus dan memaparkan beberapa daerah yang menjadi binaan jurusan PLS sekaligus sebagai laboratorium luar kampus bagi jurusan PLS. Semua materi yang disampaikan oleh para ahli PLS tersebut sangat mengesankan dan bermanfaat sebagai pegangan mahasiswa baru PLS angkatan 2014.

Kegiatan Orientasi Jurusan pada hari ke dua dimanfaatkan untuk mengembangkan motorik kasar mahasiswa PLS 2014 dengan kegiatan outbound di Omah Outbound Wirawisata Gua Pindul. Jenis game outbound yang dirancang Tosca Organizer mengacu terhadap kebutuhan mahasiswa terkait program dan profesi PLS. Setiap game diakhiri dengan re-calling dan pemaknaan games yang dikaitkan dengan program PLS, hal ini bertujuan untuk memberikan contoh-contoh program yang berada dimasyarakat. Pemaknaan games dilakukan oleh tim trainer dengan memberikan rangsangan terhadap mahasiswa PLS 2014 (peserta out bound) sehingga diakhir games peserta dapat mengambil maknanya serta dapat dijadikan pegangan untuk menghadapi tugas-tugas perkuliahan dikampus. Peserta juga diajak untuk menyusuri gelapnya Gua Pindul secara bersama-sama.

Tosca Organizer dalam proyek Orientasi Jurusan ini berusaha untuk membantu dan menjawab kebimbangan mahasiswa baru 2014 tentang PLS, agar mereka paham akan eksistensi PLS dan ranah kerja kedepannya. Totalitas yang diberikan tersebut karena crew Tosca merupakan alumni dari jurusan PLS FIP UNY. Tampak kepuasan dari peserta OJ ketika acara penutupan yang dilaksanakan di salah satu home stay dengan kekompakan yang mulai terlihat ketika mereka berteriak, bernyanyi dan mengucapkan terimakasih kepada Tosca Organizer. “Kepuasan dan kebahagiaan kalian membuat all crew Tosca tak merasa lelah, senyum manis untuk OJ 2014”. Salam Luar Sekolah. (Galih SE)

dikirim Oleh
Galih PLS UNY
galih_sumaraherilantu@yahoo.com

foto  tosca 1

foto tosca 2

foto tosca 3

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar

    Ide yang sangat kreatif