PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS

  • Teori Kritis

Teori kritis adalah sebutan untuk orientasi teoritis tertentu yang bersumber dari Hegel dan Marx, disistematisasi oleh Horkheimer dan sejawatnya di Institut Penelitian Sosial di Frankfurt, dan dikembangkan oleh Habermas. Secara umum istilah ini merujuk pada elemen kritik dalam filsafat Jerman yang dimulai dengan pembacaan kritis Hegel terhadap Kant. Secara lebih khusus, teori kritis terkait dengan orientasi tertentu terhadap filsafat yang dilahirkan di Frankfurt.
Sekelompok orang yang kemudian dikenal sebagai anggota Mazhab Frankfurt adalah teoritisi yang mengembangkan analisis tentang perubahan dalam masyarakat kapitalis Barat, yang merupakan kelanjutan dari teori klasik Marx. Mereka yang bekerja institut penelitian ini diantaranya Max Horkheimer, Theodor Adorno, Herbert Marcuse dan Erich Fromm di akhir tahun 20-an dan awal tahun 30-an. Setelah berpindah ke Amerika Serikat karena tekanan Nazi, para anggota Mazhab Frankfurt menyaksikan secara langsung budaya media yang mencakup film, musik, radio, televisi, dan budaya massa lainnya. Di Amerika saat itu, produksi media hiburan dikontrol oleh korporasi-korporasi besar tanpa ada campur tangan negara. Hal ini memunculkan budaya massa komersial, yang merupakan ciri masyarakat kapitalis dan, kemudian, menjadi fokus studi budaya kritis. Horkheimer dan Adorno mengembangkan diskusi tentang apa yang disebut industri kebudayaan yang merupakan sebutan untuk industrialisasi dan komersialisasi budaya dibawah hubungan produksi kapitalis.
Tokoh lain yang kemudian menjadi identik dengan teori kritis adalah Jurgen Habermas. Dia bergabung dengan Institut Penelitian Sosial di universitas Frankfurt, yang didirikan kembali oleh Horkheimer dan Adorno, pada dekade pasca perang dunia kedua. Tulisan ini berusaha memaparkan teori kritis dengan membaca pikiran Adorno dan Habermas. Yang pertama mewakili generasi â„¢pendiriâ„¢ teori kritis, sedang yang kedua adalah penerus yang membaca dan mengkontekstualisasi ulang teori kritis di zaman yang lazim di sebut posmodern. Sebagai pengantar akan lebih dahulu dipaparkan posisi teori kritis dalam konteks pemikiran filsafat.

Download artikel lengkap Disini

  PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS (unknown, 411 hits)



Loading...

7 Comments

  1. Teori kiri mang cocok banget om…apalagi Islam kiri…wkwkwkw…

  2. Edi Basuki says:

    kayaknya asik tuh bukunya…..alumni pls emang harus kenal teori kiri agar idealisme tak padamtetap semangat dalam pengabdian

  3. Edi says:

    kayaknya asik tuh bukunya…..alumni pls emang harus kenal teori kiri agar idealisme tak padamtetap semangat dalam pengabdian

  4. Edi Basuki says:

    islam kiri itu maksudnya orang islam yang domisilinya di kiri masjid….wkwkwkwkwkwk…

  5. Panji says:

    Teori kiri mang cocok banget om…apalagi Islam kiri…wkwkwkw…

  6. Edi says:

    islam kiri itu maksudnya orang islam yang domisilinya di kiri masjid….wkwkwkwkwkwk…

Leave a Comment