Pelatihan Audit Sosial diselenggarakan Lembaga Ombudsman DIY

Imadiklus Indonesia mengikuti pelatihan Audit Sosial yang diadakan oleh Lembaga Ombudsman (LO) DIY. Kegiatan Audit Sosial diselenggarakan di Kantor LO...

DAYUNG ILMU : MARI PEDULI PENDIDIKAN DESA
JUARA 1 SURAT CINTA UNTUK IMADIKLUS INDONESIA DARI RIDWAN PRATAMA

Imadiklus Indonesia mengikuti pelatihan Audit Sosial yang diadakan oleh Lembaga Ombudsman (LO) DIY. Kegiatan Audit SoIMG_20160516_085745sial diselenggarakan di Kantor LO DIY pada hari Senin, 16 Mei 2016 dengan dihadiri oleh 26 peserta dari berbagai bidang ilmu. Lembaga Ombudsman DIY merupakan suatu lembaga independen yang memiliki fungsi melakukan advokasi dan untuk mengaudit seluruh pelayanan di Lembaga Pemerintahan dan Swasta yang diadukan kinerjanya.

Sebagai suatu lembaga independen, Lembaga Ombudsman yang dilindungi Undang-undang ini berhak untuk melaksanakan Audit terhadap lembaga yang telah menyalahi prosedur atau aturan yang telah dibuat. Selain itu Lembaga Ombudsman dapat berperan sebagai mediator penyelesaian konflik antara lembaga dan pihak yang dirugikan. Sehingga tidak terjadi penyelewengan terhadap otoritas yang dimiliki oleh lembaga.

Materi dalam pelatihan audit sosial ini dibagi menjadi 2 bagian yakni: Materi Dasar Audit Sosial dan Praktek Audit Sosial. Pada materi dasar Audit sosial, peserta diberikan gambaran tentang audit sosial mulai dari teori dan studi kasus yang pernah terjadi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode belajar andragogy dimana setiap peserta merupakan narasumber yang sengaja di setting untuk saling memberikan informasi satu sama lain. Dalam materi dasar ini, peserta diharapkan mampu untuk mengerti dasar Audit Sosial yang dilakukan oleh LIMG_20160516_155310embaga Ombudsman sebelum dilakukan tindak lanjut pada praktek Audit Sosial.

Setelah memahami dasar Audit Sosial, seluruh peserta dibagi menjadi tiga (3) kelompok dimana setiap kelompok diberikan tugas untuk mencari suatu permasalahan lembaga yang diketahui. Setelah ditentukan bidang yang akan di audit, peserta diberikan arahan untuk mengidentifikasi masalah dengan sangat jelas, kemudian dilanjutkan pada tahapan menemukan penyebab permasalahan yang terjadi dan diakhir peserta diajak menentukan solusi dari permasalahan tersebut. Setelah setiap kelompok selesai melakukan serangkaian persiapan analisis, kemudian setiap kelompok melakukan presentasi untuk setiap permasalahan yang dikaji dan diberikan masukan. Setelah selesai melaksanakan presentasi, kemudian dilakukan perangkuman terhadap keseluruhan materi yang disampaikan. Hasil Rangkuman seluruh materi disampaikan agar menyatukan persepsi peserta tentang tujuan dilaksanakannya pelatihan sehingga setiap peserta dapat memiliki pengetahuan yang cenderung sama melalui pelatihan Audit Sosial ini.

Peserta yang telah mengikuti Pelatihan Audit Sosial ini diharapkan mampu untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dimasyarakat tentang pelayanan Lembaga Pemerintahan at aupun Swasta sehingga semakin banyak orang yang dapat mengetahui bagaimana dapat mengadukan pelanggaran terhadap pelayanan publik.

COMMENTS

WORDPRESS: 0