PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

0
Dibaca 6.740

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF  PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH[1]

Oleh Roesminingsih[2]

imagesPersoalan penting yang dihadapi dunia pendidikan, khususnya pendidikan luar sekolah, adalah: jenis, satuan dan model pendidikan luar sekolah dengan kualitas seperti apa yang diharapkan dapat menjawab dan mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi. Telaah yang berbasis pada kerangka pemikiran teori Andragogi (Andragogy), Pendidikan Sosial (Social Education), dan Pembangunan masyarakat (community development), sudah sejak lama menjadi core pada pengembangan berbagai program maupun keilmuan PLS. kini, seirama dengan perubahan konstelasi peradaban manusia, core itu bangkit bersama pergeseran paradigma pendidikan yang sejalan dengan demokratisasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Namun dalam kenyataannya belum semua pemikiran teori tersebut menjadi fokus dalam pengembangan PLS dalam tataran empirik  khususnya  adalah: bagaimana bersama pihak lain yang makin menyadari adanya perubahan paradigma pendidikan melalui konsep pemberdayaan masyarakat (community empowering) Peran-peran apakah yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan tenaga profesional agar mereka mampu menjadi pemberdaya masyarakat?

1.       Konsep Pendidikan Nonformal

Pendidikan nonformal kata lain dari pendidikan luar sekolah sebenarnya bukanlah barang baru dalam khasanah budaya dan peradaban manusia. Pendidikan luar sekolah telah hidup dan menyatu di dalam kehidupan setiap masyarakat jauh sebelum muncul dan memasyarakatnya sistem persekolahan. PLS mempunyai bentuk dan pelaksanaan yang berbeda dengansistem yang sudah ada di pendidikan persekolahan. PLS timbul dari konsep pendidikan seumur hidup

dimana kebutuhan akan pendidikan tidak hanya pada pendidikan persekolahan/pendidikan formal saja. PLS pelaksanaannya lebih ditekankan kepada pemberian keahlian dan keterampilan dalam suatu bidang tertentu.

Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan pendidikan nonformal antara lain:

Pendidikan Luar sekolah, atau pendidikan nonformal adalah setiap kegiatan yang terorganisasi dan sistematis di luar sistem persekolahan yang mapam, dilakukan secara mandiri atau merupakan bagian penting dari kegiatan yang lebih luas, yang sengaja dilakukan untuk melayani peserta didik tertentu didalam mencapai tujuan belajarnya (Coombs, dalam Sudjana, 2000).

Tujuan pendidikan nonformal adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan (belajar) warga masyarakat dimana kebutuhan pendidikan sangat beragam, dengan memberikan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas kepribadian, meningkatkan kesejahteraan hidup, membangun kehidupan sosial yang dinamis, dan terwujudnya kehidupan berpolitik yang partisipatoris.

Suzanna Kindervatter  mengemukakan definisi pendidikan luar sekolah sebagai suatu metoda penerapan kebutuhan, minat orang dewasa dan pemuda putus sekolah di negara berkembang, membantu dan memotivasi mereka untuk mendapatkan keterampilan guna menyesuaikan pola tingkah laku dan aktivitas yang akan meningkatkan produktivitas dan meningkatkan standar hidup (dalam Sudjana, 2000). Dia menyatakan bahwa pendidikan luar sekolah sebagai “empowering process”. Empowering process adalah pendekatan yang bertujuan untuk memberikan pengertian dan kesadaran kepada seseorang atau kelompok guna memahami dan mengontrol kekuatan sosial ekonomi dan politik sehingga dapat memperbaiki kedudukannya dalam masyarakat. Program pembelajaran dalam empowering process dirancang untuk memberi kesempatan kepada para anak putus sekolah, dengan menganalisis keadaan kehidupan mereka guna, mengembangkan keterampilan yang dikehendaki agar dapat merubah keadaan kehidupan mereka.

Pendidikan nonformal sebagai lembaga pendidikan masyarakat, dapat diklasifikasi menjadi tiga jenis program yaitu developmental, institutionsl, dan informasional (Boyle, dalam Mundzir, 2010). Masing-masing akan dijelaskan

________________

[1] Makalah disampaikan dalam rangka Seminar Nasional Di Malang

[1] Dosen dan Gurubesar  dari jurusan PLS FIP Unesa

Download paparan makalah dan persentasi selangkapnya

  PEMBERDAYAAN_MASYARAKAT_DALAM PERSPEKTIF_PENDIDIKAN LUAR_SEKOLAH _PPM_Roesminingaih Di download (172,2 KiB, 828 hits)

Tinggalkan Balasan