PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH ADALAH SARJANA SEMUA JURUSAN WHY….???

44
Dibaca 33.159

Tulisan ini terinpirasi dari teman PLS dari medan ,dan postingan teman UPI, yang mengalami kebingungan tentang kemana arah ketika dia nanti setelah lulus mau bekerja? Karena terlalu luas garapan pendidikan non formal saking luasnya malah tidak punyas pesifikasi, dan terkadang mereka yang bukan jurusan PLS lebih ahli, saya sepakat dengan teman dari medan ini, karena saya anggap masalah PLS adalah JIWA siapa saja bisa melakukan tanpa harus kuliah di PLS kalau memang jiwanya PLS ( maksute apa mas? Piker sendiriya!)

Teman memang sudah terlambat kita untuk mengeluh dan mengumpat terhadap takdir kita kuliah di jurusan PLS, ibarat kalau kita sudah menceburkan diri maka harus berenang, mari berjuang dari diri masing masing untuk PLS, harus dari semua pihak untuk melakukan perubahan karena idialis saja tidak cukup kalau berbenturan kebijakan, bagi saya kalau memang tidak bisa berubah tutup saja sekalian, karena cita-cita akan menjadi mimpi dan jangan sampaiini teruster jadi.

Kenyataan dilapangan bagi para lulusan, lowongan pekerjaan yang akan di tulis dengan jelas beserta formasinya hanyalah pada saat CPNS ( sepengetahuan saya ) pada saat musim CPNS banyak dari para alumni berburu formasi untuk Pendidikan Luar Sekolah, atau mendapatkan formasi S1 Segala Jurusan (ironis memang) mungkin cukup senang karena disana ada harapan, heee bahas CPNSnya sudah ya ( karena ada yang masih idialis PLS ngak harus jadi PNS seperti kata teman kita Deria ).

Ditempat teman-teman berada saat ini pastilah ada Koran daerah, dan disitu coba cari bagian lowongan untuk S1 PendidikanLuarSekolah,ada? Pastinya sangat kesulitan, banyak tercatat disitu adalah jurusan lain yang mempunyai keahlian khusus dan spesifik, Lha sekarang apa keahlian khusus PLS, Semua jurusan jawabnya ( menurut saya Lhoo,) karena ketika kita melamar disuatu prusahaan/bidang swastakita bisa masuk didalam S1 semua jurusan, atau kitakenal orang dalam dan tau akan keaahlian kita dilain bidang, Bahas mencari kerjanya udahya ( karena ada yang idialis kita harus menciptakan pekerjaan bukan mencari pekerjaan ( WIRASWASTA)

Ada juga yang berpendapat kita sebagai mahasiswa PLS kita jangan mencari pekerjaan tapimen ciptakan, menurut saya bagian ini adalah bukan masalah sarjana PLS atau bukan melainkan jiwa dan kesempatan, tanpa harus kuliah, tanpa harus di PLS kalau orang tersebut punya jiwa wiraswasta dan kesempatan pasti bisa, dan saya rasa ini merupakan harapan yang pada umumnya

Teman yang jelas PLS tidak salah kalian kuliah juga tidak salah, dan bukan saatnya kita saling menyalahkan namun mencari solusi yang solutif bersama, saya hanya mencoba menuliskan pengalaman pribadi saja, mudah- mudahan pengalaman teman-teman lebih baik atau sama

Tujuanawan tulisan ini adalah biar kita semangat berubah , berubah lebih baik itu harapan kita dan tetep semangat, dan dimulai dengan :

  1. Milikilah PLS (sense of belonging)
  2. Belajarlah dan dalamin PLS
  3. Dan Bangga lah menjadi pejuang PLS untuk membangun masyrakat

“Dimulai dari kepercayaan pada diri sendiri untuk mendapatkan kepercayaan orang lain

diamnya orang tertindas, lebih hina dari penindas itu sendiri.Mari kita bersuara. Mendobrak untuk lebih baik.

[poll id=”2″]

44 KOMENTAR

  1. yayaya…saya sepakat saya sendiri lulusan PLS emang masih susah cair kerja yang sesuai jurusan…bahkan yang untuk bagian PLS sendiri seperti SKB waktu pendaftaran CPNS butuhnya jurusan bahasa ingris, matematika, keterampilan dan lainnya…tapi ya sudahlah..rejeki ada dimana-mana ya kan?

  2. yayaya…saya sepakat saya sendiri lulusan PLS emang masih susah cair kerja yang sesuai jurusan…bahkan yang untuk bagian PLS sendiri seperti SKB waktu pendaftaran CPNS butuhnya jurusan bahasa ingris, matematika, keterampilan dan lainnya…tapi ya sudahlah..rejeki ada dimana-mana y

  3. yang lebih utama adalah, mahasiswa PLS harus semakin peduli dengan program PLS, karena banyak sekali program PLS di luar sana yg tidak pernah di tengok itu, pelaksanaannya asal-asalan, karena dipegang oleh orang2 non PLS yang hanya berupaya mengumpulkan harta melalui blockgrant.. tidak semua tapi ada.. alangkah baiknya jika mahasiswa/ lulusan PLS yg jadi pelaksana program-program itu, saya yakin mahasiswa PLS jujur semua…. amien….

  4. yang lebih utama adalah, mahasiswa PLS harus semakin peduli dengan program PLS, karena banyak sekali program PLS di luar sana yg tidak pernah di tengok itu, pelaksanaannya asal-asalan, karena dipegang oleh orang2 non PLS yang hanya berupaya mengumpulkan harta melalui blockgrant.. tidak semua tapi ada.. alangkah baiknya jika mahasiswa/ lulusan PLS yg jadi pelaksana program-program itu, saya yakin mahasiswa PLS jujur semua…. ami

  5. Ya.. Kalau gak bangga, masa saya harus kuliah lagi jurusan lain (Keburu tua kali). Ini saja 6 tahun lebih (13 semester) baru selesai… Harus dibanggain dong!!. he..he..he..

    • bener banget… gimana dong, kalo gini mulu apa gak kabur para mahasiawanya.. harusnya dengan adanya seminar-seminar itu, PLS ini lebih ada kejelasan. Ngak ngegantung gini. kalo di bilang bangga, aku bangga banget jadi mahasiswa PLS.

      PLS ini harusnya ada suatu yang baru,, jangan hanya mengiming-imingkan tpi ada suatu kebijakan yang tegas dan realisasinya dilingkungan mahasiaswa PLS..
      sip-sip-sip…

  6. Ya.. Kalau gak bangga, masa saya harus kuliah lagi jurusan lain (Keburu tua kali). Ini saja 6 tahun lebih (13 semester) baru selesai… Harus dibanggain dong!!. he..he

  7. kokk bsa gtu sih??
    pahal saya udah dftar k jurusan PLS…
    memprhatinkan sekali…
    apa jadi nya para orang y lulusan PLS??
    masa nganggur…
    udah capek2 jga..
    jdii…ptah semangat nih…

    • lowongan pekerjaan untuk PLS itu sangat minim…

      :/

      saya ragu,, gmna nantik stlah saya jadi S1 PLS,,
      psti sangat sulit skali cari kerja jurusan PLS

      :/

      kan gk mungkin jadi pengguran..

  8. Iya, saya sedih banget setiap liat lowongan CPNS pasti PLS tiidak pernah ada. sampai sekarang masih bingung, sedangkan umur terus nambah, gimana nich….harus nunggu sampai kapan? Semangat yang dulu pengen jadi PN, eh sekarang pudar lah…….

  9. saya tetap bangga pada jurusan PLS,karena PLS ntu mencakup banyak pengetahuan,,dari pendidikan seumur hidup,orang dewasa,PAUD,masyarakat..saya senang dengan jurusan ini..terutama karena berkaitan langsung dengan masyarakat..jdi jiwa2 sosial nya terus berkembang..

    ttap semanngat.!!

  10. sesal kemudian tidak ada arti…bukan penyesalan yang kita bahas untuk jurusan ini tapi apa dan bagaimana solusinya…kasian kan alumni kita yang tidak dapat kerja…

  11. Jangan hanya terfokus pada CPNS kawan. Jurusan ini sangatlah luas jika kalian ingin mempelajarinya, memahaminya, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari2. Salah satu Ide terbesar dalam PLS yaitu “pembelajaran orang dewasa” dalam makna sebenarnya yaitu menjadi seseorang yg lebih dewasa dalam berfikir dan bertindak. Dalam dunia kerja yg sebenarnya kalian dpt mempelajari pekerjaan yg kalian lakukan maksimal 3 bulan dan kalian akan menjadi ahli pada scope tersebut, mengapa krn kalian secara monoton melakukan pekerjaan tsb setiap hati selama 8 jam dan kalian bisa mempraktekkan keahlian PLS didalam pekerjaan tsb. Salah satu hal yg saya pelajari ketika saya masih kuliah di PLS UM Progsus Manajemen Pelatihan dan ini sangat membantu saya dalam dunia pekerjaan saya saat ini di Dunia Logistik adalah pemahaman mengenai sebab akibat, dan ini dapat diaplikasikan dalam konteks yang begitu luasnya dalam kehidupan pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari2. Dalam PLS kita dididik utk memahami konteks ini agar dapat mencari solusi yg tepat pada permasalahan yg dihadapi di masyarakat. Oleh karena itu, tetaplah optimis dan teruslah memperdalam ilmu2 ke PLS an kalian dan jangan terfokus pada CPNS, masih banyak pekerjaan2 lain diluar sana yg membutuhkan tenaga dan ide2 kalian baik dr swasta maupun BUMN.

    Note: Saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan BUMN yg bergerak di sektor Logistik ternama di Indonesia tanpa tes dan tanpa bantuan orang dalam sama sekali, posisi yg saya jabat 2 tingkat dibawah Direksi dan banyak bawahan2 saya dari jurusan lain dan umurnya jauuh lebih tua dari saya. Sekedar diketahui saya alumni PLS Universitas Negeri Malang lulus thn 2006 dengan umur 31 thn.

  12. Bagi teman-teman yang merasa salah jurusan, sebaiknya segera pindah jurusan. Agar tidak semakin menyesal nanti, saat lulus..!

    Bagi teman-teman yang merasa salah jurusan, tapi sudah terlanjur basah, bersegeralah untuk menikmati indahnya jurusan ini..!

    Bagi teman-teman yang mantap di jurusan ini, percayalah, bahwa pekerjaan apapun itu, pasti terkait dengan jurusan ini..!

  13. Bismillah, saya yakin PLS tak sengeri itu. saya PLS’16 unsika…
    Saya kuliah dengan membawa harapan yg besar dari keluarga saya.
    Semoga selalu ada jalan menuju lebih baik lagi bagi kita.

Tinggalkan Balasan