Pendidikan Luar Sekolah dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

0
Dibaca 763

Pendidikan Luar Sekolah dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat. Harapan adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan berbuah kebaikan di waktu yang akan datang. Berbicara tentang harapan, banyak sekali mimpi-mimpi yang ingin kita wujudkan. Pada umumnya harapan berbentuk abstrak dan tidak tampak, namun harapan selalu dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud.

Salah satunya adalah harapan agar pendidikan di Indonesia lebih maju, dari segi kurikulum, metode pembelajaran, tentor dan tentunya fasilitas. Terlebih lagi pendidikan yang ditempuh diluar jalur formal, ya kita bisa menyebutnya pendidikan luar sekolah, pendidikan non formal dan masih banyak lagi. Karena tidak semua masyarakat menempuh pendidikan  jalur formal (persekolahan) maka harusnya pendidikan dijalur non formal harus lebih dikenalkan dan dikembangkan pada masyarakat, sebab faktanya masyarakat sangat awam tentang pendidikan luar sekolah. Lalu bagaimana masyarakat yang tidak dapat menempuh pendidikan jalur formal namun sangat awam dengan pendidikan dijalur non formal ? Bagaimana tentang kualitas mereka ? Bagaimana mereka mendapatkan pekerjaan yang layak ? Tidak berbicara tentang nasib, jika berbicara tentang nasib tidak akan ada ujungnya, karena semua jawaban akan dijawab dengan kata “Takdir” .

Pendidikan luar sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta dapat mengembangkan potensi yang ada didalam diri masyarakat, agar dapat membuka lapangan kerja baru. Peran serta pemerintah juga sangat diharapkan untuk mengembangkan citra pendidikan luar sekolah ini. Karena sejatinya pendidikan luar sekolah juga akan membawa dampak yang luar biasa untuk kemajuan bangsa Indonesia, entah dalam segi harkat dan martabat ataupun materi. Keantusiasan masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk eksistensi pendidikan non formal.


Penulis:

Balqis Laras Pertiwi
PLS UNESA 2016

Tinggalkan Balasan