Pendidikan Luar Sekolah di Mesir (Mata Kuliah PLS Perbandingan)

GAMBARAN UMUM TABEL GAMBARAN UMUM NEGARA MESIR Letak Geografis Mesir adalah salah satu negara berkembang yang terletak di kawasan Afrika Utara. Secara...

Berbagai Alasan Munculnya Pendidikan Luar Sekolah
Lomba Esai Nasional Pendidikan Non Formal 2016
  1. GAMBARAN UMUM
  1. TABEL GAMBARAN UMUM NEGARA MESIR
Letak Geografis Mesir adalah salah satu negara berkembang yang terletak di kawasan Afrika Utara. Secara geografis negara ini berbatasan dengan Jordania, Kuwait, dan Irak di sebelah utara, Laut Merah di sebelah barat, Qatar dan Uni Emirat Arab di sebelah timur, serta Yaman dan Oman di sebelah selatan.
Luas Wilayah 997.739 km2
Ekonomi Ekonomi Mesir sangat tergantung pada pertanian, peternakan, pertambangan, perindustrian, perdagangan, dan pariwisata
Budaya Mesir sangat terkenal sebagai salah satu pusat kebudayaan dunia pada zaman purba. Peninggalan-peninggalan kebudayaan Mesir, sepert piramida, sphinx, obelisk, dan hiroglif.
Sosial Pelanggaran nilai-nilai kemanusiaan kembali dialami rakyat Mesir setelah terjadi perbedaan tentang pokok ajaran agama antara pemeluk agama Kristen di Romawi dengan pemuka agama Kristen di Mesir, sampai akhirnya datang umat Islam dari Jazirah Arab tahun 641 M. membebaskan Mesir dari penindasan dan pemerasan bangsa Romawi.
Sejarah Secarah historis, perkembangan dan pembaharuan pendidikan di Mesir di mulai pada saat mendaratnya Napolean Bonaparte (1798-1799) di Mesir karena merekalah yang mengenalkan kemajuan Barat. Di saat itu, Kerajaan Usmani dan kaum Mamluk yang menguasai mesir sudah sedikit melemah. Napolean Mendarat  di Alexandria pada tanggal 2 juni 1798 dan keesokan harinya kota pelabuhan yang penting ini jatuh. Sembilan hari kemudian, Rasyid, suatu kota yang terletak di sebelah timur Alaxandria, jatuh pula. Pada tanggal 21 juli tentara Napoleon sampai di daerah Piramid di dekat Cairo. Pertempuran terjadi di tempat itu dan kaum Mamluk karena tak sanggup melawan senjata-senjata meriam Napoleon, lari ke Cairo.
Bahasa (bahasa Arab: ???, Masr)
Sistem Negara Republik Mesir
Jumlah Penduduk Pada tahun 2002 kurang lebih sekitar 60 juta jiwa, dengan angka pertumbuhan 3% per tahun
Agama Mayoritas beragama Islam

  1. PENDIDIKAN NON FORMAL

 

PENDIDIKAN NONFOMAL DI NEGARA MESIR

NEGARA MESIR

Sistem Pendidikan di negara Mesir meliputi :

  1. Sekolah Dasar (Ibtida’i). selama 5 tahun
  1. Sekolah Menengah Pertama (I’dadi). Selama 3 tahun
  1. Sekolah Menengah Atas (Tsanawiyah ‘Ammah). Selama 3 tahun
  1. Pendidikan Tinggi. Selama 4-6 tahun.

Yang dimana terdiri atas :

  • Sistem Sekolah Sekuler (Umum)

Pendidikan wajib di mesir berlaku sampai Grade 8 yang ingin dikenal sebagai pendidikan dasar (Ibtida’I dan I’dadi) . Ada pendidikan taman kanak-kanak dan play group yang mendahului pendidikan dasar, tapi jumlahnya sangat kecil dan kebanyakan berada di kota-kota. Pendidikan dasar ini dibagi menjadi dua jenjang. Jenjang pertama yang dikenal dengan “Sekolah Dasar” mulai dari “Grade 1” samapai “Grade5” , dan jenjang kedua, yang dikenal dengan “Sekolah Persiapan”, mulai dari “Grade 6” sampai ”Grade” 8. Sekolah persiapan ini baru menjadi pendidikan wajib dalam tahun 1984.

  • Sistem Sekolah Al-Azhar

Sistem sekolah ini hampir sama dengan sistem sekolah sekuler ada tingkatan sekolah dasar. Perbedaannya ialah bahwa pendidikan agama Islam lebih mendapat tekanan. Tetapi, untuk mata pelajaran kurikulumnya seperti pada sistem sekolah sekuler. Grade 10 dan Grade 11 sama untuk semua murid. Pada akhir Grade 11, murid boleh memilih apakah ingin masuk ke sekolah umum dua tahun lagi atau masuk ke sekolah agama selama dua tahun.

  • Pendidikan Nonformal

Pendidikan Nonformal didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan pendidikan terencana diluar sistem pendidikan ini dimaksudkan untuk melayani kebutuhan pendidikan bagi kelompok-kelompok orang tertentu apakah itu anak-anak,generasi muda, atau orang dewasa; apakah mereka laki-laki atau perempuan, petani, pedagang, atau pengrajin; apakah mereka dari keluarga orang kaya atau keluarga miskin.

  1. KESIMPULAN

 

NEGARA MESIR

Mesir, saat ini menjadi salah satu Negara Islam yang menjadi kiblat peradaban dunia. Semanagat pembaharuan peradaban dan pendidikan di Mesir, awalnya mulai lahir ketika pasukan Napoleon berhasil menduduki Mesir.

Sejarah pendidikan di mesir ditandai dengan kedatangan Napoleon Bonaparte menguasai Mesir sejak tahun 1798 M. Kehadiran Napoleon Bonaparte di samping membawa pasukan yang kuat, juga membawa para ilmuwan dengan seperangkat peralatan ilmiah untuk mengadakan penelitian.

Tokoh pembaharuan pendidikan di mesir adalah: Muhammad Ali Pasya, At Tahtawi, Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, Jamaludin Al Afgani, Ali Mubarak, Thaha Husien. Pendidikan wajib di Mesir berlaku sampai grade 8 yang dikenal sebagai pendidikan dasar. Yang kemudian dilanjutkan pada sekolah menengah umum, tahun pertama (Grade 9), selanjutnya Grade 10 murid harus memilih antara bidang sains dan non sains (IPA vs Non-IPA) untuk Grade 10 dan 11. Kebijakan pendidikan di Mesir dalam menyiapkan lulusan pendidikan memiliki daya kompetitif yang global, yang kesemuanya bertujuan untuk meninglkatkan SDM dan perekonomian.

 

DAFTAR PUSTAKA :

http://www.kaplaninternational.com/id/resources/education-system/ireland-guide.aspx

http://www.hotcourses.co.id/study-in-ireland/university-applications/about-irish-institutions/

https://sulitabatigol.wordpress.com/2014/10/10/sepuluh-negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-di-dunia/

COMMENTS

WORDPRESS: 0