Pendidikan Luar Sekolah Memiliki Prospek Kerja Luas

0
Dibaca 468

Pendidikan Luar Sekolah Memiliki Prospek Kerja Luas. Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting bagi Negara. Karena Negara tidak dapat maju dan berkembang apabila rakyat dan pemerintahannya tidak memililki moral dan pendidikan yang baik. Jika Negara tidak memiliki pendidikan Negara tersebut akan hancur dan tidak menjadi Negara yang seutuhnya. Oleh sebab itu, pendidikan salah satu kunci yang menjamin Negara maju dan berkembang. Jika rakyatnya berkependidikan maka rakyat tersebut akan memiliki moral dan etika yang baik bagi negar dan kunci Negara maju dan berkembang dilihat dari segi isinya yaitu rakyat dan pemerintahannya.

Banyak sekali pendidikan di Indonesia dari berbagai bidang, seperti Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan B.Ingggris, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Luar Sekolah, dan masih banyak lagi. Pendidikan pendidikan tersebut hanya mencakup dalam satu bidang saja, contohnya Pendidikan Matematika. Pendidikan Matematika hanya menguasai ilmu matematika nya saja yang lebih diperdalam. Tetapi ada salah satu pendidikan yang membahas semuanya meskipun tidak terlalu memperdalam semuanya yaitu Pedidikan Luar Sekolah.

Pendidikan Luar Sekolah merupakan pendidikan formal dan non formal. Pendidikan Luar Sekolah ( PLS )  ternyata memiliki prospek kerja yang luas tidak hanya dalam satu bidang saja, seperti halnya lulusan Pendidikan Luar Sekolah mampu bekerja di formal atau nonformal education. Salah satu lulusan Pendiidikan Luar Sekolah ( PLS ) mampu bekerja menjaadi Guru Bimbingan Konseling ( BK ), selain itu PLS juga dapat menjadi Guru PAUD/TK, dapat menjadi wirausaha, mendirikan les lesan, mendirikan sekolahan, dan masih banyak lagi.

Jadi Pendidikan Luar Sekolah ( PLS ) Memiliki prospek kerja yang sangat luas. Dan bisa di bandingan dengan zaman sekarang banyak sekali anak-anak diluar sana yang sudah putus sekolah, manjadi pengamen atau pengemis misalnya, dan selain anak-anak banyak sekali orang dewasa yang belum bisa membaca atau pun menulis. Maka itu semua merupakan prospek kerja Pendidikan Luar Sekolah ( PLS ).  Jadi Pendidikan Luar Sekolah ( PLS ) memiliki tugas yang besar merupakan pamong belajar bagi masyarakat. Pendidikan Luar Sekolah ( PLS ) mengetahui tentang psikologi psikologi tarutama tantang psikologi anak.

 


 

Penulis

Aulia Fatmatamawani
PLS UNSIL 2017

Tinggalkan Balasan