Penerapan Hypnoparenting Sebagai Salah Satu Metode Mendidik Anak

0
Dibaca 2.249

PENERAPAN HYPNOPARENTING SEBAGAI SALAH SATU METODE MENDIDIK ANAK

 

Ana Yuliana

PLS UM

(MK Problematika PLS)

PENDAHULUAN

Yang melatar belakangi penulisan judul Penerapan Hypnoparenting Sebagai Salah Satu Metode Mendidik Anak adalah sebagai berikut. Mendidik anak merupakan kewajiban setiap orang tua dengan segala konsekuensinya. Ini bukan merupakan hal yang begitu saja mudah, karena sedikit kesalahn saja bisa mempengaruhi segala perkembangan anak baik secara jasmani ataupun rohani. Orabg tua juga dituntut untuk srlalu mengawasi perkambangan anak  yang selalu mendapatkan pengalaman dari luar. Orang tua harus bisa mengawasai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan olehh seorang anak.

Sejak dilahirkan, seorang bayi memerlukan stimulasi. Sejak detik pertama menghirup udara dibumi  bayi menatap sesuatu dengan pandangan terfokus dan menyukai rangsangan visual yang kompleks daripada yang sederhana. Mereka lebih suka melihat pola warna-warni daripada yang hanya satu warna. Dan yang paling mereka suka, seiring dengan berkembangnya kemampuan melihat dan memfokuskan matanya, adalah melihat wajah orang lain. Ketika mulai belajar menggunakan kedua kaki dan tanganya, mereka menganggap semua benda yang menarik perhatianya harus diselidiki, dirasakan, dan diperhatikan dengan serius.

            Mereka semua mengembangkan indera sensori dan motoriknya secara maksimal untuk merasakan dunia sekitarnya dan dari situlah mereka mendefinisikan sesuatu. Mereka menggunakan mulut dan mata, kemudian tangan dan akhirnya seluruh tubuhnya. Dan dari situlah bahkan bisa dikatakan sejak bayi dilahirkan, kita mulai menghipnosisnya dengan memasukkan berbagai program. Dari situlah segala keterbatasan mulai dikembangkan, kita mulai memasang tembok mental disekeliling sang anak.

            Jika seorang bayi kita dianggap sebagai computer, kita, orang tuanya, adalah pemasang oprating systemnya. Program apa yang kita masukkan itulah yang nantinya akan dijalankan. Tuhan YangMaha besar, Sang Maha Pencipta adalah pabrik komputernya. Tuhanlah yang memasang dan menentukan semua hardwarenya. Dailah sang pencipta yang menentukan komponen apa yang terpasang pada diri manusia. Dan semua ciptaanya adalah adalah sempurna dan canggih.

            Hanya saja begitu computer canggih sampai ditangan pengguna, kemampuan kemampuan computer tersebut tergantung pada si pengguna. Jika pengguna memasang operating system yang kuno, super computer tersebut tidak akan maksimal, tidak bisa menunjukan kehebatan si pembuat. Atau jika kita  memasang operating systemnya  yang canggih tapi terserang virus, super computer itu juga akan beroperasi dengan lambat bahkan bisa macet dan rusak.

            Itulah sebabnya, sangat penting bagi orang tua untuk memiliki ilmu mendidik anak agar orang tua tidak salah langkah dalam mendampingi perkembangan anak. Karena orang tua harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar memiliki konsep diri yang matang dan sudah pandai dalam mengambil sikap, dan salah satu metode yang saat ini sedang dikembangkan adalah metode hipnoparenting.

            Permasalahan yang diangkat oleh penulis adalah (1) apa yang dimaksud hypnoparenting dan hipnotis; (2) bagaimana sejarah terjadinya hypnoparenting; (3) bagaimana penerapan hypnoparenting terhadap anak; (4) apa saja macam-macam hypnoparenting.

            Adapun tujuannya adalah untuk (1) menjabarkan konsep hypnoparenting dan hipnotis; (2) mengetahui sejarah terjadinya hypnoparenting; (3) mengetahui penerapan hypnoparenting terhadap anak; (4) mendeskripsikan macam-macam hypnoparenting.

 

 

PEMBAHASAN

HYPNOPARENTING

Hypnoparenting adalah gabungan dari dua suku kata yaitu “hypnosis”  dan “parenting”.  Kata hypnosis biasa kita sebut dengan hypnosis atau hipnotis. Kata hipnotis mengacu pada proses penurunan kondisi kesadaran. Kondisi ini terjadi biasanya sehari dua kali Yaitu pada waktu kita akan tidur dan kita akan bangun. Kondisi terhipnotis adalah kondisi antara mata terbuka dan tidur nyenyak. Hypnosis adalah fenomena alamiah yang dialami setiap manusia. Hipnotis adalah orang yang melakukan hypnosis. Parenting adalah segala hal yang berhubungan dengan bagaimana orang tua mendidik dan membesarkan anak-anaknya. Hal ini sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai. Parenting atau opengasuhan anak menuntut suatu profesionalisme. Orang tua tidak hanya mengandalkan pengetahuan mendidik anak dari apa yang dilakukan oleh orang tua kepada kita.  Karena anak tumbuh dan berkembang dalam kondisi dan lingkungan yang berbeda dalam banyak hal, dan terutama karena setiap anak dilahirkan ebagai pribnadi yang unik. Sehingga cara-cara yang untuk si A berhasil dengan baik, belum tentu cocok dengan si B. orang tua harus berhati-hati dan sangat bijak dalam kondisi seperti ini. Namun selalu ada hal umum dalam pengasuhan anak yang perlu diketahui dan dipelajari oleh setiap oranr tua sehingga mereka bisa membesarkan anak-anak mereka dengan baik dan tidak terlalu stress ketika menghadapi kenakalan anak-anak.

SEJARAH AWAL MULA HYPNOSIS

Penggunaan hypnosis sudah ada sebelum sejarah itu sendiri tercatat. Tentu saja waktu itu hypnosis belum dikenal dengan nama “hypnosis”. Hypnosis pada masa dulu dipraktekkan dalam ritual agama maupun ritual penyembuhan.

Catatan sejarah tertua tentang hypnosis yang diketahui saat ini berasa dari Ebers Papyrus yang menjelaskan teori dan praktek pengobatan bangsa Mesir Kuno pada tahun 1552 SM. Dalam Ebers Papyrus diceritakan di sebuah kuil yang dinamai “Kuil Tidur”, para pendeta mengobati pasiennya dengan cara menempelkan tangganya di kepala pasien sambil mengucapkan sugesti untuk penyembuhan. Para pendeta penyembuh tersebut dipercaya memiliki kekuatan magis oleh masyarakat.

Seorang Raja Mesir yang bernama Pyrrhus, Kaisar Vespasian, Francis I dari Prancis dan para bangsawan Prancis lainnya sampai Charles X ternyata juga mempraktekkan cara pengobatan yang intinya memberi sugesti kepada pasien untuk sembuh.

Pada sebuah dinding kuil di India juga digambarkan suatu proses pengobatan pada saat pasien dalam kondisi trance yang dicapai melalui suatu tarian atau gerakan-gerakan monoton dalam acara ritual penyembuhan..

Pada sekitar tahun 1500 Paracelcus memperkenalkan suatu istilah Magnetisme, yaitu dengan magnet seseorang dapat disembuhkan penyakitnya, seperti halnya yang dia lakukan kepada pasien-pasiennya. Cara pengobatan inilah yang kemudian diadopsi oleh Mesmer.

ABAD 18 MUNCULNYA HYPNOSIS MODERN.

Diawali oleh kisah seseorang pendeta katolik bernama Gassner yang tinggal di Klosters sebelah timur Switzerland. Gassner punya teori “seseorang sakit adalah karena kemasukan setan”. Untuk mencapai kesembuhan, setan itu harus dikeluarkan dari tubuh. Berbeda dengan para penyembuh waktu dulu yang menutup diri dari tinjauan medis, Gassner mempersilakan para dokter untuk mengobservasi cara pengobatannya.

Gassner mengobati pasiennya secara bersamaan. Pasien duduk berjajar secara memanjang seperti barisan kursi gereja. Sebelum Gassner keluar untuk menemui pasien, seseorang asisten Gassner memberi semacam ceramah yang salah satu isinya adalah ketika Gassner menyentuhkan tongkat salibnya ke badan pasien, maka pasien akan langsung tersungkur di lantai dan tidak sadarkan diri. Dan itulah yang benar-benar terjadi ketika Gassner menyentuhkan tongkat salibnya ke tubuh pasien satu per satu.

Pasien yang tidak sadarkan diri itu dianggap mati, dan ketika dibangunkan kembali, pasien dianggap lahir kembali dalam kondisi suci dan terbebas dari pengaruh setan. Dalam kondisi pasien tidak sadarkan diri, Gassner memberi sugesti bahwa setan telah diusir dari tubuh pasien. Pada tahun 1770-an, Mesmer termasuk salah satu dokter yang sering menyaksikan cara pengobatan Father Gassner.

Setelah melalui proses sejarah yang panjang, dengan perjuangan para tokoh-tokoh yang mengembangkan dan memperkenalkannya kepada umum, sekarang hypnosis sudah diterima sepenuhnya sebagai alat terapi yang berguna dan aman. Hypnosis telah diakui sebagai salah satu dari metode terapi yang sah oleh berbagai lembaga negara, diantaranya British Medical Association pada 1955, American Medical Association pada 1958, dan American Psychological Association pada 1960.

Artikel Lengkap silahkan DOWNLOAD DISINI dan tinggalkan jejak komen di bawah.

[wp-like-locker]

  Penerapan Hypnoparenting Sebagai Salah Satu Metode Mendidik Anak Di download (364,7 KiB, 547 hits)

[/wp-like-locker]

Tinggalkan Balasan