Pengaruh Teknologi Masakini di Dunia Pendidikan

0
Dibaca 85

Pengaruh teknologi pendidikan saat ini. Mendengar hal isu tentang teknologi pendidikan yang ada difikiran saya adalah pentingnya sebuah pemebelajaran dengan inovasi baru agar tidak ketinggalan zaman dengan cara memanfaatkan teknologi digital saat ini. Caranya tidak harus semua mengikuti tren pembelajaran dengan berbasis teknologi, tetapi kita lihat dulu seberapa butuhkah anak – anak dan orang dewasa. Dengan pengidentifikasian kita jadi tau teknologi pembelajaran yang seperti apakah yang harus kita berikan pada mereka.

            Maraknya media sosial yang berkembang pesat dengan memudahkan penggunanya hanya dengan melalui daget, akan mempengaruhi juga pada proses belajarnya. Misalkan adanya E-Learning, salah satu media pembelajaran yang berbasis teknologi yang saat ini banyak untuk sumber pembelajaranya, karena mudah dan hemat biaya itu salah satu kelebihanya. Didalam sebuah kelebihan tentunya terdapat sebuah kekurangan. misal, penggunaanya harus dengan menggunakan kuota yang harus ada jaringanya, kalau jaringan tidak ada maka E-Learning tidak akan berjalan.

pengaruh teknologi pada pendidiakan masa kini memang sangat terlihat dewasa ini karena sistem pembelajaran di indonesia sendiri sudah banyak yang mengaplikasikan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. sekarang hampir semua orang mengenal internet menurut survei indonesia ada diperingkat ketiga didunia sebagai pengakses terbanyak didunia. meskipun sudah banyak yang mengenal internet tapi tak sedikit juga yang buta internet. ini bisa terjadi karena masih banyak orang yang belum mengerti pentingnya teknologi dan biasanya dipengaruhi oleh rasa ingin tahu yamg kurang.

Teknologi dan pendidikan sendiri memang tidak bisa dipisahkan begitu saja apalagi di era modern dan globalisasi seperti sekarang dimana informasi dapat dicari dalam waktu singkat dari  banyak sumber. teknologi bukan hanya memiliki pengaruh positif saja pada dunia pendidikan melainkan juga mempunyai pengaruh negatifnya. walaupun begitu tapi masih banyak yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir pengaruh negatif tersebut terhadap para murid.

Adapun pengembanganya kita sebagai fasilitator atau pembuat desain inovasi teknologi pendidikanya juga harus tau batasan batasan dalam pemrogramanya, misalnya tidak ada konten yang dapat mempengaruhi hal negatif terhadap pemikiran anak – anak atau warga belajarnya. Justru kita sajkan dengan beberapa hal simple seperti permainan yang mengarah pada pembejarannya. Hal itu adalah salah satu contoh model inovasi baru untuk mengembangan pembelajaran yang positif dan menarik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here