PENGENALAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA

PENGENALAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA DIPERSIAPKAN OLEH DIREKTORAT PEMBINAAN PAUD KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2014 Ku...

LESTARIKAN BAHASA JAWA KRAMA, DONG?
Mengembalikan Anak Pada Masa-Nya

PENGENALAN KURIKULUM 2013

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA

DIPERSIAPKAN OLEH DIREKTORAT PEMBINAAN PAUD KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2014

Kurikulum dipandang sebagai jantungnya sebuah program pendidikan. Kurikulum dapat dipandang sebagai strategi dan cara yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan secara nasional. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyadari betapa pentingnya kedudukan dan peran kurikulum sebagai suatu elemen yang memberi arah dalam program pendidikan. Seyogyanya kurikulum mengarah kepada pemebentukan kompetensi output pendidikan yang bagaimana yang diharapkan. Kompetensi tersebut diharapkan selaras dengan kompetensi yang dituntut sesuai dengan era atau zaman dimana anak menjalani kehidupannya.

Kurikulum 2013 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada dasarnya penguatan terhadap kurikulum sebelumnya dan pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat otentik. Kurikulum 2013 mengusung pada pengembangan kurikulum konstruktivisme yang lebih bersifat fleksibel dalam pelaksanaan tetapi lebih member ruang pada anak untuk mengembangkan potensi dan talentanya. Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan sejak Pendidikan Anak Usia Dini hingga pendidikan menengah. Keajegan model pendekatan disemua jenjang ditujukan untuk membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik yang lebih konsisten sejak awal, sehingga diharapkan peserta didik mampu berkembang menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang keatif, inovatif, dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih luas.

Sebagai jenjang paling dasar, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan menjadi fundamental penyiapan peserta didik menjadi lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi. Untuk pencapaian tujuan tersebut maka perlu diberikan pedoman, pelatihan, dan acuan-acuan yang dapat dijadikan sebagai rujukan para pendidik menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di satuan pendidikannya.

Kami berkeyakinan dengan tekad untuk memajukan negara Indonesia yang lebih maju melalui layanan pendidikan yang lebih baik, maka penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan suatu keniscayaan. Terima kasih

Jakarta, Agustus 2014
Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
Nonformal, dan Informal,

Download Langkap File 

  PENGENALAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA Di download (6,5 KiB, 901 hits)

COMMENTS

WORDPRESS: 0