Pentingnya Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Tenaga Pendidik

Abstrak: Artikel  dengan judul pentingnya pelatihan berbasis kompetensi bagi tenaga pendidik bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca tenta...

KEMEJA IMADIKLUS 2016
Keterampilan dalam praktik Pekerjaan Sosial

Abstrak: Artikel  dengan judul pentingnya pelatihan berbasis kompetensi bagi tenaga pendidik bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca tentang betapa pentingnya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi seorang tenaga pendidik. Artikel ini membahas tentang dasar-dasar mengapa pelatihan berbasis kompetensi bagi tenaga pendidik ini sangat penting, dasar tersebut merujuk pada teori maupun realitas yang ada di lapangan. Dalam penulisan artikel ini penulis merujuk menggunakan rujukan dari beberapa jurnal, skripsi, artikel dan data-data statistik yang ada kaitanya dengan pelatiahan berbasis kompetensi bagi tenaga pendidik. Kesimpulan dari artikel ini menunjukan bahwa pelatihan berbasis kompetensi bagi tenaga pendidik sangatlah penting demi tercapainya tujuan ataupun harapan suatu bangsa.

Kata kunci: Pendidikan,Tenaga pendidik, pelatihan dan kompetensi

A. PENDAHULUAN

Era persaingan global seakan tak goyahkankomitmen indonesia untuk tetap di tempat, indonesia menjadi negara maju merupakan mimpi lama yang tak kunjung terlaksana. Why?, Faktanya Indonesia kaya akan Sumber daya alam (SDA) bahkan jauh di atas negara-negara maju, sebut saja singapur, menurut anda apakah singapur kaya akan sumber daya alam dan melebihi sumber daya alam (SDA)bangsa kita?, bahkan negara indonesia lebih dulu merdeka dari pada bangsa singapur yang merdeka pada 9 Agustus 1965?. Apa yang salah dengan indonesia?, Jika pertanyaan ini muncul, semua saling menyalahkan, inilah potret 360 penghuninya. Bukankah Mencari solusi jauh lebih baik daripada saling menyalahkan?!. Dulu bangsa asing mengeksploitasi sumberdaya alam (SDA) bangsa kita, dan sekarang bangsa kita mengimpor sumber daya alam(SDA) pada bangsa asing, mungkin sekarang bangsa asing menyesal karena sudah menjajah bangsa indonesia, dan mungkin mereka berfikir jika duduk diam saja bisa mengapa harus dengan pertumpahan darah.Namun apakah kita memikirkan ini?!. Bangsa indonesia memiliki potensi yang besar untuk untuk menjadi negara maju, asal bisa memafaatkan dan bukan di manfaatkan.Untuk itu perlunya peningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), hal ini bertujuan agar sumber daya manusia (SDM) di indonesia dapat memanfaatkan potensi yang ada, dan Pendidikan merupakan salah satu solusi dalam rangka menikatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM), untuk itu pendidikan yang berkualitas merupakan suatu hal yang wajib di miliki. salah satu upaya yang bisa di tempuh oleh pemerinahadalah meningkatkan kompetensi tenaga penddik yang dapat dilakukan melalui pelaihan.

 B. HAKEKAT PENDIDIKAN

Menurut UU No. 20 tahun 2003 (dalam Nidlom Amrulloh) Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 13 ayat 1 (dalam Mohamad Asri: 2015)  menyatakan bahwa “jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya”.  Lebih lanjut dijelaskan pada pasal 26 bahwa Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi.Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab. Hasil pendidikan informal diakui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan. Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.Pendidikan nonformal adalah pendidikan yang diselenggarakan diluar jalur pendidikan formal. Menurut (Puri Bhakti Renatama: 2012) pendidikan nonformal  mempunyai tugas untuk membelajarkan masyarakat agar memiliki kecerdasan, keterampilan, kemandirian dan sikap sehingga masayarakat menghadapi dan menyongsong perubahan yang datang dengan cepat yang mungkin tidak dapat diperhitungkan sebelumnya.

Tujuan Pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita- cita yang di harapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan. Sejalan dengan tujuan pendidikan, untuk itu di anggap penting kualitas/ kompetensi seorang tenaga pendidik, untuk itu perlu di adakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas/ kompetensi seorang tenaga pendidik.

Selengkapnya artikel Pentingnya Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Tenaga Pendidik download ini.

  Pentingnya Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Tenaga Pendidik (unknown, 0 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

Penulis
Somad Albakir
PLS UNG Angkatan 2014

COMMENTS

WORDPRESS: 0